Mahfud Md Temui Abuya Muhtadi, Terima Dukungan hingga Ziarah Makam Abuya Dimyathi

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md menemui Abuya Ahmad Muhtadi bin Dimyathi al-Bantani alias Abuya Muhtadi di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Cidahu, Cidasari, Pandeglang, Banten.

oleh Devira PrastiwiNanda Perdana Putra diperbarui 13 Des 2023, 18:12 WIB
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md menemui Abuya Ahmad Muhtadi bin Dimyathi al-Bantani alias Abuya Muhtadi di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Cidahu, Cidasari, Pandeglang, Banten. (Liputan6.com/Nanda Perdana)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md menemui Abuya Ahmad Muhtadi bin Dimyathi al-Bantani alias Abuya Muhtadi di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Cidahu, Cidasari, Pandeglang, Banten.

Dalam pertemuan tertutup itu, Mahfud Md mengaku menerima dukungan dari ulama besar Banten tersebut.

"Tadi beliau hanya mengatakan begini, pokoknya umat berhak memilih siapa pun silahkan, tapi saya Abuya Muhtadi bersama Mahfud Md dan Ganjar. Gitu tadi. Dan berkali-kali dikatakan. Gitu tadi," ujar Mahfud sambil sedikit tertawa di makam almarhum ayah Abuya Muhtadi yakni Abuya Muhammad Dimyathi, Banten, Rabu (13/12/2023).

Menurut Mahfud, dirinya memang sengaja bersilaturahmi ke majelis Abuya Dhimyati yang merupakan teman lamanya. Kepada Abuya Muhtadi, dia menyampaikan permohonan doa restu atas posisinya yang kini maju sebagai cawapres di Pilpres 2024.

"Sehingga ya banyak orang yang mau datang ke sini ya pasti diterima, namanya kyai gitu ya, pasti tamu siapapun diterima, termasuk saya diterima," ucap dia.

Terkait dengan ziarah makam, sambung Mahfud, hal itu merupakan tradisi yang biasa dilakukan kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Mahfud berharap mendapatkan kekuatan atas kunjungannya ke persemayaman terakhir Abuya Dhimyati.

"Ke sini tentu saya ingin menambah energi batiniah, rohaniah, kunjungan ke arwah-arwah para ulama besar, itu biasanya memberi kita kenyamanan dan kemantapan, itu tradisi NU. Jadi setiap saya datang ke pesantren itu pasti mampir ke kuburannya. Ya maksudnya ya mengenang perjuangan yang beliau-beliau yang sangat tulus dan ikhlas. Kemudian memberi energi kepada langkah-langkah perjuangan saya berikutnya," Mahfud menandaskan.

 


Mahfud Md: Siapa pun yang Menang Pilpres 2024 Harus Diakui Itulah Pemenangnya

Mahfud Md juga dianggap memiliki pengalaman yang lengkap dan sebagai politikus trias politika atau yang pernah menduduki jabatan di eksekutif, legislatif dan yudikatif. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) yang juga calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md menjadi pembicara dalam Seminar Kebangsaan di Universitas Faletehan, Cilegon, Serang, Banten. Di hadapan jajaran kampus dan mahasiswa, dia menegaskan tidak ada kampanye dan pilihlah capres-cawapres terbaik.

"Dalam rangka membangun demokrasi, apakah saudara sebagai warga negara punya hak untuk memilih dengan sebuah proses Pemilu 2024 yang bermartabat, jujur, terbuka, adil. Tidak ada kampanya hari ini, saudara boleh ke siapa saja tapi yang penting di dalam pemilihan itu saudara tidak boleh karena tekanan, karena intimidasi, karena ancaman," tutur Mahfud di Universitas Faletehan, Cilegon, Serang, Banten, Rabu (13/12/2023).

Mahfud menegaskan, kampus harus menyuarakan tentang Pemilu yang benar. Termasuk menerima siapa pun pihak yang memenangkan kontestasi tersebut.

“Siapa pun yang menang dalam proses Pemilu yang benar harus kita akui itulah pemenangnya, karena Pemilu bukan untuk memilih musuh tetapi untuk memilih kawan, untuk memimpin, dan kita mendukung. Itu sebenarnya maksud dari Pemilu,” jelas dia.

Lebih lanjut, Indonesia memang telah merdeka, bersatu, dan berdaulat. Namun menghadirkan keadilan merupakan masalah yang perlu mendapatkan perhatian lebih.

"Mudah-mudahan dengan Indonesia ini sampai ke 2045 seperti yang dicita-citakan Bung Karno, membuat kemerdekaan itu jembatan emas. Kapan Indonesia Emas itu, 100 tahun setelah Indonesia merdeka yaitu 2045," Mahfud menandaskan.

 


Mahfud Kampanye di Banten

Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapresnya akan mendaftarkan diri sebagai paslon capres-cawapres, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis (19/10/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md melanjutkan agenda kampanyenya usai debat Capres 2024 yang berlangsung di KPU RI, Jakarta. Kali ini, dia melangsungkan safari ke wilayah Banten.

Berdasarkan jadwal yang diterima Liputan6.com, Rabu (13/12/2022), Mahfud mengawali hari di Universitas Faletehan, Cilegon, Serang. Dia akan menjadi pembicara dalam Seminar Kebangsaan.

Selanjutnya, Mahfud akan berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat Banten di Rumah Pemenangan Ganjar-Mahfud, Desa Warunggunung Lebak.

Kemudian, dia akan mengikuti dialog dan orasi kebangsaan bersama ulama se-Banten di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Cidahu, Cidasari, Pandeglang.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md mengaku puas dengan jawaban dan proses debat perdana yang digelar KPU pada Selasa malam 12 Desember 2023.

"Saya puas," kata Mahfud usai debat, Selasa 12 Desember 2023.

Mahfud menilai, hampir 100 persen pertanyaan dari para panelis debat, mampu dijawab dengan gamblang oleh pasangannya, yakni Ganjar Pranowo.

"Ya saya kira sama lah dengan penilaian masyarakat, 95 persen dari seluruh persoalan yang ditanyakan kepada paslon 3 saya kira terjawab dengan baik dan persis dengan ketentuan perundang-undangan dan situasi sosial politik," tandas dia.

Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya