InJourney Bidik Peningkatan Pariwisata dari Kenaikan Trafik Bandara saat Natal dan Tahun Baru

PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney membidik peningkatan kunjungan wisatawan saat momen Natal dan Tahun Baru 2024.

oleh Arief Rahman H diperbarui 13 Des 2023, 21:45 WIB
Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata InJourney Maya Watono di Kantor InJourney, Sarinah, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta - PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney membidik peningkatan kunjungan wisatawan saat momen Natal dan Tahun Baru 2024. Hal ini terlihat dari prediksi peningkatan trafik orang di bandara sebesar 27 persen di penghujung tahun.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan trafik saat momen lebaran meningkat 23 persen. Prediksinya, pada akhir tahun ini meningkat 27 persen.

"Lebaran yang lalu kita prediksi growth 23 persen, tapi kita lebih dari itu. Kita juga harapannya tahun ini kenaikannya 27 persen, tapi kita harapkan lebih juga," kata dia di Kantor InJourney, Sarinah, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Maya menilai, trafik dari bandara ini bisa menunjang peningkatan wisatawan di titik-titik pariwisata. Lebih lagi, diharapkan mampu memberikan dampak kepada UMKM lokal.

"Pastinya keinginan dari Injourney kita ada kenaikan dari wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kita lihat tren nya cukup baik untuk peningkatan itu, ada peningkatan trafik, dari bandara sendiri progresnya trennya keliatan sekitar 27 persen untuk tutup tahun," terangnya.

"Tapi kita harapannya pastinya bereisata juga di berbagai destinasi dan itu juga untuk UMKM pemerataan ekonomi dan itu lebih banyak lagi," imbuh Maya.

Dia juga melihat sinyal positif pada dampak ekonomi pada momen pergantian tahun ini. Untuk menghitung menjadi lebih akurat, InJourney bahkan menggandeng sejumlah universitas.

 


Tambah Hotel Bintang Lima di Mandalika dan Labuan Bajo

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata InJourney Maya Watono di Kantor InJourney, Sarinah, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

PT Aviasi dan Pariwisata Indonesia atau InJourney berencana untuk menambah jumlah hotel bintang lima di kawasan Mandalika, dan Labuan Bajo. Hal ini guna meningkatkan akomodasi di sekitar kawasan.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata InJourney Maya Watono mengungkap, ada sejumlah perusahaan hotel yang berminat. Namun, hal itu masih dalam proses negosiasi antara keduanya.

"Sudah tertarik tapi kita sedang mengkaji konsepnya, karena kita juga memiliki beberapa hotel di area Labuan Bajo di area Marina Waterfront ya," kata dia di Kantor InJourney, Sarinah, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

"Tapi kedepannya pasti harus ada akomodasi juga di Golomori cuma konsepnya yang kita lagi kaji apakah itu gated villa atau spt apa itu yang sedang kaji bersama," imbuhnya.

 


Ada 7 MoU

Sirkuit Mandalika yang kini menjadi venue ajang seri keempat Asia Road Racing Championship 2023, 11 hingga 13 Agustus 2023, menjadi salah satu arena balap motor dengan panorama yang indah. Keindahannya tak lain karena Sirkuit Mandalika berbatasan langsung dengan pantai pesisir selatan Pulau Lombok. Sungguh indah melihatnya dari atas ketinggian Bukit Seger seperti yang Bola.com alami pada Jumat, (11/8/2023). Berikut beberapa penampakannya. (Bola.com/Iqri Widya)

Sementara itu, dia mengatakan setidaknya akan ada nota kesepahaman (MoU) dengan 7 perusahaan untuk mengembangkan hotel di Mandalika. Termasuk salah satunya adalah Jambuluwuk.

Maya mengatakan, untuk pembangunan di Mandalika akan dimulai pada 2024. Sementara, di Labuan Bajo masih dalam proses penentuan konsep. Beberapa hotel di Labuan Bajo yang disebut Maya yakni Mariott dan Katamaran.

"Akan ada lagi di Mandalika, Labuan bajo akan ada (hotel) bintang lima. Kita akan mulai 2024 ini kita akan mulai groundbreaking beberapa di Mandalika, dan Labuan Bajo sudah on progress, mandalika sudah groundbreaking 2024," jelasnya.

 


Konsep Golomori

Lebih lanjut, Maya menerangkan kalau pihaknya sedang mengkaji konsep pengembangan Golomori. Menyusul, sudah diresmikannya convention di area tersebut oleh Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Salah satu aspek yang disorotinya adalah fasilitas untuk melengkapi infrastruktur yang sudah dibangun lebih dulu.

"Jadi ini ktia sedang lakukan master planing Golomori dan kemungkinan akan jadi gated area dan ini MICE conventionnya ini sudha berdiri tapi nanti kita harus dilengkapi dengan akomodasi maupun juga fasiltias misalnya phinnisi boat ke area-area yang lain," urai Maya.

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya