Justin Hubner Resmi Jadi WNI, Shin Tae-Yong Genap Sudah Naturalisasi 6 Pemain di Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong genap sudah menarulisasi enam pemain di Timnas Indonesia setelah Justin Hubner jadi WNI. Siapa saja pemain itu?

oleh Defri Saefullah diperbarui 07 Des 2023, 07:00 WIB
Pemain naturalisasi Indonesia, Justin Hubner mencium bendera merah putih setelah pengambilan sumpah WNI yang berlangsung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham), Jakarta Timur, Rabu (06/12/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Justin Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia atau WNI usai diambil sumpahnya di kantor Kemenkumham, Jakarta, Rabu (6/11/2023). Ini menjadi penantian yang cukup lama bagi bek Wolves ini untuk bisa gabung dengan Timnas Indonesia.

Dia seharusnya sudah bisa dinaturalisasi Timnas Indonesia sebelum Piala Dunia U-20 2023 pada Mei lalu. Namun karena ada beberapa kendala, naturalisi Justin Hubner tertunda dan baru terealisasi saat ini.

Beruntung PSSI berhasil melanjutkan pemindahan kewarganegaraan Justin Hubner. Proses tersebut berjalan lagi sejak awal November lalu, dengan sang pemain akhirnya resmi menjadi WNI per Rabu, 6 Desember 2023.

Justin Hubner langsung mengungkap kegembiraannya begitu selesai mengambil sumpah sebagai Warga Negara Inodnesia (WNI) di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023) pagi WIB.

Ia mengaku senang berada di Tanah dan tak sabar untuk segera memperkuat Timnas Indonesia di bawah racikan Shin Tae-yong. Adapun potensi agenda terdekat Hubner bersama Skuad Garuda ialah Piala Asia 2024.

"Kabar saya baik, rasanya senang bisa berada di sini. Saya ingin segera membela Timnas Indonesia dan mendapatkan banyak hal bersama mereka," ucap Justin Hubner usai diresmikan sebagai WNI.

"Saya sudah tidak sabar untuk pergi ke Qatar dan menghadapi Jepang, Vietnam, serta negara lainnya. Semoga kami bisa meraih banyak hal dan saya akan melakukan segalanya untuk memenangkan pertandingan," tambah dia.

 


Pemain Keenam yang Dinaturalisasi Shin Tae-Yong

Justin Hubner bersama Ketua PSSI, Erick Thohir. (Bola.com/Dok.Instagram Erick Thohir).

Justin Hubner menjadi pemain keenam yang sudah dinaturalisasi oleh PSSI untuk Timnas Indonesia. Enam pemain ini merupakan permintaan Shin Tae-Yong sebagai pelatih kepala.

Kenapa tidak tujuh pemain? Apakah Elkan Baggott tidak dinaturalisasi? Bek Ipswich Town ini tidak menjalani proses naturalisasi karena sudah pindah warga negara saat berusia di bawah 20 tahun.

Dikutip dari transfermarkt.co.id, pemain bernama lengkap Elkan William Tio Baggott itu lahir di Bangkok, Thailand pada 23 Oktober 2002. Ia merupakan pemain blasteran Inggris dan Indonesia. Ibu kandungnya berasal dari Indonesia, sementara ayahnya dari Inggris.

Meskipun blasteran, status Elkan Baggott bukanlah pemain naturalisasi. Ia memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di usia yang masih di bawah 20 tahun. Ia pun sudah memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia sejak 9 November 2021.

Lalu siapa saja lima pemain lainnya yang sudah dinaturalisasi Timnas Indonesia? Uraian selengkapnya ada di halaman berikutnya.

 


Sandy Walsh dan Jordi Amat

Mengacu ke daftar yang terekspose ke publik, Sandy Walsh dan Jordi Amat menjadi pemain naturalisasi ke-36 dan 37. Untuk itu keduanya sudah bisa membela Timnas Indonesia dan menjadi tambahan kekuatan bagi skuad asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sandy Walsh

Sandy Walsh faktanya menjadi dua pemain pertama yang dinaturalisasi oleh Shin Tae-Yong. Dia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 17 November 2022 dan melepas status warga Belanda.

Dia memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang konon lama tinggal di Jawa Timur.Brigitta Portier selaku ibu Sandy, lahir dari orang tua berasal Malang. Sandy juga sempat mengaku bahwa sang kakek dari Surabaya.

Jordi Amat

Jordi Amat menjadi pemain yang dinaturalisasi STY bersamaan dengan Sandy Walsh. Dia semula tercatat sebagai warga Spanyol dan pernah membela Spanyol U-19 yang dilatih Luis Milla.

Jordi Amat keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Barcelona. Dia mengaku memiliki darah Indonesia dari neneknya.

 


Shayne Pattynama

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama mencium bendera merah putih saat Pengambilan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan Republik Indonesia yang berlangsung di Kantor Wilayah Kementetian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Selasa (24/01/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Nama berikutnya yang dinaturalisasi Shin Tae-Yong yaitu Shayne Pattynama, bek dari klub Norwegia Viking FK.Shayne memiliki darah keturunan Indonesia melalui ayahnya yang beretnis Maluku dari Pulau Haruku, Maluku Tengah.

Kendati punya darah keturunan langsung Indonesia, Shayne Pattynama tetap menjalani proses naturalisasi sesuai UU Nomor 12 Tahun 2006 pasal 20. Proses ini melalui Keputusan Presiden sebagai orang asing yang berjasa untuk Indonesia demi kepentingan negara.

 


Ivar Jenner dan Rafael Struick

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengucapkan selamat atas rampungnya proses naturalisasi Rafael William Struick dan Ivar Jenner. Erick mengatakan Jenner yang saat ini membela FC Utrecht II dan Struick di ADO Denhaag, Belanda, memiliki komitmen penuh untuk membela Indonesia. (Foto:Dok PSSI)

 

Ivar Jenner

Ivar Jenner dan Rafael Struick hadir saat PSSI masih dipimpin oleh Iwan Bule. Dia seharusnya dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20 yang akan main di Piala Dunia U-20, tapi batal karena dipindahkan FIFA.

Ivar Jenner lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Ivar memiliki darah keturunan Indonesia yang berasal dari neneknya, ibu dari ayahnya yang lahir di Jember, Jawa Timur.

Debut Ivar tak main-main. Dia tampil saat Indonesia melawan Argentina pada ajang uji coba.

Rafafel Struick

Dia salah satu pemain naturalisasi yang disukai fans Timnas Indonesia, utamanya kaum hawa. Dia resmi jadi WNI pada 22 Mei 2023 dan langsung memulai debut saat uji coba melawan Palestina dan Argentina pada Juni lalu.

Penampilannya langsung mendapatkan apresiasi dan kini jadi andalan STY di timnas senior. Struick memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Brian Struick, yang merupakan keturunan Jawa. Ibunya, Soraya Noraly Soedito, berasal dari Suriname.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya