Jokowi: Bantuan Pangan Beras Diupayakan untuk Diperpanjang hingga Juni

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa pemenuhan kebutuhan pangan menjadi prioritas pemerintah saat ini.

oleh Fachri pada 16 Feb 2024, 21:55 WIB
Presiden Jokowi mengecek ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Cibitung, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo memastikan bahwa pemenuhan kebutuhan pangan menjadi prioritas pemerintah saat ini. Ia pun mengatakan, program-program pemerintah yang berdampak langsung ke masyarakat seperti Bantuan Pangan sedang diupayakan diperpanjang hingga bulan Juni.

"Diseluruh dunia saat ini sedang terjadi krisis pangan jadi harga beras mengalami kenaikan, tapi di negara kita rakyat kita bantu dengan Bantuan Pangan Beras ini sebanyak 10 kg per bulan," ujarnya saat mengecek ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Cibitung, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024).

"Bantuan ini akan disalurkan sampai dengan Juni dan seterusnya melihat kondisi APBN," imbuh Jokowi.

Senada dengan itu, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengungkapkan bahwa Bantuan Pangan Beras sudah mulai disalurkan kembali sejak Kamis (15/2/2024) serentak seluruh Indonesia setelah libur beberapa hari saat masa tenang Pemilu.

"Bantuan Pangan beras disalurkan kembali pasca Pemilu dan kembali ditegaskan program ini tidak memiliki keterkaitan dengan kepentingan apa pun, sehingga dapat dipastikan tujuannya adalah membantu pemenuhan pangan masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.


Stok Beras Cukup

Masyarakat menerima bantuan pangan. (Foto: Istimewa)

Direktur Utama Perum BULOG, Bayu Krisnamurthi menjelaskan bahwa BULOG sudah menyiapkan stok Cadangan Beras Pemerintah dengan baik untuk pelaksanaan program-program seperti Bantuan Pangan Beras.

"Stok beras yang dikuasai BULOG saat ini ada sebanyak 1,4 juta ton dan sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran Bantuan Pangan Beras sampai dengan bulan Juni, penyaluran beras SPHP dan menghadapi puasa serta lebaran," jelasnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi mengecek ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Cibitung dan kembali menyerahkan langsung Bantuan Pangan Beras kepada Keluarga Penerima Manfaat di Cikarang Barat Bekasi, Jumat (16/2/2024).

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya