Inflasi Menghimpit Pasar-Pasar Natal yang Populer di Hungaria

Terlepas dari keceriaan Natal, krisis biaya hidup di negara Eropa Tengah ini membuat banyak warga Hungaria dan wisatawan mengalami kejutan di pasar Natal tahunan yang mereka cintai ini.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 14 Des 2023, 13:05 WIB
Inflasi menghimpit pasar-pasar Natal yang populer di Hungaria
Terlepas dari keceriaan Natal, krisis biaya hidup di negara Eropa Tengah ini membuat banyak warga Hungaria dan wisatawan mengalami kejutan di pasar Natal tahunan yang mereka cintai ini.
Seorang pekerja melayani pelanggan di pasar Advent Bazilika, salah satu pasar Natal luar ruangan paling terkenal di Eropa di pusat kota Budapest, Hungaria, Sabtu, 9 Desember 2023. (AP Photo/Denes Erdos)
Terlepas dari keceriaan Natal, krisis biaya hidup di negara Eropa Tengah ini membuat banyak warga Hungaria dan wisatawan mengalami kejutan di pasar Natal tahunan yang mereka cintai ini. (AP Photo/Denes Erdos)
Semangkuk sup gulai khas Hongaria seharga $12 (Rp 186 ribu). Kubis isi seharga lebih dari $18 (Rp 279 ribu). Hot dog sosis seharga $23 (Rp 356ribu). Begitulah harga-harga yang ada pada hari Senin di alun-alun Budapest yang ramai. (AP Photo/Denes Erdos)
Di negara yang rata-rata upah bersihnya di bawah $900 per bulan (sekitar Rp 14 juta), harga-harga yang membumbung tinggi membuat sebagian orang Hungaria merasa bahwa harga-harga di pasar tidak sesuai dengan kemampuan mereka. (AP Photo/Denes Erdos)
Harga makanan di pasar Advent Bazilika yang populer, dan di pasar terdekat di Vorosmarty Square, telah menjadi sorotan media lokal dalam beberapa minggu terakhir. (AP Photo/Denes Erdos)
Beberapa media membandingkan harga-harga di pasar serupa di Wina yang lebih makmur, yang berjarak kurang dari tiga jam perjalanan dengan kereta api, dan menemukan bahwa beberapa makanan di Budapest lebih mahal. (AP Photo/Denes Erdos)
Meskipun pasar Natal umumnya ditargetkan untuk pengunjung asing dan sering kali memiliki harga yang lebih mahal karena suasana meriahnya, faktor lain di Hungaria membuat harga-harga meningkat. (AP Photo/Denes Erdos)
Hungaria mengalami inflasi tertinggi di 27 negara Uni Eropa hampir sepanjang tahun 2023, mencapai puncaknya lebih dari 25 persen. (AP Photo/Denes Erdos)
Harga makanan khususnya telah mengalami peningkatan dramatis. Hungaria memulai tahun ini dengan harga bahan makanan melonjak hampir 50% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut kantor statistik Uni Eropa, Eurosta. (AP Photo/Denes Erdos)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya