Zhafirah Zahrim Febrina Korban Erupsi Marapi Meninggal Dunia, Warganet: RIP Ife, Kamu Udah Ga Kesakitan Lagi

Korban erupsi Gunung Marapi yang meninggal dunia kembali bertambah, kali ini Zhafirah Zahrim Febrina alias Ife

oleh Sulung Lahitani diperbarui 18 Des 2023, 14:31 WIB
Zhafirah Zahrim Febrina Korban Erupsi Marapi Meninggal Dunia, Warganet: RIP Ife, Kamu Udah Ga Kesakitan Lagi (doc: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari korban erupsi Gunung Marapi yang sempat diselamatkan, Zhafirah Zahrim Febrina. Mahasiswa asal Sumatera Barat itu dinyatakan meninggal dunia di RSUP M Djamil, Padang, minggu malam (17/12/2023).

Kabar meninggalnya Zhafirah yang dikenal dengan panggilan Ife itu diungkapkan oleh akun Instagram @marapi2891mdpl_ yang selama ini aktif menginformasikan bencana erupsi Gunung Marapi.

Diketahui, kisah Ife sempat viral setelah video permintaan tolong kepada ibunya saat erupsi Gunung Marapi tersebar di media sosial. Saat itu, Ife menjadi satu-satunya korban selamat di antara teman-temannya.

Ife yang berhasil dievakuasi langsung dirawat secara intensif di RSUP M Djamil. Namun sayang, setelah 13 hari menjalani perawatan akibat luka bakar, Mahasiswa Politeknik Negeri Padang itu mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu sore.

Ditektur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri menyampaikan pihak kampus sangat berduka atas meninggalnya Ife.

"Kami berduka mendalam, semoga Ife ditempatkan di Surga Allah," ujarnya, Minggu (1/12/2023) seperti dikutip dari kanal Regional.

Dengan kejadian ini, total korban meninggal akibat erupsi Gunung Marapi menjadi 24 orang.

Warganet yang mengetahui kisah Ife pun ikut berduka dengan kepergian gadis itu. Di media sosial, warganet memanjatkan doa terbaik mereka untuk Ife serta korban-korban erupsi Gunung Marapi lainnya.

"Padahal kemarin sodaranya bilang dia udah membaik dan bisa ngomong dikit2. Tapi takdir berkata lain. Ga kebayang gimana sakitnya hampir 70% badannya kebakar dan melepuh. Rest in peace, kamu udah ga kesakitan lagi ya Ife sekarang," tulis seorang warganet.

"Innalillahi. Turut berduka cinta, doa terbaik buat Kak Ife dan semua korban, semoga husnul khotimah," tulis warganet lainnya.

"Ini sedih banget ya Allah. Semoga Ife tenang di surganya Allah."


Relawan Gunung Marapi Ungkap Evakuasi Korban Hanya Bermodal Ponsel, Sarung dan Keberanian

Relawan Gunung Marapi Ungkap Evakuasi Korban Hanya Bermodal Ponsel, Sarung dan Keberanian, foto: Youtube Deddy Corbuzier

Erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat meninggalkan duka bagi keluarga para pendaki yang meninggal. Di sisi lain, aksi heroik dua warga Batu Plano, Muhammad Andika dan Tomi Hidayat, dalam menyelamatkan korban erupsi Gunung Marapi menarik perhatian publik. Bahkan, Deddy Corbuzier mengapresiasi usaha mereka dan teman-temannya yang mau berinisiatif sendiri naik ke puncak gunung sebelum bantuan tiba.

Pada Deddy Corbuzier, Andika dan Tomi menceritakan perjuangan mereka mengevakuasi para pendaki dengan alat seadanya seperti botol air minum dan sarung. Andika lebih dulu pergi menyisir wilayah gunung bersama warga lainnya tepat pada malam hari setelah gunung tersebut meletus. Setelah itu, Tomi baru menyusul di hari berikutnya

Dika mengungkapkan bahwa kondisi Gunung Marapi saat itu sudah dipenuhi oleh abu vulkanik yang sangat tebal. Tak hanya jarak pandang yang terbatas, tanah bebatuan pun sudah tertutup rata dengan abu.

Sebagai warga lokal yang sering pergi ke gunung, jalanan di sana sudah melekat di ingatan Andika. Ia mengaku cukup kesulitan saat membawa korban turun dari gunung tetapi dengan mudah menemukan jalurnya.

Selengkapnya...


Kisah Frengki Candra Kusuma Korban Erupsi Gunung Marapi yang Aroma Jenazahnya Wangi

Frengki Candra Kusuma Salah Satu Korban Erupsi Marapi yang Aroma Jenazahnya Wangi. (Dok: TikTok @octarivol26)

Peristiwa meletusnya Gunung Marapi masih menyisakan duka bagi keluarga maupun sahabat para korban. Gunung yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat itu memuntahkan abu vulkanik setinggi 3.000 meter pada Minggu sore, 3 Desember 2023.

Saat kejadian erupsi, gunung yang berstatus Level II atau waspada itu sedang didaki 75 orang. Salah seorang korban meninggal dunia adalah Frengki Candra Kusuma yang viral lantaran jenazahnya memiliki aroma wangi.

Kabar tersebut diketahui dari kesaksian keluarga, teman serta petugas yang membawanya ke ambulans. "Iyaa saya salah satu yang mencium wangi salah satu korban turun dari ambulans di RS. Saya pikir itu bau petugas-petugas RS," tulis seorang warga TikTok bernama Eed Miangno dengan akun @jhoni_edward pada Kamis, 7 Desember 2023. 

Selengkapnya...

Infografis Petaka Para Pendaki Saat Erupsi Gunung Marapi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya