Daftar 29 Pemain yang Dipanggil Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia di Turki: Justin Hubner Langsung Ikut

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong resmi mengumumkan daftar 29 nama yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Turki jelang kompetisi Piala Asia 2023. Justin Hubner yang baru menjalani naturalisasi awal bulan ini langsung diminta bergabung dengan rekan-rekannya di Skuad Garuda.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 20 Des 2023, 14:45 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melalui situs resmi PSSI mengumumkan 29 nama yang akan dipanggil mengikuti pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia 2023 awal tahun depan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong resmi mengumumkan daftar 29 nama yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Turki jelang kompetisi Piala Asia 2023 awal tahun depan.

Justin Hubner yang baru saja menjalani proses naturalisasi sebagai Warga Negara Indonesia pada 6 Desember 2023 langsung dipanggil untuk bergabung bersama rekan-rekannya di Skuad Garuda.

Adapun selain Hubner, juru taktik asal Korea Selatan juga mengikutsertakan sejumlah nama naturalisasi lain, mulai dari Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick.

Terdapat pula deretan penggawa lokal yang saat ini tengah menjalani karier di luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), serta Marselino Fedinan (KMSK Deinze).

Sebagai informasi, Timnas Indonesia sendiri dijadwalkan mengikuti ajang Piala Asia 2023 di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Shin Tae-yong pun berniat menggembleng anak-anak asuhnya lewat sesi TC di Turki mulai 20 Desember sampai 6 Januari.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI sekaligus Manajer Timnas Indonesia Sumardji mengeklaim, Skuad Garuda nantinya akan menjalani serangkaian laga uji coba guna mematangkan persiapan menuju ajang sepak bola bergengsi level Asia.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bakal berhadapan dengan Libya di Antalya, sebelum bertolak ke Qatar untuk melakoni satu percobaan pemungkas melawan Iran pada 9 Januari mendatang.

"Pemain yang bermain di Liga 1 sudah bisa berkumpul semua karena kompetisi jeda hingga awal Februari 2024. Selain itu juga, mereka akan menjalani beberapa rangkaian uji coba, pada tanggal 2 dan 5 Januari 2024 melawan Libya di Antalya, kemudian di tanggal 9 Januari melawan Iran di Qatar," kata Sumardji, Selasa (19/12/ 2023), seperti dilansir dari situs resmi PSSI.


Akan Ada Pencoretan Pemain

Para pemain starting XI Timnas Indonesia berbaris menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya menjelang dimulainya laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lebih lanjut Sumardji menjelaskan, 29 nama yang dipanggil Shin Tae-yong kali ini sebenarnya cenderung mirip dengan skuad Timnas Indonesia saat mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2024 di Irak dan Filipina.

Yang berbeda hanyalah Justin Hubner selaku naturalisasi baru, serta Rachmat Irianto yang terpaksa ditepikan akibat mengalami cedera.

Adapun ke-29 pemain ini masih akan diseleksi oleh jajaran pelatih Skuad Garuda. Nantinya hanya akan ada 23 pemain final yang dibawa ke Qatar untuk memperkuat Timnas Indonesia saat mengarungi persaingan grup D Piala Asia 2023 melawan Vietnam, Irak, dan Jepang.

"Para pemain yang dipanggil beberapa di antaranya sudah mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2024 di Irak dan Filipina sebelumnya. Nama baru Justin Hubner yang sudah menjadi WNI pun langsung dipanggil. Hanya Rachmat Irianto yang mengalami cedera dan tak ada pemain pengganti," tambah Sumardji.


Daftar 29 Pemain Timnas Indonesia untuk TC di Turki

Pemain Timnas Indonesia, Hokky Caraka (kedua kanan) menyanyikan lagu Indonesia Raya saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Laga tersebut dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor 6-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kiper:

1. Syahrul Trisna - Persikabo

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

 

Belakang:

4. Justin Hubner - Wolverhampton

5. M. Edo Febriansah - Persib Bandung

6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

7. Rizky Ridho - Persija Jakarta

8. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

9. Elkan Baggott - Ipswich Town

10. Sandy Walsh - KV Mechelen

11. Shayne Pattynama - Viking FK

12. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

13. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

 

Tengah:

14. Saddil Ramdani - Sabah FC

15. Marc Klok - Persib Bandung

16. Ricky Kambuaya - Dewa United

17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

18. Egy Maulana - Dewa United

19. Adam Alis - Borneo FC

20. Arkhan Fikri - Arema FC

21. Yakob Sayuri - PSM Makassar

22. Yance Sayuri - PSM Makassar

23. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

24. Ivar Jenner - Jong Utrecht

 

Depan:

25. Hokky Caraka - PSS Sleman

26. Ramadhan Sananta - Persis Solo

27. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC

28. Dimas Drajad - Persikabo

29. Rafael Struick - ADO Den Haag

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya