Jerman Depak Spanyol dari Piala Dunia U-17 2023 Karena Bermain sebagai Tim dan Mati-Matian

Jerman menang 1-0 atas Spanyol meski lebih banyak tertekan dan kalah penguasaan bola di babak perempat final Piala Dunia U-17 2023.

oleh Thomas diperbarui 25 Nov 2023, 12:23 WIB
Selebrasi pemain Timnas Jerman U-17, Paris Brunner, setelah mencetak gol ke gawang Spanyol U-17 dalam pertandingan perempat final Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Jakarta International Stadium, Jumat (24/11/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta- Jerman sukses melaju ke babak semifinal Piala Dunia U-17 2023. Der Panzer mendepak tim kuat Spanyol setelah menang tipis 1-0 di babak perempat final yang berlangsung di Jakarta International Stadium, Jumat (24/11/2023) petang WIB.

Gol tunggal kemenangan Jerman atas Spanyol tercipta di pertengahan babak kedua melalui eksekusi penalti Paris Brunner. Pemain nomor 7 itu dilanggar bek kanan Spanyol Hector Fort.

Sukses Jerman mengalahkan Spanyol cukup mengejutkan. Spanyol begitu mengendalikan jalannya permainan dan menciptakan lebih banyak peluang sepanjang pertandingan. Namun disiplinnya pertahanan Jerman membuat Marc Guiu dan kawan-kawan gigit jari.

Penyerang Jerman Robert Ramsak mengaku timnya bisa mendepak Spanyol karena bermain kompak dan berjuang mati-matian sepanjang laga walau terus ditekan Spanyol.

"Kunci kemenangan kami adalah tim dan mentalitas. Sepanjang laga kami berjuang, kami berlari sampai akhir sebagai tim. Saya pikir mentalitas seluruh tim menjadi kunci. Tak cuma pemain tapi juga staf dan pelatih. Semuanya layak lolos ke semifinal. Saya sangat bangga dapat menjadi bagian dari tim ini," ujar Ramsak kepada wartawan seusai pertandingan.


Jerman Ogah Pilih Lawan di Semifinal Piala Dunia U-17 2023

Pemain Timnas Jerman U-17, Eric Da Silva Moreira (kiri), berebut bola dengan pemain Spanyol U-17, Juan Hernandez (tengah) saat pertandingan perempat final Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Jakarta International Stadium, Jumat (24/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di babak semifinal Piala Dunia U-17 2023, Jerman menunggu pemenang pertandingan Brasil melawan Argentina yang baru berlangsung di JIS pada Jumat malam WIB. Ramsak tak mau pilih-pilih lawan. Jerman akan siap menghadapi siapa saja.

"Kedua tim sama bagus. Brasil dan Argentina merupakan tim kelas dunia. Saya tidak peduli. Itu akan menjadi laga besar. Saya tidak sabar menghadapi laga semifinal," sambung Ramsak.


Pelatih Jerman Akui Spanyol Lebih Memiliki Keunggulan Skill

Senada dengan Ramsak, pelatih Jerman Christian Wuck juga memuji daya juang dan kerja keras timnya dalam meredam Spanyol. Wuck mengakui bila Spanyol memang memiliki skill individu lebih baik dibandingkan timnya.

"Kami berjuang sejak awal sampai akhir. Kami tahu Spanyol secara teknik sangat bagus, barangkali yang terbaik di dunia. Kami tahu tidak memiliki penguasaan bola yang banyak. Saya katakan kepada pemain untuk memberikan yang terbaik di pertahanan. Saya sangat bangga dengan anak-anak karena mampu melakukannya sampai menit akhir," tutur Wuck.

Secara khusus Wuck juga memberikan pujian kepada Paris Brunner yang bisa bersinar di laga melawan Spanyol. Padahal kinerja Brunner agak menurun sepanjang Piala Dunia U-17 2023.

"Dia tidak terlalu bagus di turnamen ini dan turnamen Eropa. Kami tahu dia butuh satu momen dan momen itu di laga ini. Saya berharap kepercayaan dirinya meningkat. Dia sangat penting bagis kami," imbuh Wuch.

Infografis 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Jadi Saksi Sejarah (Liputan6com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya