Tingkatkan Kewaspadaan dan Deteksi Dini, Pemkab Kutai Timur Hadirkan Tes HIV Mandiri

Skrining HIV Mandiri memiliki teknologi canggih dan memungkinkan seseorang untuk melakukan pengujian HIV tanpa harus pergi ke fasilitas kesehatan.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 02 Des 2023, 19:08 WIB
Pemkab Kutai Timur telah menyediakan alat Skrining HIV Mandiri (SHM)

Liputan6.com, Sangatta Pemerintah Kabupaten Kutai Timur terus berupaya meningkatkan aksesibilitas dan ketersediaan layanan kesehatan. Teranyar, Pemkab telah menyediakan alat Skrining HIV Mandiri (SHM). Skrining HIV Mandiri merupakan langkah revolusioner dalam deteksi dini HIV, memberikan kemudahan kepada individu untuk menguji diri mereka sendiri secara mandiri.

Skrining HIV Mandiri memiliki teknologi canggih dan memungkinkan seseorang untuk melakukan pengujian HIV tanpa harus pergi ke fasilitas kesehatan. Keberadaan alat uji mandiri menjadi sangat penting karena dapat mengatasi beberapa hambatan yang seringkali menghambat orang untuk melakukan tes HIV secara teratur, seperti stigmatisasi dan ketidaknyamanan.

Koordinator lapangan (Korlap) Sub-sub Recipient (SSR) Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kalimantan Timur-Kutai Timur, Supiansyah Burhan menuturkan, pendekatan itu merupakan salah satu upaya dalam memenuhi hambatan pemeriksaan HIV, karena terkendala waktu, khususnya pada komunitas Populasi kunci (Poci) yang hendak datang ke layanan kesehatan.

“Tujuannya agar komunitas yang terkendala tersebut bisa melakukan skrining HIV secara mandiri, terutama bagi komunitas Poci dengan resiko tinggi terinfeksi HIV,” ungkapnya di Ruang Sangkima, Hotel Royal Victoria, Senin (27/11/2023).

Di tempat yang sama, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kutai Timur, Harmadji Partodarsono, menyambut baik terobosan ini. Dia berharap dapat meningkatkan kewaspadaan dini terhadap penularan HIV di Kutim.


Kasus HIV/AIDS

Meskipun data terakhir menunjukkan penurunan kasus HIV/AIDS di Kutai Timur pada tahun 2023, tetapi tetap terus waspada terhadap potensi penularan lebih lanjut.

Perlu diketahui, data terakhir terkait kasus HIV/AIDS di Kutim telah mencapai 122 kasus sepanjang tahun 2022, sedangkan di tahun ini (sampai bulan september) tercatat sudah ada 65 kasus.

“Jadi di tahun 2023 ini kelihatannya ada penurunan, bayangin kalau tahun lalu ada 122 (kasus) berarti di semester pertama saja sudah ada 61 (kasus). Nah, berarti hanya ada 65 (kasus) sampai bulan september berarti kurang (ada penurunan dari tahun sebelumnya),” terangnya kepada awak media.


Pre-Exposure Prophylaxis

dr Dewi Purnamasari, dokter dari poli VCT di RSUD Kudungga, mendorong peningkatan seminar-seminar sejenis. Ia menekankan pentingnya komunikasi antara pihak, khususnya di bidang kesehatan.

“Misalnya, di Samarinda sudah ada PrEP, jadi kita di Kutai Timur sudah mulai siap-siap. Jadi paling tidak kita pelayan medis sudah ancang-ancang, begitu obat tersebut sudah masuk di Kutim, kitanya juga sudah siap,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pre-Exposure Prophylaxis (PrEP) adalah obat yang dapat dikonsumsi sebelum seseorang berisiko terhadap kontak dengan virus HIV. Konsumsi PrEP yang rutin dapat mengurangi risiko infeksi hingga 90% atau lebih bagi populasi berisiko tinggi terhadap HIV seperti pada komunitas Poci, diantaranya Lelaki Suka Lelaki (LSL), Transgender (TG), dan People Who Injecting Drugs (PWID) atau pengguna napza suntik (penasun). 

Konsumsi PrEP juga dianjurkan pada pasangan yang tidak sama status HIV-nya, terutama pasangan HIV positif dan HIV negatif. Oleh karena itu, selain pengenalan SHM, diharapkan penerapan PrEP ini akan segera terselenggara, karena hal ini penting dalam upaya pencegahan penularan HIV di Kutim.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya