Deretan Rencana IPO yang Perlu Diperhatikan pada 2024

IPO AS masih turun signifikan dari harga 397 pada periode yang sama tahun 2021

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 24 Des 2023, 22:27 WIB
Ilustrasi IPO 3 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Liputan6.com, Jakarta Penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) belum benar-benar membuat pasar keuangan bersemangat pada tahun ini. Namun seperti pepatah lama, tahun baru melahirkan peluang baru.

Jelang 2024, investor berharap hal yang sama terjadi pada pasar IPO. Meskipun masih ada beberapa minggu lagi, data untuk tiga kuartal pertama tahun ini suram.

Menurut Ernst & Young, pasar global mencatat 968 IPO hingga 30 September dengan peningkatan modal sebesar USD 101,2 miliar, yang menunjukkan penurunan volume sebesar 5 persen dan penurunan pendapatan sebesar 32 persen dari tahun 2022.

Di AS, angkanya jelas lebih baik. Menurut Renaissance Capital ada sekitar 106 IPO dilakukan tahun ini hingga 6 Desember, atau 49,3 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun, IPO AS masih turun signifikan dari harga 397 pada periode yang sama tahun 2021.

“2023 tentu saja merupakan tahun yang sulit bagi IPO, namun ada banyak permintaan untuk penawaran saham baru. Ada ribuan perusahaan unicorn yang menunggu untuk memikirkan langkah selanjutnya,” kata Phil Haslett, salah satu pendiri dan chief strategy officer EquityZen New York.

Haslett memperkirakan pasar IPO akan meningkat pada 2024. Hal itu seiring indikator makro yang tampaknya akan lebih baik.

“Kita memiliki pertumbuhan lapangan kerja, PDB yang kuat, dan inflasi yang menurun. Pemangkasan suku bunga akan segera berakhir, dan hal ini menempatkan kita pada posisi yang lebih baik. Pada akhirnya, banyak dari perusahaan-perusahaan IPO ini merasa sangat senang tekanan dari investor awal dan pemegang saham untuk mencapai likuiditas," imbuh dia,

Sementara itu, apa yang bisa diharapkan investor mengenai IPO saat ini dan dalam waktu dekat?. Melansir US News, Minggu (24/12/2023), berikut daftar IPO terbaru dan mendatang yang perlu diperhatikan:

- Shein

Valuasi IPO: USD 66 miliar hingga USD 90 miliar

Pada awal Desember, tersiar kabar bahwa merek fesyen digital asal Tiongkok, Shein, telah mengajukan dokumen rahasia kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk melakukan IPO, kemungkinan pada awal tahun 2024.

Perusahaan tersebut menargetkan valuasi hingga USD 90 miliar setelah dinilai sekitar USD 66 miliar dalam penggalangan dana di bulan Mei.

Shein sedang menulis ulang rencana untuk go public, karena perusahaan tersebut lebih mengandalkan pengaruh media sosialnya dibandingkan keuangan yang kuat atau investor berkantong tebal untuk meningkatkan permintaan atas sahamnya.

Perusahaan ini memiliki sekitar 31 juta pengikut di Instagram saja, banyak dari mereka adalah konsumen muda yang tertarik dengan harga murah dan pilihan fesyen yang menonjol dari ritel online tersebut.

Wall Street Journal melaporkan awal tahun ini bahwa Shein meraup pendapatan USD 23 miliar pada 2022, dengan laba bersih USD 800 juta, membuat perusahaan tersebut mendapat nilai tinggi dalam volume penjualan industri fesyen. Keberhasilan IPO-nya akan bergantung pada mempertahankan kinerja tersebut.

“Angka-angka tersebut memberikan ekspektasi yang tinggi terhadap IPO mereka,” kata Seth Farbman, ketua dan salah satu pendiri Vstock Transfer, sebuah agen transfer saham yang terdaftar di SEC.

“Meskipun ada kekhawatiran mengenai dampak lingkungan dan tuduhan terkait pengadaan kapas dari Xinjiang, kesuksesan Shein dapat menjadi penentu arah bagi perusahaan fesyen lain yang mempertimbangkan IPO pada tahun 2024,” imbuh dia.


Perusahaan Lain

Ilustrasi IPO. Foto: graystudiopro1

- Panera Brands

Valuasi IPO: USD 7,5 miliar

Setelah berbulan-bulan mengalami ketidakpastian dan PHK terhadap 17 persen tenaga kerja Panera Bread, perusahaan induknya, platform restoran cepat saji Panera Brands diam-diam telah mengajukan dokumen untuk IPO-nya sendiri.

Mei lalu, setelah menyambut CEO baru, José Alberto Dueñas yang tak lain adalah mantan CEO mantan CEO Bagel Brands mengatakan perusahaan akan menambahkan sejumlah orang di jajaran eksekutif atau C-suite sebagai persiapan untuk IPO.

“Kisah latar belakang yang melibatkan berakhirnya perjanjian dengan SPAC Danny Meyer, ditambah dengan konsolidasi JAB Holding atas merek-merek seperti Caribou Coffee Co. dan Einstein Bros. Bagels di bawah Panera, dan perekrutan CFO yang berpengalaman dalam transisi publik, semuanya menggarisbawahi sifat strategis dari IPO,” kata Farbman.

“Penawaran umum Panera tidak hanya mencerminkan positioning pasarnya tetapi juga menjadi indikator sentimen investor terhadap sektor makanan dan minuman,” tambahnya. Industri jasa makanan dan ritel makanan memasok makanan senilai $2,4 triliun pada tahun 2022, menurut Departemen Pertanian AS.

- Reddit Inc.

Valuasi IPO: USD 15 miliar

Perusahaan dilaporkan sedang bertemu dengan calon investor, dan pembicaraan tentang valuasi sebesar USD 15 miliar menyebar di Wall Street menjelang berakhirnya tahun ini.

Reddit telah merencanakan IPO pada musim semi 2023, tetapi kombinasi kinerja IPO lain yang buruk, suku bunga yang sangat tinggi, dan seruan downvote dari raksasa investasi Fidelity menggagalkan rencana tersebut. Bernilai USD 10 miliar pada 2021, Reddit melihat raksasa jasa keuangan Fidelity Investments memangkas penilaiannya menjadi USD 5,5 miliar pada 31 Mei 2023.

Reddit mengajukan dokumen IPO ke SEC pada Desember 2021, tetapi menunda penetapan tanggal penawaran umum. MAnajemen perusahaan memperkirakan untuk menjadwal ulang debutnya pada paruh kedua tahun ini, tetapi semuanya sempat hening untuk sementara waktu. Sekarang, Reddit sepertinya akan memiliki peluang lebih besar untuk mempertahankan rencana IPO jika beberapa hal berjalan dengan baik.

“Reddit adalah pemain utama dalam lanskap media sosial, dengan basis pengguna yang besar (diperkirakan mencapai 56 juta pengguna harian pada tahun 2023), dan dapat menawarkan wawasan signifikan mengenai penilaian pasar terhadap ruang komunitas digital dan platform konten buatan pengguna,” kata Farbman.

 


Perusahaan Berikutnya

Ilustrasi IPO 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)

- Skim

Valuasi IPO: USD 4 miliar

Merek pakaian Skim, dengan salah satu pendirinya Kim Kardashian rupanya menjadi magnet tersendiri terhadap minat IPO perusahaan. Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa 11 juta calon pelanggan telah mendaftar untuk menerima pemberitahuan teks pengisian ulang produk, sebuah pertanda baik bagi pengecer digital mana pun.

Para eksekutif perusahaan mengatakan bahwa perusahaan shapewear yang masih baru ini telah menghasilkan keuntungan, dengan perkiraan pendapatan sebesar USD 750 juta pada 2023, dibandingkan USD 500 juta pada 2022. Sementara perkiraan laba bersih sebesar mencapai USD 190 juta pada 2023.

Valuasi IPO Skims baru-baru ini dipatok sebesar USD 4 miliar, setelah putaran pendanaan menghasilkan USD 270 juta pada awal tahun ini, menjadikannya sebagai IPO unik setiap kali IPO tersebut muncul di kalender publik Wall Street.

“Skims melawan tren beberapa perusahaan lain. Mereka baru didirikan pada 2019, jadi ini adalah perusahaan yang relatif muda dengan valuasi yang berkembang pesat,” kata Haslett.

Memiliki nama merek yang kuat dan berhubungan dengan Kim Kardashian tentu membantu. “Jika Skims melakukan IPO tahun depan, mereka pasti akan berbeda dibandingkan kebanyakan perusahaan berusia 20 tahun yang kami perkirakan akan memasuki pasar,” tambah Haslett.

 

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya