Cak Imin Siap Hadapi Gibran dan Mahfud Md di Debat Cawapres 22 Desember 2023

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan siap menghadapi debat cawapres perdana yang bakal digelar pada Jumat 22 Desember 2023.

oleh Winda Nelfira diperbarui 18 Des 2023, 17:47 WIB
Cawapres 2024 Mahfud Md, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan siap menghadapi debat cawapres perdana yang bakal digelar pada Jumat 22 Desember 2023.

Meski begitu, Cak Imin mengaku belum menyiapkan hal khusus. Termasuk pertanyaan yang nantinya hendak dia tanyakan kepada kedua cawapres lain, yakni Mahfud Md dan Gibran Rakabuming Raka.

"Ya, kita siap siap aja. Tapi kita belum punya rencana menanyakan apa," kata Cak Imin di acara Silahturahmi dengan Pimpinan Majelis Taklim, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/12/2023).

Saat ditanyai terkait apakah sudah mempunyai amunisi khusus, Cak Imin juga menyebut belum memiliki persiapan. "Belum siapkan sama sekali," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain itu, Cak Imin juga menegaskan siap menghadapi debat capres-cawapres dengan format apa pun yang disiapkan KPU, termasuk menggunakan podium atau tidak.

"Setuju saja mau pakai (podium) bagus, kalau enggak ya kayak kemarin Mas Anies (debat perdana capres 12 Desember 2023) itu," kata Cak Imin.

Lebih lanjut, Cak Imin menilai format debat pilpres 2024 yang saat ini ada sudah sangat baik. Namun, dia memandang memang diperlukan adanya perhatian pada aspek lain, semisal, ketertiban pasangan calon dalam membawa jumlah undangan yang sesuai dengan ketentuan KPU.

"Kemarin sih sudah berjalan bagus (debat perdana capres). Mungkin penyempurnaan soal harus adil jumlah yang diundang, jangan ada yang lebih banyak," kata Cak Imin.

Diketahui, KPU menyediakan lima porsi debat capres-cawapres, tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. Adapun debat perdana capres sudah digelar pada 12 Desember 2023.

Rencananya debat cawapres antara Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming dan Mahfud Md akan dilaksanakan pada Jumat 22 Desember 2023.

Adapun tema debat kedua yang akan disampaikan cawapres yaitu ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

 


Prabowo Percaya 100 Persen Kemampuan Gibran Hadapi Debat Cawapres

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan capres Prabowo Subianto yakin dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakilnya dalam menghadapi debat cawapres yang bakal digelar Jumat 22 Desember 2023.

"Pak Prabowo percaya 100 persen dengan calon wakil presidennya," kata Muzani kepada wartawan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat, 15 Desember 2023.

Muzani menyebut Prabowo sangat mengerti betul dengan Gibran Rakabuming Raka terkait dengan apa yang akan disampaikannya nanti saat debat cawapres.

"Pak Prabowo mengerti betul Mas Gibran, apa yang harus diucapkan, apa yang harus disampaikan. Masalah-masalah apa yang akan dikemukakan, termasuk solusi apa yang menjadi alternatif bagi penyelesaian atas masalah itu," ujar Muzani.

Sehingga, debat perdana cawapres nanti diungkapkan bakal ada kejutan. "Maka itu, debat nanti akan menimbulkan kejutan," ucap Muzani.


Mahfud Md Sudah Biasa Dibombardir

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menghadiri debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Hasto Kristiyanto mengatakan, calon wakil presiden Mahfud Md sudah siap mengadapi debat pada 22 Desember 2023. Hasto menyatakan, Mahfud Md sudah punya pengalaman menghadapi adu argumen.

"Kalau persiapan debat Prof Mahfud, kan, sosok dosen, tetapi sosok yang punya pengalaman di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Sudah biasa dibombardir oleh DPR beliau tetap tenang," kata Hasto di sela Safari Politik bersama Atikoh Ganjar Pranowo, di Kampung Jawi, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 17 Desember 2023.

Hasto melanjutkan kekayaan pengalaman itu yang bakal membuat Mahfud unggul dalam debat cawapres dibandingkan dua kompetitornya.

"Kekayaan pengalaman dari Prof Mahfud. Kami meyakini bahwa Prof Mahfud akan memiliki daya unggul, apalagi kalau berbicara tentang kesejahteraan rakyat. Termasuk, ekonomi digital sekalipun, green economy, kemudian kebijakan-kebijakan berdasarkan bagaimana mendayagunakan APBN untuk kepentingan rakyat, Prof Mahfud itu sudah pakarnya," ungkap Hasto.

"Sehingga nanti akan menampilkan suatu gagasan yang menarik, yang genuine sesuai dengan karakter Prof Mahfud yang tidak dibuat-buat," sambungnya.

Menurut Hasto, TPN juga sudah banyak menerima masukan dari berbagai pihak dan akan disampaikan ke Mahfud sebagai bahan yang bisa dipelajari untuk debat kandidat.

"Jadi, kami persiapannya sudah dilakukan dengan baik, bahkan sudah mendapatkan masukan juga dari beberapa menteri. Sehingga ini akan menampilkan gagasan yang paling original, tetapi visioner dan menjawab kebutuhan rakyat," kata Hasto.


Jadwal dan Tema Debat Cawapres 22 Desember 2023

Tiga cawapres di Pilpres 2024 yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Mahfud Md, dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Liputan6.com)

Tema debat kedua yang mempertemukan ketiga cawapres yaitu ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Analis politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin, menilai dengan tema yang lumayan berat seperti itu, para cawapres harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

"Saya melihat debat dengan tema-tema yang berat tersebut biar bagaimana pun harus dikuasai oleh para cawapres. Sehingga nanti dalam presentasi, dalam menjawab, dalam berdebat, itu menjadi ringan dan mudah," kata Ujang kepada Liputan6.com, Kamis, 14 Desember 2023.

Terkait kualitas ketiga cawapres, menurut Ujang, tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cak Imin dengan kelebihannya sebagai mantan aktivis dan politikus yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Cawapres paling muda, Gibran Rakabuming Raka, saat ini menjabat sebagai wali kota Solo dan juga putra Presiden Jokowi.

Sementara itu, Mahfud Md merupakan seorang politikus senior dan akademisi yang kini menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Baca selengkapnya Menanti Debat Cawapres, Siapa Paling Siap?

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya