Banjir Wonderkid, Akademi Manchester United Sudah Promosikan 249 Pemain ke Tim Utama

Akademi Manchester United terus melahirkan talenta-talenta baru sepak bola. Total sudah ada 249 nama yang kemudian memperkuat tim utama Setan Merah.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 10 Jan 2024, 08:00 WIB
Gelandang RC Lens, Ayanda Sishuba (kiri) berebut bola dengan gelandang Manchester United, Omari Forson pada laga uji coba pramusim 2023/2024 di Old Trafford Stadium, Manchester (5/8/2023). (PA via AP Photo/Nick Potts)

Liputan6.com, Jakarta - Akademi Manchester United terus melahirkan talenta-talenta baru sepak bola. Total sudah ada 249 nama yang kemudian memperkuat tim utama Setan Merah.

Omari Forson adalah sosok terbaru. Dia melakoni debut saat Manchester United menaklukkan Wigan Athletic pada babak ketiga Piala FA 2023/2024 di DW Stadium, Selasa (9/1/2024) dini hari WIB.

Pemain berusia 18 tahun itu sebelumnya tampil pada uji coba melawan RC Lens musim panas lalu. Setelah menunggu beberapa bulan, Forson yang mengenakan seragam nomor 62 pun akhirnya membela Setan Merah di partai resmi melawan Wigan Athletic.

"Ini adalah kehormatan. Saya sudah bekerja keras dan menanti lama untuk momen ini. Saya sangat senang akhirnya bisa membela MU," kata Forson, dilansir situs resmi klub.

Forson jadi salah satu dari 12 lulusan akademi MU yang terlibat melawan Wigan Athletic. Salah satunya adalah pemain satu angkatan Kobbie Mainoo.

"Kobbie sudah bermain reguler belakangan ini. Ada juga pemain akademi yang melewati proses sama seperti saya. Kehadiran mereka jelas membantu," ungkap Omari Forson.

 


Popularitas Akademi Manchester United

Lulusan akademi MU. (Leon Neal/AFP)

Popularitas akademi MU mencapai puncaknya ketika angkatan 1992 menembus tim utama. Neville bersaudara Gary dan Phil, Paul Scholes, David Beckham, Ryan Giggs, dan Nicky Butt bahu-membahu membawa Setan Merah merebut berbagai gelar.

Capaian terbaik diraih pada 1999 ketika Setan Merah menjadi treble winners dengan menjuarai Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Mereka pun menorehkan sejarah sebagai klub Inggris pertama yang melakukannya.


Akademi Manchester United Bakal Terus Memproduksi

Kobbie Mainoo bermain luar biasa melawan Wigan Athletic. Pemain yang baru berusia 18 tahun itu memiliki visi bermain layaknya gelandang senior. (AFP/Paul Ellis)

Total jumlah lulusan akademi MU yang berkiprah di sepak bola jelas lebih dari 249 nama karena tidak semuanya bertahan di MU. Banyak juga yang hengkang karena tidak mendapat kesempatan membela tim utama Setan Merah.

Sementara mereka yang berbakat bisa membangun karier di Old Trafford. Pada skuad musim ini, ada nama-nama seperti Marcus Rashford, Scott McTominay, Tom Heaton, Jonny Evans, hingga Alejandro Garnacho.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya