Biker Wajib Tahu, Ini 3 Manfaat Ganti Oli Mesin Sepeda Motor Tepat pada Waktunya

Oli mesin pada sepeda motor memiliki tugas utama mencegah gesekan berlebihan di dalam mesin. Sebagai pemilik kendaraan roda dua, rutin mengganti oli merupakan salah satu cara untuk memastikan kinerja motor selalu optimal.

oleh Tim Otomotif diperbarui 15 Des 2023, 10:03 WIB
Ilustrasi oli motor matic. (Image by macrovector on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Oli mesin pada sepeda motor memiliki tugas utama mencegah gesekan berlebihan di dalam mesin. Sebagai pemilik kendaraan roda dua, rutin mengganti oli merupakan salah satu cara untuk memastikan kinerja motor selalu optimal.

Rutin mengganti oli bisa memperpanjang umur mesin serta mengoptimalkan efisiensi konsumsi bensin.  Yamaha DDS 3 (jawa Tengah – Yogyakarta) membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin. Berikut tiga manfaat melakukan penggantian oli secara rutin :

Suhu Mesin Terjaga

Salah satu manfaat rutin mengganti oli adalah suhu mesin sepeda motor yang terus terjaga. Pasalnya, oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja.

Jarang mengganti oli berisiko membuat volume oli di dalam mesin berkurang, tekstur menjadi encer, dan juga oli lama menjadi kotor pekat. Jika terus dibiarkan menimbulkan suara kasar dan masalah overheat (terlalu panas), yang menyebabkan tarikan motor menjadi tidak bertenaga.

Komponen Lebih Awet

Manfaat lain dari rutin mengganti oli membuat masa pakai mesin motor lebih awet karena kualitas oli tetap terjaga sehingga dapat melumasi maksimal dan mencegah keausan komponen mesin akibat gesekan berlebih.

Selain itu melindunginya dari korosif atau karat dan juga membersihkan ruang mesin dari serpihan-serpihan kotoran saat mesin bekerja. Dengan demikian biaya servis pun menjadi lebih hemat karena mesin terhindar dari kerusakan berat.


Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

 

 

Kendaraan yang rutin diganti oli mesin tentunya memiliki performa dan tarikan yang jauh lebih baik. Hal ini tentunya berimbas pada konsumsi bahan bakar bensin yang lebih efisien. Selain itu, emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan yang rajin diganti oli juga lebih rendah, sehingga secara tidak langsung dapat dikatakan lebih ramah lingkungan.

Sumber: Otosia.com

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya