Mahfud Md Safari ke Banten Hari Ini, Hadiri Seminar hingga Dialog Tokoh

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md melanjutkan agenda kampanyenya usai debat Capres 2024 yang berlangsung di KPU RI, Jakarta. Kali ini, dia melangsungkan safari ke wilayah Banten.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 13 Des 2023, 07:21 WIB
Mahfud Md juga dianggap memiliki pengalaman yang lengkap dan sebagai politikus trias politika atau yang pernah menduduki jabatan di eksekutif, legislatif dan yudikatif. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md melanjutkan agenda kampanyenya usai debat Capres 2024 yang berlangsung di KPU RI, Jakarta. Kali ini, dia melangsungkan safari ke wilayah Banten.

Berdasarkan jadwal yang diterima Liputan6.com, Rabu (13/12/2022), Mahfud mengawali hari di Universitas Faletehan, Cilegon, Serang. Dia akan menjadi pembicara dalam Seminar Kebangsaan.

Selanjutnya, Mahfud akan berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat Banten di Rumah Pemenangan Ganjar-Mahfud, Desa Warunggunung Lebak.

Kemudian, dia akan mengikuti dialog dan orasi kebangsaan bersama ulama se-Banten di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Cidahu, Cidasari, Pandeglang.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md mengaku puas dengan jawaban dan proses debat perdana yang digelar KPU pada Selasa (12/12/2023) malam.

“Saya puas,” kata Mahfud usai debat, Selasa (12/12/2023).

Mahfud menilai, hampir 100 persen pertanyaan dari para panelis debat, mampu dijawab dengan gamblang oleh pasangannya, yakni Ganjar Pranowo.

“Ya saya kira sama lah dengan penilaian masyarakat, 95 persen dari seluruh persoalan yang ditanyakan kepada paslon 3 saya kira terjawab dengan baik dan persis dengan ketentuan perundang-undangan dan situasi sosial politik,” kata dia.


Evaluasi Soal Debat, Ganjar: Tanya Jawabnya Diperbanyak

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyampaikan terimakasih pada KPU yang sudah sukses menyelenggarakan debat perdana pada malam hari ini. Ia berharap debat perdana bisa memberikan referensi bagi masyarakat untuk menentukan pilihan

“Para pemilih mendapatkan preferensi dari cara berpikir atau visi misi masing masing. Mudah mudahan cukup bisa mengedukasi dan masih ada debat debat yg lain, kita harap masyarakat bisa mengikuti terus,” kata Ganjar di Gedung KPU RI, Selasa (12/12/2023).

Namun, Ganjar menyampaikan catatan atau evaluasi untuk debat selanjutnya, yakni slot untuk tanya jawab atau debat antar paslon diperbanyak.

“Ya, tanya jawabnya lebih banyak,” kata dia.

“Menurut saya, bukandurasi. Ruang tanya jawabnya yang lebih banyak sehingga kata debatnya akan lebih bisa menunjukkan apa yang menjadi pikiran, refleksi dan jawaban spontan karena itu menunjukan sikap,” sambungnya.


Pernyataan Pamungkas Ganjar Pranowo di Debat Capres

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diiketahui, Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menutup debat perdana dengan pernyataan pamungkas terkait orang kecil yang mengambil peran untuk membuat sejarah.

Ganjar Pranowo menyebut, baik dirinya maupun cawapres Mahfud Md, adalah sosok orang kecil yang memenuhi panggilan sejarah untuk menjadi pemimpin.

"Ini panggilan sejarah buat Ganjar-Mahfud. Ganjar seorang anak polisi berpangkat tidak tinggi, bertugas di kecamatan, Pak Mahfud bapaknya pegawai kecamatan. Kami dan Pak Mahfud ini adalah orang kecil yang kalau bapaknya rapat kira-kira adalah anggota forkopimcam, kami hanya di level kecamatan," kata Ganjar dalam debat capres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ganjar menyebut dirinya terbiasa mendengarkan keluh kesah rakyat, memberikan afirmasi kepada kelompok rentan, kepada kelompok perempuan, penyandang disabilitas, anak, termasuk manula.

"Mereka butuh perhatian yang lebih, maka inilah cara kita membangun, melibatkan mereka tanpa meninggalkan mereka. No one left behind," kata Ganjar.


Janji Beri Teladan sebagai Pemimpin

Selain itu, Ganjar menjanjikan untuk memberikan teladan, menjadi pemimpin tertinggi yang antikorupsi.

"Yang menunjukkan integritas, yang menunjukkan layanan pemerintah yang mudah, murah, cepat, satset. Kalau itu bisa kita lakukan, maka betapa bahagianya rakyat ini," kata Ganjar.

"Pemerintah ini ada, yang ketika dikritik tidak baperan, ketika media menulis mereka merasa ini vitamin buat dirinya, bukan merongrong apalagi merasa terancam," ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, perlu ada penghormatan terhadap hak dan konsisten dalam menjaga demokrasi dan keadilan.

"Penghormatan terhadap hak. Mari kita konsisten, antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. Dan saya berdiri bersama korban untuk keadilan," pungkasnya.

Infografis Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya