Zelenskyy Memohon Lebih Banyak Bantuan ke AS: Berkat Ukraina, Negara Eropa Lain Aman dari Agresi Rusia

Proposal pendanaan terbaru termasuk bantuan terhadap Ukraina tersangkut politik partisan AS, di mana anggota Kongres dari Partai Republik bersikeras bahwa mereka hanya akan mendukung bantuan untuk Ukraina jika hal itu terkait dengan reformasi imigrasi secara menyeluruh.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 13 Des 2023, 11:07 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara setelah memberikan hadiah kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat mereka bertemu di Oval Office Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, 21 Desember 2022. Kunjungan ke AS adalah perjalanan pertama Zelenskyy ke luar negaranya sejak invasi Rusia pada Februari. (AP Photo/Patrick Semansky)

Liputan6.com, Washington, DC - Volodymyr Zelenskyy memohon agar Amerika Serikat (AS) mendukung lebih banyak bantuan ke Ukraina. Untuk itu, Zelenskyy mengunjungi para pemimpin ASdi Washington DC dalam upaya terakhirnya mendapatkan bantuan sebesar USD 61 miliar yang mandek di Kongres.

Proposal pendanaan terbaru tersangkut politik partisan AS, di mana anggota Kongres dari Partai Republik bersikeras bahwa mereka hanya akan mendukung bantuan untuk Ukraina jika hal itu terkait dengan reformasi imigrasi secara menyeluruh.

Meskipun Joe Biden dan Partai Demokrat bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk keamanan perbatasan, mereka memandang perubahan yang diminta oleh Partai Republik sebagai hal yang tidak dapat diterima.

Waktu hampir habis sebelum Kongres jeda Natal, sehingga menimbulkan peringatan suram dari Gedung Putih dan Ukraina tentang prospek perang tanpa dukungan AS.

Biden yang menemui Zelenskyy di Gedung Putih mengatakan Kongres harus berkompromi dan membuktikan bahwa Putin salah.

"Saya tidak akan meninggalkan Ukraina," kata Biden dalam konferensi pers bersama dengan Zelensky pada Selasa malam, seperti dilansir BBC, Rabu (13/12/2023).

"Ukraina akan bangkit dari perang ini dengan bangga, bebas, dan berakar kuat di Barat – kecuali kita meninggalkannya."

Sementara itu, Zelenskyy mengatakan sangat penting bahwa pada akhir tahun ini untuk mengirimkan sinyal yang sangat kuat kepada agresor.

"Berkat pertahanan Ukraina, negara-negara Eropa lainnya aman dari agresi Rusia," ujarnya


Republikan Enggan Bernegosiasi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara dalam konferensi pers dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Ruang Timur Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, 21 Desember 2022. Gedung Putih berkonsultasi dengan Zelenskyy tentang keamanan, termasuk risiko tindakan Rusia saat dia berada sebentar di luar negeri. (AP Photo/Andrew Harnik)

Ini adalah kunjungan ketiga Zelenskyy ke AS sejak perang Ukraina bergulir pada Februari 2022.

Berbeda dengan dua kunjungan sebelumnya, tidak ada karpet merah atau kemeriahan seremonial, yang mencerminkan pesimisme yang melingkupi upaya untuk memenangkan dukungan bagi pendanaan baru.

Sebelumnya pada hari yang sama, Zelenskyy menggelar pertemuan tertutup dengan para senator AS dan juga bertatap muka dengan Ketua DPR AS Mike Johnson dari Partai Republik, yang tetap mempertahankan pendiriannya dalam mendorong masalah perbatasan.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan mereka, Johnson tidak memberikan indikasi terbuka untuk bernegosiasi, meskipun dia mengakui bantuan lebih lanjut ke Ukraina adalah hal yang penting.

"Perbatasan adalah sebuah bencana besar," katanya, sambil memperingatkan bahwa anggota DPR dari Partai Republik tidak akan mengalah sampai perubahan transformatif dilakukan.

"Inilah kondisi rakyat AS," kata Johnson. "Kami tegas dalam hal itu."


Hadiah Natal bagi Putin?

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berjalan di sepanjang barisan tiang Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, 21 Desember 2022. Biden mengatakan, AS dan Ukraina akan terus memproyeksikan pertahanan bersama, karena Rusia melancarkan serangan brutal terhadap hak Ukraina untuk hidup sebagai sebuah bangsa. (AP Photo/Patrick Semansky)

Ketua DPR AS menyalahkan Gedung Putih atas penundaan bantuan terhadap Ukraina, dengan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki strategi yang jelas untuk menang dan tidak dapat memberikan jawaban yang menjadi hak rakyat AS.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan mayoritas warga AS tidak lagi mendukung pengiriman lebih banyak uang ke Ukraina dan oposisi di Kongres semakin vokal dalam beberapa bulan terakhir.

Senator Partai Republik dari Missouri Eric Schmitt mengatakan dia tidak mendengar hal baru dari Zelenskyy dan tidak menganggap Partai Demokrat menghargai komitmen Partai Republik dalam mengamankan perbatasan selatan.

"Jika Anda mendengarkan orang-orang di kampung halaman, mereka tidak tertarik dengan cek kosong untuk Ukraina ketika mereka melihat 12.000 orang melintasi perbatasan selatan kita yang terbuka setiap hari," katanya kepada BBC.

Dari Ruang Oval bersama Zelenskyy, Biden memperingatkan bahwa akan menjadi "hadiah Natal" bagi Putin jika Kongres gagal memberikan bantuan militer baru untuk Kyiv.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, Kongres AS telah menyetujui bantuan militer dan ekonomi senilai lebih dari USD 110 miliar ke Ukraina. Sebagian besar dana tersebut sudah disalurkan.

AS tidak hanya berperan penting dalam mendukung perang Ukraina, namun mereka juga bertanggung jawab mengoordinasikan dukungan tersebut.

Para ahli militer telah memperingatkan bahwa Eropa tidak dapat memenuhi apa yang telah diberikan oleh AS dan bahwa tanpa dukungan AS terdapat bahaya nyata, yaitu Ukraina akan kalah perang – tidak dalam waktu dekat namun dalam jangka panjang.

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya