Top 3: Ramai Debat Cawapres 2024

Berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin 22 Januari 2024.

oleh Arthur Gideon diperbarui 22 Jan 2024, 07:00 WIB
Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud Md, Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kiri ke kanan) saat debat keempat Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres) Cawapres) keempat berlangsung pada Minggu 21 Januari 2024Malam. Dalam debat ini, tiga kandidat cawapres yaitu Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar akan menjelaskan visi misi mereka.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat Pilpres 2024. Debat kali ini mengangkat tema energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Sejumlah artikel mengenai debat cawapres ini menjadi trending atau banyak dibaca. Lengkapnya,berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin 22 Januari 2024:

1. Debat Cawapres, Gibran Jelaskan Arti Inflasi Hijau ke Profesor Mahfud MD

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka bertanya kepada Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD mengenai cara mengatasi Greenflation atau inflasi hijau.

Mahfud MD pun menjawab bahwa menangani greenflation sama dengan menjalankan ekonomi hijau dimana proses pemanfaatan produk ekonomi dan dimanfaatkan didaur ulang dan bukan dibuang.

Simak artikel selengkapnya di sini

 


2. Mahfud MD Sebut Subsidi Pupuk Naik Terus Jadi Masalah, Begini Faktanya?

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud Md saat debat keempat Capres-Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD, menyebut pangan di Indonesia belum berdaulat, dimana jumlah petani dan lahannya semakin sedikit. Namun, justru subsidi pupuk semakin naik.

Mahfud MD pun mengendus adanya kesalahan dalam pengelolaan subsidi pupuk setiap tahunnya. Lantaran tidak sebanding dengan kondisi petani dan lahan di lapangan yang semakin memprihatinkan.

"Petaninya sedikit, lahannya sedikit, tapi kok subsidinya setiap tahun naik pasti ada yang salah," kata Mahfud dalam Debat Cawapres kedua di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Simak artikel selengkapnya di sini

 


3. Merasa Pertanyaan Tak Dijawab Gibran, Cak Imin Jelaskan Pembangunan Berbasis Bioregional

Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar saat debat keempat Capres-Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam sesi tanya jawab gelaran Debat Cawapres Kedua, Minggu (21/1/2024), Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bertanya kepada Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka soal strategi pembangunan berbasis bioregional.

Dalam jawabannya, Gibran Rakabuming Raka menyatakan pembangunan ke depan tidak boleh lagi bersifat Jawa sentris, namun harus Indonesia sentris. Salah satunya diwujudkan melalui pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.

Selain itu, Gibran juga hendak membangun hilirisasi industri dengan memperhatikan lingkungan hidup dan analisis dampak lingkungan (AMDAL). Termasuk menggandeng pengusaha dan UMKM lokal dalam pembangunannya.

Simak artikel selengkapnya di sini

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya