4 Fakta Wow Masjid Negara di IKN Nusantara yang Sedot Anggaran Rp 940 Miliar

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan masjid di di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Rabu 17 Januari 2024.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 17 Jan 2024, 16:43 WIB
Groundbreaking Masjid Negara di IKN Senilai Rp 940 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan masjid di di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Rabu 17 Januari 2024.

Jokowi berharap masjid negara akan mempresentasikan kemajemukan bangsa Indonesia dan sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Masjid itu juga diharapkan menjadi tempat yang nyaman bagi umat Muslim untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan maupun aktivitas sosial lainnya, serta menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di IKN Nusantara.

“Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara,” tutur Jokowi.

Berikut 4 Fakta tentang Masjid Negara di IKN:

1. Bisa Menampung 61 Ribu Jemaah

Jokowi menyatakan, masjid negara di IKN bisa mempunyai kapasitas 61 ribu jemaah.

“Tadi Bapak Menteri Agama menyampaikan bahwa kapasitas Masjid Negara ini adalah 61.000 jamaah,” tutur Jokowi.

2. Dikelilingi Embung Buatan

Masjid Negara di IKN rencananya akan dibangun dengan dikelilingi embung buatan, sehingga akan memperindah tampilan eksterior maupun interiornya.

"Sehingga saya membayangkan masjid ini adalah masjid yang akan sangat indah dari luar dan juga akan sangat indah interiornya dari dalam," ujar Jokowi.

 

 


Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun

Desain Masjid Agung di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Kalimantan Timur. (dok. tangkapan layar Instagram @nyoman_nuarta/https://www.instagram.com/tv/CNMqEsMH8NU/)

3. Di Sekeliling akan Dibangun Gereja, Vihara, Pura dan Klenteng

Tidak hanya itu, ujar Presiden, di kawasan tersebut juga akan dibangun gereja, gereja katedral, vihara, pura, dan klenteng yang akan menunjukkan keragaman agama bangsa Indonesia.

“Ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam tetapi kerukunan akan terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita,” tutur Presiden Jokowi.

4. Ditargetkan Akhir Tahun Selesai 

Dengan nilai konstruksi sebesar Rp940 miliar, Masjid Negara itu akan dilengkapi pula dengan infrastruktur kawasan seperti jalan dan jembatan serta dibangun selama kurang lebih 400 hari kalender.

“Ditargetkan akhir tahun ini, saya dibisiki bisa selesai, insya Allah bisa selesai,” kata Jokowi.

Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Nusantara Tahap 1 telah mencapai 62,65%. (Dok Kementerian PUPR)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya