Ganjar-Mahfud Gelar Kampanye Akbar di Solo, Diawali Kirab Budaya

Rencananya, Ganjar-Mahfud akan menaiki gerobak sapi menuju Vastenburg dan akan menyampaikan orasi politik di depan puluhan ribu pendukungnya.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 10 Feb 2024, 08:59 WIB
Kampanye akbar pasangan calon Ganjar Pranowo- Mahfud Md akan digelar di Kota Surakarta (Solo), Sabtu pagi (10/2/2024). (Liputan6.com/ Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye akbar calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo- Mahfud Md akan digelar di Kota Surakarta (Solo), Sabtu pagi ini (10/2/2024). Kampanye hari terakhir ini, dinamai Hajatan Rakyat Bukan Pesta Konglomerat.

Hajatan diawali dengan kirab budaya, yang terdiri dari formasi 21 pedati sapi atau gerobak sapi yang membawa hasil tani dan bertuliskan 'Tuanku Adalah Rakyat, Jabatan Hanya Mandat'.

Ada pula Garuda, Bendera Pataka, drumband keraton, musik perkusi, reog, rombongan beskap, wayang orang, gajah krumpyung, liong, hingga barongsai.

Kirab dan grebeg akan dimulai dari kawasan sekitar Keraton Mangkunegaran menuju Benteng Vastenburg. Salah satu titik termasuk Balaikota Surakarta. Grebeg dalam tradisi Jawa mengandung makna mengantar pembesar.

Rencananya, Ganjar-Mahfud akan menaiki gerobak sapi menuju Vastenburg dan akan menyampaikan orasi politik di depan puluhan ribu pendukungnya.

Menurut Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, kampanye akbar akan digelar dua kota yakni Solo dan Semarang.

"Dari Solo menuju Semarang, dari era Jokowi menuju era Ganjar Pranowo. Dari daerah yang dulu melambangkan basis Jokowi, bergerak menuju Semarang, daerah yang merupakan perlambang basis Ganjar Pranowo," kata Karaniya.

Seperti halnya 'Hajatan Rakyat' Solo yang dijejali ratusan ribu massa, Semarang juga akan tumpah ruah rakyat.

"Besok, Sabtu 10 Februari 2024, masyarakat dapat menghadiri 'Hajatan Rakyat Semarang yang dimulai pukul 13:00 WIB. Kita nantikan Mas Ganjar dan Prof Mahfud akan menyampaikan apa menuju pemilihan umum 14 Februari," kata Karaniya.


Kampanye Akbar Terakhir Ganjar-Mahfud di Solo-Semarang, Puan: Jateng Kandang Banteng

Kampanye akbar pasangan calon Ganjar Pranowo- Mahfud Md akan digelar di Kota Surakarta (Solo), Sabtu pagi (10/2/2024). Kegiatan dimulai dengan kirab budaya. (Liputan6.com/ Delvira Hutabarat)

Pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan menggelar kampanye akbar terakhir di Jawa Tengah. Terdapat dua lokasi kampanye, yakni di Solo dan Semarang.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menjelaskan, pihaknya memang mendapat waktu dan zona di Jawa Tengah. Sehingga, memilih di Solo dan Semarang untuk kampanye akbar Ganjar-Mahfud.

"Memang waktu dan zona nya di Jawa Tengah jadi memang itu hak dari kami untuk bisa menyelenggarakan kampanye di wilayah Jateng," kata Puan Maharani di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Selain itu, Solo dan Semarang juga menjadi wilayah yang siap untuk pihaknya menyelenggarakan kampanye akbar.

"Ya karena yang siap dan memang dipilih dalam kampanye akbar terakhir itu Solo dan Semarang," ucap dia.

Saat ditanya, alasan memilih Solo dan Semarang lantaran kedua wilayah tersebut merupakan lumbung suara PDIP, Puan hanya mengatakan bahwa Jawa Tengah merupakan tetap kandang partai berlambang kepala banteng.

"Ya insyaallah, Jateng tetap kandang banteng," imbuh dia.


Bersama Atikoh dan Alam, Ganjar Suarakan Kemenangan saat Hajatan Rakyat di Bogor

Ganjar Pranowo, Siti Atikoh dan Alam Ganjar satu panggung dalam Hajatan Rakyat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/2) (Istimewa)

Ganjar Pranowo, Siti Atikoh dan Alam Ganjar satu panggung dalam Hajatan Rakyat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/2/2024).

Dalam kesempatannya, satu keluarga tersebut terlihat saling memberikan dukungan dan memberikan orasinya masing-masing. "Seluruh program sudah disampakan, debat sudah dilakukan sekarang waktunya rakyat menilai," ujar Ganjar Pranowo.

Ada tiga aspek penting yang ditekankan Ganjar dalam orasinya. Pertama Ganjar menyampaikan soal data satu pintu yang akan dirinya dorong melalui KTP sakti.

Menurutnya, hal tersebut ditengarai menjadi solusi di tengah birokrasi pemerintah yang berbelit. Sehingga melalui program tersebut, Ganjar meyakini masyarakat akan memperoleh bantuan secara tepat sasaran.

"Kenapa Ganjar-Mahfud bicara soal KTP akan sangat bermanfaat sebagai sistem satu data. Maka, semua kartu kita bisa satukan jadi KTP sakti. Agar semua bantuan sosial, kesehatan hingga pendidikan tepat sasaran," ungkap Ganjar.

Kemudian, Ganjar pun menyampaikan bagaimana urgensi pemerataan pendidikan di Indonesia yang menurutnya belum sepenuhnya bisa di rasakan masyarakat.

"Saya dan Pak Mahfud keliling Indonesia masuk sampai ke pelosok. Kami mendengarkan betul apa cerita mereka, kemiskinan yang ada di luar sana inshaallah akan kami investasikan melalui program satu keluarga miskin satu sarjana agar kelak kualitas hidup keluar lebih baik," jelas Ganjar.

 


Ganjar Ingatkan Pentingnya Kualitas Kesehatan

Calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo di Stadion Pakansari Bogor (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Terakhir, Ganjar menyampaikan bagaimana masyarakat harus memiliki kualitas kesehatan yang baik dalam menunjang produktifitas hidup. Maka, di setiap desa di daerah Ganjar mengatakan pentingnya fasilitas dan akses kesehatan yang mudah dijangkau oleh setiap masyarakat Indonesia.

"Kemudian kita ingin kesehatan dimulai dari kita sendiri mencegah secara preventif dengan olahraga hidup bersih baru kalau kemudian sakit kita bawa ke dokter. Maka, setiap desa perlu satu desa, satu faskes, satu nakes tapi harus diimbangi dengan pendidikan yang baik," ungkap Ganjar.

Namun di tengah situasi politik yang menggeliat saat ini, Ganjar tetap berpesan bagaimana masyarakat harus riang gembira dalam menghadapi pesta demokrasi tersebut.

Di akhir orasinya, Ganjar berjanji akan merangkul seluruh elemen masyarakat, putra/i terbaik bangsa demi Indonesia maju, adil dan berdaulat.

"Saya ingatkan ketika pemilu sudah berjalan kita semua adalah anak anak Indonesia. Maka, kalau amanah ini diberikan kepada Ganjar-Mahfud maka kita rangkul semua anak bangsa," pungkas Ganjar.

Infografis Isu Ganjar-Mahfud Koalisi dengan Anies-Muhaimin. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya