Viral Pria Mandi Beras Bulog, Begini Komentar Sinis Warganet Gorontalo

Selanjutnya beras tersebut akan dilakukan pengolahan kembali di mesin Rice to Rice (RtR) milik Bulog. Namun, video tersebut lebih dulu viral yang membuat warganet Gorontalo memberikan komentar sinis.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 27 Des 2023, 17:00 WIB
Seorang pria viral mandi beras bulog saat melakukan pengarungan (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Viral di media sosial seorang pria tanpa pakaian memandikan tubuhnya dengan beras. Terlihat juga pria tersebut diguyur dengan beras yang dibungkus karung bertuliskan Bulog.

Penelusuran Liputan6.com, video viral itu diambil di Gudang Bulog Banjar Kemantren 2 Surabaya Utara pada 19 Desember 2023 lalu. Video itu diambil saat proses pengarungan kembali beras sobek karena proses handling beras impor dari kapal sampai ke gudang.

Selanjutnya, beras tersebut akan dilakukan pengolahan kembali di mesin Rice to Rice (RtR) milik Bulog. Namun, video tersebut lebih dulu viral yang membuat warganet Gorontalo memberikan komentar sinis.

"Pantes saja bau beras bulog ada harum-harumnya. Ternyata begini proses peckinya," kata warganet dengan nama akun @Sar***.

Berbeda dengan akun @Hen***, menurutnya selama ini dirinya sering membeli beras Bulog, tapi karena dengan video itu, dirinya harus beralih ke beras lokal Gorontalo.

"Saya beralih beli langsung ke petani lokal Gorontalo, dari pada harus makan yang kurang steril dan bau apek," komentarnya.

Sementara itu, Aktivis Gorontalo Sumitro Ibrahim meminta, pihak Bulog mengevaluasi kembali seluruh standar operasional prosedur (SOP) pengarungan beras Bulog. Minimal para pekerja di bulog steril.

"Contoh misalkan harus mengenakan pakaian khusus saat melakukan pengarungan. Jangan ada pekerja yang tidak mengenakan baju, biar lebih steril," kata Sumitro yang juga Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo.

Menurutnya, jika beras Bulog merupakan cadangan beras yang diperoleh dan diatur oleh BULOG untuk distribusi di pasar dalam negeri, maka dengan begitu, beras tersebut harus benar-benar steril.

"Saya pun menduga, jangan sampai selama ini beras bulog tidak steril. Nanti video sudah viral, barulah memperbaiki SOP," katanya.

"Persoalan ini bukan sepele, karena memang ini dikonsumsi oleh banyak orang. Jadi mohon pihak Bulog harus mengevaluasi kembali prosedur yang ada," tegasnya.


Tanggapan Bulog

Menanggapi hal tersebut, Manajer Humas & Kelembagaan Perum BULOG Tomi Wijaya berjanji akan menindak tegas pria yang ada dalam video viral tersebut. Dia juga mengaku telah menelusuri lokasi video itu diambil.

"Sudah kami telusuri dan akan diambil tindakan tegas terkait ulah oknum buruh di Gudang Banjar Kemantren Surabaya Utara tersebut," kata Tomi dalam keterangannya, Selasa (26/12/2023).

Tomi menambahkan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan dan kualitas produk terbaik untuk masyarakat. Sehingga, jika ada upaya-upaya yang berlawanan dengan komitmen tersebut akan ditindak tegas.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya