Mahfud Md Tiba di Lokasi Debat Cawapres Minggu 21 Januari 2024, Pakai Busana Ala Pecinta Alam

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 Mahfud Md telah tiba di lokasi debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada malam hari ini, Minggu (21/1/2024).

oleh Devira PrastiwiMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 21 Jan 2024, 19:05 WIB
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 Mahfud Md telah tiba di lokasi debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada malam hari ini, Minggu (21/1/2024). (Tim News)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 Mahfud Md telah tiba di lokasi debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada malam hari ini, Minggu (21/1/2024).

Diketahui, debat cawapres yang keempat kali ini mengambil tema energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Dari pantauan merdeka.com di lokasi, Mahfud hadir hanya didampingi sang istri Zaizatun Nihayati dan sang anak sekitar pukul 18.20 WIB. Tak seperti debat kedua, Mahfud didampingi capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Mahfud terlihat mengenakan pakaian ala pencinta alam dengan nuansa warna hijau. Busana yang dikenakan tersebut sekaligus bentuk dukungan terhadap jenama lokal karya anak bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Karaniya Dharmasaputra.

Selain itu, Kemeja yang digunakan merupakan kemeja tactical outdoor berwarna khaki dan hijau dilengkapi syal ala pendaki yang diikatkan di sekeliling leher bergambar ikon angka 3 dikelilingi slogan ‘sat-set tas-tes selesai’. Kemeja pecinta alam diproduksi khusus oleh jenama 'Hoya Fields' asal Bandung.

Kara menyebut, busana tersebut dipilih karena keterkaitannya pada isu-isu ekonomi hijau dan biru yang diusung paslon nomor urut 3 itu.

"Kemeja buatan jenama lokal ini juga merepresentasikan keseharian Ganjar-Mahfud yang dekat dengan rakyat, tak pernah lelah untuk turun ke lapangan dan menyerap energi rakyat Indonesia," imbuh Kara.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber  : Merdeka.com


Debat Cawapres Minggu 21 Januari 2024

Cawapres nomor urut 2 Muhaimin Iskandar dalam Debat Cawapres, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Sebelumnya, proses demokrasi yaitu Pemilihan Presiden 2024 atau Pilpres 2024 terus berlanjut. Saat ini masih dalam tahap kampanye yang didalamnya ada proses debat calon presiden dan calon wakil presiden (Capres Dan Cawapres).

Pada hari ini, Minggu (21/1/2024), akan memasuki debat debat keempat secara keseluruhan atau debat kedua untuk cawapres. Tiga kandidat yaitu Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar akan menjelaskan visi misi mereka.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat Pilpres 2024. Debat kali ini mengangkat tema energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

KPU menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat Cawapres kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

"Yang jelas debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari akan dilaksanakan di JCC. Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia," kata Komisioner KPU RI August Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Senin 15 Januari 2024.

"Kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," sambungnya.

 

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan menggelar debat ke empat Pilpres 2024 pada 21 Januari 2024. Melalui pernyataan resminya hari ini, debat ke empat akan menghadirkan para kandidat calon wakil presiden dari nomer 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), calon wakil presiden nomer urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md.

“Debat calon wakil presiden akan digelar 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada pukul 19.00 WIB,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz saat jumpa pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024).

Mellaz, mengatakan debat akan dimulai dengan pemaparan visi misi pada segmen pertama. Nantinya, pasangan calon nomer urut 1 yang akan bertindak pertama baru diikuti oleh nomer selanjutnya sesuai urutan.

“Sesuai urutan, berdasarkan debat sebelumnya, pembukaan segmen satu akan dipaparkan oleh calon wakil presiden nomor urut 1,” jelas Mellaz.

Mellaz memastikan format debat cawapres tidak akan ada yang berubah. Masih dalam durasi 150 menit dan berisi enam segmen. Segmen pertama pembukaan dengan visi misi para calon, segmen dua dan tiga pertanyaan panelis, segmen empat dan lima tannya jawab antar kandidat, dan segmen enam penutup atau closing statement.

“Format tidak berubah tetap enam segmen, durasi tetap 150 menit dengan jeda iklan dan khusus debatnya 120 menit,” Mellaz memungkasi.


Stasiun Televisi yang Menyiarkan Debat Cawapres

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyinggung soal nasib-nasib guru-guru di Indonesia yang masih jauh dari kesejahteraan. Terutama kesejahteraan guru-guru agama. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sebagai informasi, tv penyelenggara debat adalah SCTV, Indosiar dan  Metro TV. Debat akan dimoderatori oleh dua jurnalis perempuan anda, Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. 

Diketahui, tema debat akan berisi enam hal yakni pertama pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup. 

Kedua, sumber daya alam dan energi. 

ketiga adalah soal pangan. Keempat yaitu agraria. Keloma, masyarakat adat dan tema keenam adalah desa.

Terkait panelis, KPU RI telah menetapkan 11 nama dan mereka sudah mengkonfirmasi kesediaan dan menjalani karantina pra debat mulai hari ini.  

Infografis Debat Perdana Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya