Cek Fakta: Tidak Benar Foto Presiden Jokowi Bagikan Buku Bersampul Prabowo - Gibran

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang membagikan buku bersampul Prabowo - Gibran. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

oleh Tim Cek Fakta diperbarui 13 Feb 2024, 12:00 WIB
Cek Fakta foto Presiden Jokowi bagikan buku bersampul Prabowo - Gibran

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang membagikan buku bersampul Prabowo - Gibran. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang membagikan sejumlah buku dengan sampul Prabowo - Gibran. Postingan itu disertai narasi "Njirr"

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi sedang membagikan buku bersampul Prabowo - Gibran?


Penelusuran Fakta

Ilustrasi Cek Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah oleh Liputan6.com dalam artikel berjudul "5 Aksi Mengejutkan Jokowi Saat Kunjungi Korban Gempa Lombok" yang tayang pada 14 Agustus 2018.

Namun dalam foto asli, Presiden Jokowi membagikan buku yang tidak ada gambar Prabowo - Gibran. Foto itu disertai narasi "Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi membagikan buku saat mengunjungi korban gempa di lapangan Desa Madayin, Sambelia, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7). (Agus Suparto/Indonesian Presidential Palace/AFP)".

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi membagikan buku saat mengunjungi korban gempa di lapangan Desa Madayin, Sambelia, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7). (Agus Suparto/Indonesian Presidential Palace/AFP)

Berikut isi artikel itu selengkapnya:

"Liputan6.com, Lombok - Presiden Jokowi bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja mengunjungi para korban gempa Lombok.

Ini adalah kali kedua Jokowi mendatangi Lombok yang diterjang gempa besar. Selain memantau langsung kondisi korban dan bantuan terhadap korban gempa, Jokowi itu melakukan sejumlah aktivitas yang menyita perhatian, apa itu?

1. Jadi Imam Salat

Jokowi melantunkan ayat Alquran saat memimpin Salat Magrib di tenda posko darurat gempa Lombok. Menurut Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, bacaan Salat Jokowi cukup baik dan jelas.

"Ternyata bacaan beliau sangat terang. Rakaat pertama membaca surat Al-Humazah dan rakaat kedua membaca surat Al-Quraish," ucap mantan politikus Partai Demokrat itu.

Jokowi menjadi imam berawal saat dia tengah menggelar rapat di posko utama penanganan gempa. Tepatnya di Dusun Karangkates, Kecamatan Gangga, di Lombok Utara. Wilayah ini merupakan kawasan terparah terkena dampak gempa Lombok.

Dia lalu meminta TGB untuk menjenguk warga yang terdampak gempa. Saat hari mulai petang, Jokowi mengajak rombongan salat bersama berikut warga.

Momen tersebut sempat ditulisnya dalam akun Facebook-nya yang diunggah pada Selasa (14/8/2018).

"Salat Maghrib bersama warga digelar di musala darurat berupa tenda beratap terpal dan berdinding plastik," kata Jokowi.

2. Menginap di Tenda

Selain mengunjungi para korban gempa Lombok, Jokowi juga berencana meninjau rumah sakit lapangan, trauma healing, dan sejumlah posko-posko pengungsian.

Untuk itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memutuskan menginap bersama warga Lombok di tenda pengungsian.

Hal ini dibenarkan oleh Menteri Sosial Idrus Marham, bahwa Jokowi akan menginap di tenda yang telah disiapkan. Selama di Lombok, Jokowi juga akan menyerahkan bantuan secara langsung kepada para korban.

3. Kenalkan Konstruksi Rumah Tahan Gempa

Usai meninjau dapur umum, posko pengungsian, ruang gembira anak-anak, dan rumah sakit lapangan, Presiden Jokowi berdialog dengan sejumlah pengungsi untuk menanyakan apa yang paling mereka butuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, dia berjanji akan membantu perbaikan tempat tinggal warga yang rusak akibat gempa.

"Nanti gotong royong dan dibantu pemerintah. Yang rusak berat Rp50 juta, yang rusak sedang Rp25 juta," kata Jokowi.

4. Memberi Semangat Anak-Anak Korban Gempa

Saat meninjau korban gempa di Dusun Trengan, Kecamatan Pemenang Timur, Kabupaten Lombok Utara, Jokowi bertemu dengan sejumlah siswa korban gempa.

Banyak anak bertanya bagaimana dengan sekolah mereka yang kini hancur, sementara Ujian Nasional (UN) akan segera tiba.

Mendengar curahan hati anak-anak korban gempa Lombok, Jokowi mengajak mereka tak putus asa dan tetap bersemangat. Dia menjanjikan, sekolah akan dibangun dalam dua minggu lagi.

5. Jokowi Dibonceng TGB

Akses jalan yang rusak parah akibat gempa 7 SR, cukup menghambat aliran bantuan yang akan diberikan pada warga yang belum mendapat pertolongan.

Karenanya saat berkunjung ke Dusun Trengan, Kecamatan Pemenang Timur, Presiden Jokowi menggunakan sepeda motor dengan dibonceng Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi."

Sumber:

https://www.liputan6.com/news/read/3619047/5-aksi-mengejutkan-jokowi-saat-kunjungi-korban-gempa-lombok?page=6


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan foto Presiden Jokowi sedang membagikan buku bersampul Prabowo - Gibran adalah tidak benar. Faktanya foto sampul buku dalam postingan telah disunting.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya