TKN Prabowo-Gibran Bakal Kampanye Akbar di Jateng, Ganjar: Suara di Sana Memang Seksi

Calon Presiden (Capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengomentari rencana Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang akan menggelar kampanye akbar di Jawa Tengah (Jateng).

oleh Devira PrastiwiFachrur Rozie diperbarui 18 Jan 2024, 11:32 WIB
Calon Presiden (Capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengomentari rencana Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang akan menggelar kampanye akbar di Jawa Tengah (Jateng). (merdeka.com/ Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengomentari rencana Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan menggelar kampanye akbar di Jawa Tengah (Jateng).

TKN Prabowo-Gibran berencana mengambil suara masyarakat Jateng untuk Pilpres 2024 mendatang.

Ganjar menyebut, suara masyarakat Jateng memang layak diperhitungkan.

"Ya kalau mau ngambil, semua punya hak, mau ngambil dimana saja. Jateng memang seksi untuk direbut suaranya," ujar Ganjar di Kendal, Jawa Timur, Rabu 17 Januari 2024.

Kampanye akbar sendiri diagendakan dimulai pada 21 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024. Ganjar tak mau ambil pusing rencana TKN Prabowo-Gibran tersebut.

Bahkan, Ganjar sudah menduga akan ada yang mengikuti jejaknya menggelar kampanye masif di wilayah yang dia pimpin selama dua periode itu.

"Kita lihat saja, apakah selama saya kunjungan di Jateng ini nanti akan ada yang ikut berkunjung di sini, kita lihat beberapa hari lagi," jelas Ganjar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Silfester Matutina mengatakan pihaknya sudah merencanakan akan menggelar kampanye akbar di wilayah Jateng.

Diketahui, Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai Kandang Banteng. Kandang Banteng merujuk pada perolehan suara PDIP yang selalu unggul di Jateng. Pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, Jokowi-Ma'ruf yang diusung PDIP dan sejumlah partai lain memperoleh suara sekitar 75% di Jateng.

"Ya direncanakan di beberapa daerah ya akan kita lakukan. Intinya kita akan merebut hati rakyat di daerah-daerah yang kita merasa belum terlalu bagus. Jawa Tengah termasuk," kata Silfester usai deklarasi relawan Barisan Persatuan Indonesia di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa 16 Januari 2024.

 


TKN Prabowo-Gibran Bagi Kekuatan Parpol

Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat tiba dalam acara Paku Integritas penguatan antikorupsi untuk calon presiden dan wakil presiden 2024 di Gedung Merah Putih, Jakarta, Rabu (17/12204). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Wakil Ketua TKN Afriansyah Noor mengatakan salah satu strategi pihaknya dalam kampanye akbar nanti adalah akan membagi kekuatan masing-masing partai politik (parpol) pengusung.

"Di TKN ini kan ada sembilan parpol, tentunya kami akan membagi zona mana yang kita kuat, misalkan PBB kuat di mana, Golkar di mana, Demokrat di mana. Kita bagi-bagi tugas sehingga tidak terpecah atau tertumpuk di satu tempat," ucap Afriansyah.

Dia menjelaskan, salah satu lokasi pasti lainnya untuk menggelar kampanye akbar Prabowo-Gibran adalah di Jakarta.

"Seperti kemarin dulu, kami pun akan menyiapkan kampanye akbar mungkin serentak di beberapa titik termasuk di Jakarta," kata Afriansyah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan kampanye akbar Pemilu 2024 dilaksanakan pada 21 Januari hingga 10 Februari mendatang.

 


Jelang Kampanye Akbar, Pendukung Ganjar Terus Galang Kekuatan Lewat Konser

Ganjar Pranowo pada pertemuan di posko Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud Jatim di Gedung Internatio Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan kampanye akbar Pemilu 2024 akan digelar pada 21 Januari sampai 10 Februari.

Jelang kampanye akbar, pendukung calon presiden Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Sahabat Ganjar terus menyapa masyarakat, salah satunya dengan mengadakan Pesta Rakyat Ganjar-Mahfud di Magelang, Jawa Tengah.

Mulai konser musik sampai ratusan UMKM lokal, dihadirkan dan disambut antusias masyarakat ditandai dengan hadirnya ribuan orang ke pesta rakyat tersebut.

Sariyadi selaku Ketua DPC Sahabat Ganjar Kota Magelang, mengatakan, ini bukan konser musik biasa, tapi juga sebagai sarana menghidupkan ekonomi lokal, sebagaimana konsen paslon nomor urut tiga.

"Pesta Rakyat Ganjar-Mahfud tidak hanya sebagai konser musik biasa, kami juga mau berkontribusi besar buat usaha rakyat di Kota Magelang dengan pasar rakyat ini. Lapak-lapak disini terbuka untuk semua UMKM tidak membatasi mereka,” kata dia dalam keterangannya, Rabu 17 Januari 2024.

Pihaknya pun merasa tersanjung dengan semangat dari warga Magelang yang berkumpul mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Semoga doa dan harapan kita dikabulkan oleh Allah SWT bahwa tahun ini kita memiliki Presiden dan Wakil Presiden baru untuk Indonesia yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD,” pungkasnya.

Infografis Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya