Mengenal Kecanggihan Hyundai Uni Wheel, Teknologi Efisiensi Ruang pada Mobil Listrik

Hyundai mengklaim telah menemukan teknologi baru yang memungkinkannya mengecilkan motor baterai mobil listrik secara signifikan, membuka lebih banyak ruang untuk orang dan barang-barang mereka.

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 29 Nov 2023, 20:03 WIB
Hyundai Uni Wheel

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai mengklaim telah menemukan teknologi baru yang memungkinkannya mengecilkan motor baterai mobil listrik secara signifikan, membuka lebih banyak ruang untuk orang dan barang-barang mereka.

Dilansir Carscoops, teknologi ini dinamakan 'Uni Wheel', teknologi ini merupakan inovasi teknologi terbaru dari produsen mobil ini. Mirip dengan motor di dalam hub, sistem penggerak roda universal memindahkan komponen penggerak tertentu yang dibutuhkan oleh mobil listrik ke dalam roda. Namun, unit daya tetap berada di luar roda.

Sebaliknya, Uni Wheel memindahkan gigi reduksi ke dalam hub roda, yang secara efektif mengurangi ukuran motor. Inovasi ini memungkinkan Hyundai untuk menggunakan satu motor kecil per roda, daripada mengandalkan unit penggerak besar untuk seluruh gandar.

Dengan menggunakan serangkaian roda gigi yang terletak di dalam roda, tenaga dari motor kecil sekalipun disalurkan ke roda dengan torsi yang cukup untuk menggerakkan kendaraan.

Keajaiban Hyundai Uni Wheel tidak berhenti sampai di situ. Karena cara roda gigi diatur, roda gigi dapat bergerak di dalam hub sambil tetap mentransfer daya. Hasilnya, sambungan antara roda dan motor dapat meluncur ke atas dan ke bawah dengan bebas, sehingga roda tidak memerlukan sambungan CV.

Hal ini berarti bahwa kerugian efisiensi yang terkait dengan pengoperasian sambungan seperti itu pada suatu sudut dapat dihilangkan, sehingga meningkatkan pengiriman daya dan jarak tempuh.

Kebebasan yang diberikan oleh teknologi ini memungkinkan para insinyur untuk mengontrol ketinggian pengendaraan kendaraan dengan lebih leluasa. Karena tidak ada satu titik di mana sambungan CV mentransmisikan daya secara efisien, kendaraan yang dilengkapi dengan Uni Wheel (dan suspensi udara, misalnya) dapat berjongkok untuk berkendara di jalan raya yang aerodinamis atau meninggikan jarak bebas ke permukaan tanah tanpa mengorbankan performa.


Uni Wheel Bisa Dimasukkan Kedalam Roda 4 Inci

Hyundai mengatakan bahwa Uni Wheel dapat dimasukkan ke dalam roda berdiameter sekecil empat inci, yang ideal untuk perangkat mobilitas pribadi. Uni Wheel juga dapat disesuaikan untuk digunakan pada roda berukuran hingga 25 inci untuk kendaraan yang lebih besar, seperti mobil dan SUV.

Perusahaan mengatakan bahwa mereka telah menguji daya tahan unit ini, dan mengindikasikan bahwa Uni Wheel berkinerja baik. Sayangnya, The Korea Times melaporkan bahwa Hyundai belum siap untuk mengatakan kapan Uni Wheel akan siap untuk memasuki masa produksi, tetapi mereka telah mengajukan paten di pasar-pasar utama, seperti Korea, Eropa, dan Amerika Serikat.

"Kami senang dapat menghadirkan ide-ide inovatif yang dapat menjadi pengubah pasar mobilitas di masa depan," kata Park Jong-sul, peneliti senior di Hyundai Motor Company dan Kia Advanced Technology Institute.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya