Mahfud Md Fokus Berantas Korupsi Demi Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md menyatakan fokusnya memberantas korupsi demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 22 Des 2023, 19:49 WIB
Calon Wakil Presiden Mahfud MD di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud Md menyatakan fokusnya memberantas korupsi demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Ada yang bertanya kepada kami, mungkin tidak anda menargetkan mendapat pertumbuhan ekonomi 7 persen di dalam satu tahun, karena di dalam sejarah reformasi tidak pernah sampai sebanyak 7 persen, hanya dicapai pada tahun 89 sampai 91,” tutur Mahfud dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Menurut Mahfud, pertanyaan itu pun disampaikannya kepada para ahli dan mendapatkan jawaban mengejutkan. Pasalnya, Indonesia memiliki kekayaan alam dan sumber daya manusia, namun sulit tumbuh lantaran perilaku korupsi.

“Masalahnya banyak korupsi, di sektor-sektor kebutuhan ekonominya itu, di sektor konsumsinya,” jelas dia.

Berdasarkan catatan internasional, korupsi banyak terjadi di lembaga eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Bahkan di tubuh aparat keamanan pun tidak ketinggalan.

Korupsi sektor pertambangan, lingkungan laut, dan keseluruhannya berdampak pada rakyat kecil.

“Di Madura kaya dengan gas alam, tetapi tidak pernah dioptimalkan untuk dimanfaatkan. Maka kuncinya bagaimana kita berantas korupsi,” ungkapnya.

Saat menjadi wakil presiden, Mahfud pun menegaskan siap menegakkan aturan hukum agar para pelaku usaha tidak terjerat korupsi. Terlebih, para pejabat pun bermain sehingga mereka perlu mengeluarkan uang, yang kemudian jatuh pada kategori suap.

“Mau usaha ini diperas, kalau kita bayar tuh diperas, itu ditangkap katanya kami menyuap,” kata Mahfud menandaskan.


Tema Debat Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat kedua kandidat calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat kedua yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023 ini memberikan porsi lebih banyak kepada ketiga cawapres.

Artinya, ini merupakan kesempatan perdana bagi Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md untuk menyampaikan gagasannya di arena debat Pilpres 2024.

Debat cawapres kali ini mengusung tema tentang Ekonomi (ekonomi kerakyatan serta ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)-Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Infrastruktur dan Perkotaan.

Dalam debat cawapres ini, KPU telah menunjuk Alfito Deannova Trans Corp dan Liviana Cherlisa dari Kompas TV sebagai moderator.


Daftar Panelis Debat Cawapres

Selain itu, KPU juga telah menunjuk 11 panelis yang semuanya sudah berada di Jakarta untuk menyusun pertanyaan dan bahan debat.

Adapun daftar nama 11 panelis debat cawapres 22 Desember 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020);
  2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember);
  3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023);
  4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung);
  5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia);
  6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN);
  7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM);
  8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025);
  9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro);
  10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta); dan
  11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).
Infografis Kesiapan Muhaimin, Gibran dan Mahfud MD Jelang Debat Cawapres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya