Kebersihan Rusun Cilincing Memprihatinkan, Gibran: Tenang Saja, Kita Perbaiki Semua

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka blusukan ke Rusun Cilincing Jakarta Utara, Sabtu (9/12/2023).

oleh Jonathan Pandapotan PurbaLizsa Egeham diperbarui 09 Des 2023, 16:16 WIB
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka blusukan ke Rusun Cilincing Jakarta Utara, Sabtu (9/12/2023) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka blusukan ke Rusun Cilincing Jakarta Utara, Sabtu (9/12/2023). Gibran melihat langsung kondisi rusun yang dikhusukan untuk tenaga bongkar muat di kawasan pelabuhan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Gibran mengunjungi Rusun Cilincing bersama istrinya, Selvi Ananda. Gibran naik ke lantai 2 rusun dan mendatangi satu per satu unit warga.

Gibran cukup prihatin melihat kondisi Rusun Cilincing. Pasalnya, kebersihan dan kondisi rusun yang didirikan PT. Pelindo II pada tahun 1996 itu sangat memprihatinkan.

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu pun berjanji akan merenovasi Rusun Cilincing. Terlebih, banyak anak-anak yang tinggal di rusun, sementara kebersihannya sangat kurang.

"Keadaan rusun itu sendiri tapi nanti kami tangani tenang saja," kata Gibran kepada wartawan saat ditemui di Kawasan Cempaka Putih Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023).

"Ya kebersihannya lalu akses masuknya kita perbaiki semua, terutama di sana banyak anak-anak kita lihat kebersihannya kurang," sambung dia.


Gotong Royong

Dia mengajak masyarakat bergotong royong membersihkan dan mempercantik Rusun Cilincing. Gibran menekankan hal ini harus dilakukan tanpa menunggu siapa yang menang Pilpres 2024.

"Saya sudah bicara dengan perwakilan buruh di sini, nanti kita ini ya, enggak usah nunggu Pemilu, nanti kita gotong royong sedikit membersihkan dan mempercantik rusunnya ya," jelas dia.

"Enggak usah nunggu siapa yang menang dan siapa yang kalah. Nanti biar gotong royong saja, gotong royong," imbuh Gibran.


Enggak Usah Nunggu Pemilu

Wali Kota Solo itu menyebut akan ada relawannya yang ikut membantu warga membersihkan Rusun Cilincing. Gibran menilai pembersihan Rusun Cilincing sudah urgen dilakukan.

"Bukan dari saya ya (yang membersihkan), gotong royong dari relawan, dari warga, semua gotong royong. Nanti enggak usah nunggu pemilu soalnya sudah urgent sekali," tutur Gibran.

Dalam kesempatan ini, Gibran juga membagi-bagikan buku tulis dan susu kepada anak-anak. Mereka sangat antusias dan saling berebut untuk mendapat buku tulis dan susu dari Gibran.

Infografis Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya