Cek Fakta: Tidak Benar Judul Artikel Jadwal Kunker RI 1 dan RI 3 di Daerah NTT

Beredar di media sosial postingan judul artikel jadwal kunjungan kerja RI 1 dan RI 3 di tiga daerah NTT. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 12 Des 2023, 15:00 WIB
Cek Fakta judul artikel jadwal kunker

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan judul artikel jadwal kunjungan kerja (Kunker) RI 1 dan RI 3 di tiga daerah NTT. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 Desember 2023.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar artikel berjudul:

"BREAKING NEWS: Jokowi Kunjungi NTT, Begini Jadwal Kunker RI I dan RI 3 Berkunjung di Tiga Daerah"

Postingan artikel itu juga disertai narasi:

"Ngintil Mulu!! Bisa gak sih, kalau pak Ganjar ke mana-mana gak usah diberitain?"

Akun itu juga menambahkan narasi "Ngintil mulu"

Lalu benarkah postingan judul artikel jadwal kunjungan kerja RI 1 dan RI 3 di tiga daerah NTT?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel yang identik dengan postingan. Artikel itu diunggah oleh Pos Kupang.com pada 4 Desember 2023 pukul 06.23 WIB.

Nama penulis dan editor dalam artikel tersebut juga identik dengan yang ada di postingan. Namun dalam artikel asli punya judul sebagai berikut:

"BREAKING NEWS: Jokowi Kunjungi NTT, Begini Jadwal Kunker Presiden di Tiga Daerah"

Cek Fakta judul artikel jadwal kunker

Sumber:

https://kupang.tribunnews.com/2023/12/04/breaking-news-jokowi-kunjungi-ntt-begini-jadwal-kunker-ri-i-dan-ri-3-berkunjung-di-tiga-daerah


Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan judul artikel jadwal kunjungan kerja RI 1 dan RI 3 di tiga daerah NTT adalah tidak benar. Faktanya judul dalam artikel itu telah diedit.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya