Serangan Udara Israel Tewaskan Lebih dari 100 Orang di Rafah

Menurut PRCS, serangan udara Israel tewaskan lebih dari 100 orang di Rafah

oleh Sulung Lahitani diperbarui 13 Feb 2024, 14:05 WIB
Petugas penyelamat mengamati lokasi kejadian setelah pengeboman Israel di Rafah, selatan Jalur Gaza pada 12 Februari 2024. (MOHAMMED ABED/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Lusinan orang, termasuk anak-anak, tewas akibat serangan udara dan penembakan Israel yang “sangat intens” yang menghantam beberapa lokasi di Rafah pada Senin malam, menurut Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS), ketika kekhawatiran internasional meningkat atas rencana serangan darat Israel di kota selatan Gaza.

Lebih dari 100 orang tewas akibat serangan udara Israel ketika pesawat tempur menargetkan berbagai wilayah di kota tersebut dan helikopter menembakkan senapan mesin di sepanjang wilayah perbatasan, kata PRCS pada Senin pagi.

Sementara, Kementerian Kesehatan yang dikuasai Hamas di Gaza mengatakan 94 orang kehilangan nyawa. Perbedaan ini mungkin terjadi karena Kementerian Kesehatan hanya memperbarui jumlah korban meninggal setelah jenazah diidentifikasi. Kedua kelompok tersebut memperingatkan jumlah korban jiwa kemungkinan akan meningkat dan PRCS mengatakan masih banyak orang yang terjebak di bawah reruntuhan.

Direktur Rumah Sakit Abu Yousef Al-Najjar mengatakan fasilitas medis di Rafah “tidak dapat menangani banyaknya korban luka akibat pemboman pendudukan Israel.”

Rekaman yang ada menunjukkan pemandangan kacau di dalam rumah sakit Al Kuwait di Rafah, dengan petugas medis mencoba menyadarkan seorang anak yang tidak bergerak dalam satu adegan dan adegan lainnya menunjukkan dokter merawat seorang pria yang terluka di lantai rumah sakit. Dalam video lainnya, seorang perempuan tampak tak merespons sambil menggendong jenazah anak yang dibalut kain putih.

Setidaknya dua masjid dan sekitar selusin rumah menjadi sasaran serangan tersebut, kata pemerintah kota Rafah pada hari Senin.

Militer Israel mengonfirmasi bahwa pihaknya melakukan “serangkaian serangan” terhadap apa yang dikatakannya sebagai sasaran di daerah Shaboura di Rafah dan bahwa dua sandera Israel diselamatkan dalam “operasi khusus”.

Dalam pernyataan bersama, Pasukan Pertahanan Israel, Badan Keamanan Israel Shin Bet dan Polisi mengidentifikasi para sandera sebagai Fernando Simon Marman, 60, dan Louis Har, 70, dan mengatakan mereka diculik oleh Hamas pada 7 Oktober dari Kibbutz Nir Yitzhak.

“Mereka berdua dalam kondisi medis baik dan dipindahkan untuk pemeriksaan medis di rumah sakit Sheba Tel Hashomer,” kata pernyataan itu seperti diwartakan oleh CNN.

Juru bicara IDF Daniel Hagari mengatakan kepada wartawan bahwa “operasi rahasia” untuk mengamankan para sandera dimulai pada pukul 1:49 pagi waktu setempat, dan serangan udara di Rafah diluncurkan satu menit kemudian.

 


Hamas mengutuk serangan Israel tersebut

Serangan itu menghantam 14 rumah dan tiga masjid di berbagai wilayah di Rafah. (MOHAMMED ABED/AFP)

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Hamas mengutuk apa yang mereka katakan sebagai “pembantaian mengerikan” yang dilakukan Israel terhadap warga sipil di Rafah.

Serangan militer Israel terhadap Rafah “dan pembantaian mengerikan terhadap warga sipil yang tidak berdaya dan anak-anak, wanita, dan orang tua yang terlantar… dianggap sebagai kelanjutan dari perang genosida dan upaya pemindahan paksa yang dilakukan terhadap rakyat Palestina,” kata Hamas.

Lebih dari 1,3 juta orang – lebih dari separuh populasi Gaza – mencari perlindungan di Rafah, dan sebagian besar orang yang mengungsi dari wilayah lain di wilayah kantong yang terkepung itu berdesakan di kota tenda yang luas.

Terdapat kekurangan makanan, air, obat-obatan dan tempat tinggal yang parah, dan kota ini digambarkan sebagai “penanak nasi yang menimbulkan keputusasaan” oleh juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), Jens Laerke.

Rafah telah mengalami serangan udara dari pasukan Israel selama berbulan-bulan, namun pemboman pada hari Senin telah meningkatkan kekhawatiran bahwa serangan darat Israel akan mengakibatkan pertumpahan darah, dan mereka yang terjebak di kota yang padat penduduk tersebut tidak memiliki jalan keluar yang tersisa.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, lebih dari 28.100 orang telah terbunuh di wilayah kantong tersebut sejak 7 Oktober.


Israel Bebaskan 2 Sandera Usai Serang Rafah di Gaza Selatan

Warga Palestina memeriksa kerusakan di sekitar bangunan tempat tinggal setelah serangan udara Israel di kamp pengungsi Rafah di Jalur Gaza Selatan pada 1 Desember 2023, (SAID KHATIB/AFP)

Israel mengatakan dua sandera laki-laki berhasil diselamatkan dalam serangan ke Rafah. Menurut militer Israel kedua pria itu berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

Sebelumnya, Bulan Sabit Merah Palestina mengumumkan Rafah sedang diserang dan sejumlah korban jiwa berjatuhan.

Dalam pernyataannya di media sosial, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyebutkan bahwa selama operasi gabungan antara IDF, ISA (Badan Keamanan Israel atau Shin Bet), dan Polisi Israel, dua sandera Israel dari Kibbutz Nir Yitzhak diselamatkan. Mereka adalah Fernando Simon Marman (60) dan Louis Har (70). Demikian seperti dilansir BBC, Senin (12/2/2024).

Para sandera yang diselamatkan dibawa ke Sheba Medical Center di Israel tengah untuk menjalani pemeriksaan.

Selengkapnya...


Mesir Ancam Tangguhkan Perjanjian Camp David Jika Pasukan Israel Masuki Rafah

Asap mengepul selama pemboman Israel di atas Rafah di Jalur Gaza selatan pada 12 Februari 2024. (SAID KHATIB/AFP)

Mesir mengancam menangguhkan perjanjian perdamaian dengan Israel jika negara itu melancarkan operasi darat ke kota perbatasan Jalur Gaza, Rafah. Demikian dikonfirmasi oleh dua pejabat Mesir dan seorang diplomat Barat seperti dilansir AP, Senin (12/2/2024), seraya menambahkan bahwa serangan ke Rafah dapat menutup jalur utama pasokan bantuan.

Ancaman untuk menangguhkan Perjanjian Camp David, yang merupakan landasan stabilitas regional selama hampir setengah abad, muncul setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan pengiriman pasukan Israel ke Rafah diperlukan demi memenangkan perang melawan Hamas.

Lebih dari separuh penduduk Jalur Gaza yang berjumlah sekitar 2,3 juta jiwa telah mengungsi ke Rafah untuk menghindari pertempuran di daerah lain. Mesir sendiri disebut punya kekhawatiran atas banjir pengungsi dari Jalur Gaza.

Selengkapnya...

Infografis Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya