Lolos Perempat Final, Jacksen F Tiago Prediksi 4 Lawan Terberat Brasil yang Mungkin Jumpa di Final Piala Dunia U-17 2023

Jacksen F Tiago mendukung penuh kiprah Brasil yang lolos perempat final Piala Dunia U-17 2023. Dia memprediksi 4 lawan terberat Selecao yang mungkin jumpa di final nanti.

oleh Fajar Abrori diperbarui 22 Nov 2023, 19:30 WIB
Mantan pelatih Persipura Jayapura asal Brasil, Jacksen F Thiago mendukung kiprah negaranya hingga menjadi juara Piala Dunia U-17 yang laga finalnya bakal digelar di Solo (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Mantan pelatih Timnas Indonesia dan Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago memantau langsung permainan negeri asalnya Brasil di Piala Dunia U-17 2023. Kaua Elias dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Ekuador 3-1 untuk menyegel tempat ke perempat final Piala Dunia U-17.

Brasil akan menghadapi Argentina di 8 besar Piala Dunia U-17. Direktur Teknik Persis Solo itu melihat terdapat empat negara yang bakal menjadi lawan kuat Selecao muda, julukan Brasil dalam Piala Dunia U-17 kali ini.

“Saya melihat ya hampir semua pertandingan saya tonton ya. Saya melihat ada empat kontestan yang akan menjadi saingan berat Brazil, yakni Mali, Spanyol, Jerman dan Prancis,” kata Jacksen saat ditemui wartawan di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 di Solo, Rabu (22/11/2023).

Ia pun berharap empat negara yang menjadi lawan kuat Brasil itu bisa bertemu dengan Brasil pada partai Final Piala Dunia U-17 yang bakal di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (2/12/2023).

“Tapi alangkah baiknya siapapun diantara mereka itu tampil di final lawan Brasil ya. Harapan saya, Brasil yang akan jadi sangat luar biasa jika Brazil bisa tampil di final dan menjadi juara di Kota Solo," ujar Jacksen yang merupakan mantan pelatih Persis Solo.

 

 


Empat Negara Tampil Bagus Sejak Fase Grup Piala Dunia U-17

Pergerakan pemain Timnas Spanyol U-17, Quim Junyent (kanan) dibayangi dua pemain Jepang U-17 dalam pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

 

Jacksen menyebut empat negara tersebut memiliki permainan yang sangat bagus. Apalagi dalam pertandingan babak penyisihan Piala Dunia U-17, empat tim peserta tampil ciamik.

Dengan riwayat itu, Brazil juga menjadi saingan yang cukup berat untuk keempat tim tersebut.

“Saya menilai empat tim yang saya sebut tadi, tim yang punya permainannya paling bersih yang saya lihat selama ini,” ucapnya.(Fajar Abrori)


Kunci Brasil Lolos Perempat Final Piala Dunia U-17

Pelatih Brasil, Phelipe Leal membeberkan kunci kemenangan pasukannya melawan Ekuador di babak 16 bear Piala Dunia U-17 2023. Counter attack ternyata menjadi senjata andalan Tim Samba Junior. (Fajar Abrori/Liputan6.com)

Pelatih Brasil, Phelipe Leal membeberkan kunci kemenangan pasukannya melawan Ekuador di babak 16 bear Piala Dunia U-17 2023. Counter attack ternyata menjadi senjata andalan Tim Samba Junior. 

Bertanding di hadapan 3.580 penonton di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023), Brasil U-17 menang 3-1 atas Ekuador. Tiga gol Brasil dicetak oleh Estevao Willian (14' dan 70') dan Luighi Hanri Sousa (90'). Sementara satu-satunya gol Ekuador dipersembahkan Micahel Bermudez pada menit 45+4.  

"Ini Piala Dunia, kita harus atur ya sesuai lawan yang akan dihadapi. Karena tidak mungkin kita akan main menyerang terus,” kata Leal usai pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Senin petang (20/11/2023).

Leal menjelaskan bahwa strategi yang diterapkan sangat situasional tergantung lawan yang dihadapinya.

"Bagaimana caranya kan kita melihat kelebihan lawannya dan memanfaatkan dengan situasinya di lapangan. Itu tadi kita lebih banyak gunakan counter attack dan puji Tuhan akan kita bisa dapat kemenangan,” ujar dia menambahkan.

 


Brasil Tidak Pilih-pilih Lawan

Pemain Timnas Ekuador U-17, Jair Collahuazo (kanan) berusaha membayangi pergerakan pemain Brasil U-17, Luighi dalam pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

Pada babak perempat final berikutnya, Brasil akan bertemu pemenang Argentina vs Venezuela pada Selasa (21/11/2023). Leal mengaku tidak ingin pilih-pilih lawan dan siap berhadapan dengan tim manapun.  

“Tapi ini adalah Piala Dunia, kami harus nikmati kemenangan hari ini dan baru tahu nanti siapa yang akan kami lawan. Tetap dengan fokus yang sama, konsentrasi yang sama. Pelajari lawan yang akan kita hadapi untuk dapat hasil positif dan maju ke babak semi final,” ujar Leal menambahkan. 

Sementara itu pelatih Ekuador U-17 Diego Martinez mengakui bahwa pertandingan melawan juara dunia Piala Dunia U-17 Brazil merupakan laga yang sulit. “Mereka tim besar. Brasil bermain lebih baik dan menguasai permainan,” kata dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya