6 Rekomendasi Kuliner Street Food Viral di Jakarta

Kota Jakarta tidak hanya dikenal dengan kepadatan dan gedung-gedungnya yang tinggi saja. Tetapi terdapat sejumlah lokasi kuliner viral yang bisa dikunjungi oleh pecinta kuliner.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 18 Feb 2024, 20:00 WIB
Cuaca Jakarta Cerah Berawan (Istimewa)

Liputan6.com, Bandung - Kota Jakarta tidak hanya dikenal sebagai kota dengan gedung bertingkatnya dan kepadatan penduduknya. Kota ini juga memiliki sisi menariknya terutama dalam kuliner jalanan atau street food yang menggugah selera.

Di antara padatnya jalanan dan tingginya gedung pencakar langit terdapat warung-warung hingga penjual makanan kaki lima yang menyajikan hidangan nikmat di Jakarta. Maka dari itu ketika berkunjung ke Jakarta pastikan untuk mencicipi makanan tersebut.

Setiap sudut di Jakarta juga menyajikan sejumlah variasi jajanan viral yang patut untuk dicoba. Mulai dari makanan manis, asin, pedas, gurih, cemilan, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Melansir dari beberapa sumber di media sosial kuliner di Ibu Kota juga sangat bervariasi dan dikenal mempunyai rasa yang nikmat. Bahkan beberapa tempat selalu dipenuhi oleh pengunjung karena ciri khas rasanya yang membuat banyak orang selalu ingin kembali.

Sajian makanan populer yang ada di Jakarta salah satunya adalah menu makanan kerak telor. Seperti kita ketahui kerak telor adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari campuran beras ketan, telur, udang, bawang merah, dan bumbu-bumbu rempah khas lainnya.

Makanan dari daerah lain juga bisa ditemukan di area Street Food yang ada di Jakarta. Sehingga ada banyak pilihan yang bisa dikunjungi ketika mencari sajian kuliner nikmat ketika berada di Ibu Kota.


6 Rekomendasi Kuliner Street Food Viral di Jakarta

Kuliner Malam Jumat: Gultik Mas Tondo di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Henry)

1. Gultik Blok M

Gultik merupakan salah satu kuliner Street Food yang sangat viral di Jakarta beberapa tahun terakhir ini. Pasalnya makanan ini biasanya tersedia di Jakarta Selatan tepatnya di kawasan Blok M.

Pengunjung bisa menemukan banyak pedagang gultik di sepanjang tikungan Jalan Mahakam dan buka pada waktu malam hari. Nama Gultik sendiri berarti Gulai Tikungan sehingga makanan ini terbuat dari daging sapi dan cita rasa seperti masakan Solo.

Namun yang membedakan Gultik di Jakarta menggunakan daging sapi yang empuk dan gurih dan disesuaikan dengan selera orang Jakarta.

2. Sate Taichan Senayan

Sate Taichan merupakan makanan yang berisi daging ayam yang dibakar tanpa baluan bumbu kacang atau kecap seperti sate-sate lainnya. Sate ini hanya menggunakan daging ayam atau daging lainnya dengan sambal khas yang nikmat.

Sate Taichan Senayan merupakan salah satu kuliner viral di Jakarta yang berada di penjual kaki lima daerah Senayan, Jakarta Selatan. Sate ini bisa dinikmati malam hari terutama ketika di akhir pekan.


Rekomendasi Kuliner Street Food Viral di Jakarta

Suasana lapak pedagang kaki lima (PKL)di Jalan Sabang atau H Agus Salim, Jakarta, Jumat (27/8/2021). Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan satu juta PKL untuk mendapatkan bantuan senilai Rp1 juta dalam bentuk tunai. (Liputan6com/Faizal Fanani)

3. Kuliner Jalan Sabang

Kuliner Jalan Sabang merupakan tempat street food viral di Jakarta yang sudah sangat terkenal di antara warga lokal. Bahkan sajian kuliner di kawasan jalan Sabang ini sudah pernah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo.

Diketahui kuliner di Jalan Sabang sangat bervariasi mulai dari makanan Seafood, Nasi Goreng, Sate, Bakmi, Nasi Gandul, dan masih banyak lagi.

4. Street Food Menteng

Menteng menjadi salah satu tempat yang menyajikan jajanan atau kuliner beragam yang lokasinya ada di Kawasan Menteng, Jakarta. Makanan yang ada di tempat ini sangat bervariasi dan menjadi surganya bagi para pecinta kuliner.

Bahkan beberapa tempat di kawasan Menteng menyajikan makanan nikmat mulai dari Gohyong, Bubur, Nasi Uduk, Nasi Goreng, dan masih banyak lagi.


Rekomendasi Kuliner Street Food Viral di Jakarta

Suasana warung nasi kapau di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Senin (19/10/2020). Pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali ke fase transisi disambut baik oleh para pelaku usaha kuliner karena pengunjung dapat kembali bersantap di tempat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

5. Kawasan Kuliner Pasar Senen

Kawasan Stasiun Pasar Senen juga menyajikan tempat makan street food atau tempat makan yang buka selama 24 jam. Kawasan ini cocok dikunjungi ketika menunggu keberangkatan kereta atau baru pulang menaiki kereta.

Salah satu makanan populer yang ada di kawasan Pasar Senen di antaranya Nasi Kapau Uni Pipik, Es Teller 77, Coto Makassar, hingga jajanan-jajanan lainnya.

6. Kuliner Rawamangun

Kuliner di kawasan Rawamangun cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta kuliner yang ingin mencicipi makanan legendaris. Diketahui makanan di kawasan tersebut ada yang berdiri sejak belasan tahun lalu dan masih berdiri hingga sekarang.

Misalnya saja menikmati makanan Asinan Betawi H. Mansyur Kamboja, Sate Padang H. Ajo Manih, Seafood Tiga Dara, Bakso Gepeng Pak Jangkung, dan masih banyak lagi yang bisa dijelajahi di kawasan Rawamangun.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya