Bertemu Prabowo, Presiden KSPN Curhat Soal Kesejahteraan Buruh

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menerima kunjungan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) Ristadi di kediamannya Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 30 Nov 2023, 05:58 WIB
Presiden KSPN Ristadi didampingi Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani memberikan keterangan pers usai pertemuannya dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2023) malam. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) Ristadi menemui Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan pada Rabu (29/11/2023) malam.

Ada banyak hal yang dibahas Presiden KSPN dalam pertemuannya dengan Prabowo, terutama terkait kesejahteraan kaum buruh.

"Kami diterima dengan baik, kurang lebih satu jam setengah. Kami berdiskusi soal kebangsaan, lebih khusus soal bagaimana cara pandang kita masing-masing memandang dunia industri dan ketenagakerjaan," kata Ristadi saat konferensi pers, Rabu (29/11/2023).

Ristadi mengatakan, Prabowo Subianto punya pandangan yang sama dalam dunia industri dan ketenagakerjaan. Menurut dia, Prabowo juga berharap pekerja buruh Indonesia semakin lebih baik ke depan.

Dalam perbincangan bersama Prabowo, Ristadi menyoroti pemutusan hubungan kerja (PHK) yang banyak terjadi di Industri tekstil dan produk tekstil. Ristadi mengaku berkeliling ke daerah-daerah untuk situasi pekerja buruh Indonesia.

"Di tekstil ada ratusan ribu yang terdata dan yang tidak terdata kami tidak tahu jumlahnya mungkin akan beberapa kali lipat," ujar dia.

Ristadi mengatakan, pemutusan hubungan kerja (PHK) berimbas pada jumlah pengangguran. Karena itu, dia mengusulkan agar memperluas lapangan kerja, dan memperkerjakan kembali buruh yang terkena PHK.

"Ataupun teman-teman angkatan kerja baru supaya bisa masuk mendapatkan pekerjaan itu," ucap dia.

Sementara itu, bagi karyawan yang terkena PHK pada usia di atas-50 tahun harus diberikan bantuan modal usaha.

"Nah solusinya apa supaya mereka tetap bisa survive? Untuk ekonominya maka harus membuka usaha sendiri. Nah beliau kemudian menyampaikan memang itu ada dalam visi misi beliau sebagai capres 2024," ujar Ristadi.

 


Singgung Upah Minimum

Presiden KSPN Ristadi didampingi Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani memberikan keterangan pers usai pertemuannya dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2023) malam. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Ristadi menyampaikan, ia juga menyinggung soal upah minimum. Menurut dia, adanya ketimpangan di tiap-tiap daerah di Indonesia.

"Tentu senjang upah minimum antardaerah di sini sangat tinggi, Karawang itu tembus Rp5 juta-an," ujar dia.

"Tapi daerah Yogyakarta itu masih dalam satu wilayah di Jawa Barat itu Banjar. Banjar itu kurang lebih sekitar Rp2 juta," ujar dia.

Karena itu, harus ada aturan yang bisa diubah agar kesenjangan upah minimum antardaerah pelan-pelan bisa di dekatkan.

"Nah kenapa ini harus dilakukan selain pemerataan ekonomi, juga soal keadilan. Keadilan bagi siapa? Ya keadilan bagi pekerja dan bagi pengusah," ujar dia.

Ristadi menyampaikan, ia juga meminta adanya rumah sakit untuk pekerja buruh diprioritaskan di daerah-daerah yang padat industri. Berkaca dari pengalaman, banyak kaum buruh yang tak tertolong setelah jatuh sakit ataupun kecelakaan kerja.

"Karena jauhnya rumah sakit dari tempat dia kerja, banyak yang kemudian tidak tertolong, mengakibatkan meninggal ataupun cacat yang lebih parah," ujar dia.

 


Subsidi Rumah untuk Buruh

Buruh, petani dan nelayan membentuk Gerakan Buruh, Tani dan Nelayan 08 atau Gerilya 08 demi mendukung Prabowo Subianto untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. (Ist)

Ristadi menerangkan, pihaknya juga membahas terkait subsidi rumah untuk kaum buruh. Menurut dia, banyak dari mereka yang kesulitan memiliki rumah. Padahal, ada beberapa skema untuk memperingan harga rumah bagi pekerja.

"Tapi kemudian teman-teman pekerja ini ada terhalang oleh standar persyaratan perbankan, ini harus ada solusi bagaimana supaya dari pemerintah nanti ada program subsidi rumah yang mudah dan bisa dijangkau oleh teman-teman pekerja," ujar dia.

"Sehingga teman-teman pekerja bisa mengakses dan bisa memiliki rumah sendiri," ujar dia.

Ristadi mengatakan, terakhir soal koperasi pekerja buruh. Saat ini, salah satu masalah yang dihadapi pekerja buruh masalah pinjaman online atau pinjaman rentenir.

"Ini menjerat pekerja sehingga dia gajian satu bulan, di akhir bulan, di awal bulannya dia gajinya sudah habis hanya untuk bayar hutang," ujar dia.

Dalam hal ini, solusinya adalah menyediakan koperasi pekerja buruh.Menurut dia, ini ini solusi yang konkret, untuk mengatasi keuangan pekerja buruh.

"Sehingga tidak terjerat ke pinjaman online atau rentenir yang bunganya cukup tinggi," ujar dia.

 


Sejumlah Usulan Buruh Akan Jadi Prioritas Program Prabowo

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan pidato politik saat HUT ke-20 KSPI di Jakarta, Rabu (6/2). Dalam acara ini Prabowo Subianto berkesempatan untuk menyampaikan pidato politik di hadapan ratusan buruh. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sementara itu, Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani mengatakan, Prabowo telah mencatat seluruh masukan yang disampaikan oleh perwakilan dari KSPN.

Kebetulan juga, beberapa yang diutarakan menjadi prioritas utama yang akan diwujudkan bila terpilih menjadi presiden. Rosan menyebut, seperti rumah sakit, rumah subsidi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

"Jadi ini akan kita lebih matangkan lagi, dan rumusan-rumusan ini dan kedepannya kita akan perjuangkan hak-hak buruh bersama juga untuk meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan dan kualitas hidup mereka," ujar dia.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya