Gibran Temui Prabowo di Kertanegara

Calon wakil presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka menyambangi kediaman capres pasangannya Prabowo Subianto di kediaman Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024).

oleh Tim News diperbarui 23 Feb 2024, 19:17 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka menyambangi kediaman capres Prabowo Subianto di kediaman Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden (cawapre) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka menyambangi kediaman calon presiden (capres) Prabowo Subianto di kediaman Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024).

Gibran terlihat turun dari Toyota Innova hitam dengan memakai kemeja cokelat sekitar pukul 17.08 WIB.

Putra sulung Presiden Jokowi itu tak banyak bicara saat ditanya apakah bakal membahas tentang program makan siang gratis maupun kabinet pemerintahannya jika sudah ditetapkan sebagai pemenang pilpres 2024.

"Tunggu nantilah ya, ya nanti aja," kata Gibran Rakabuming Raka saat tiba di Kertanegara.

Sementara itu, Prabowo Subianto terlihat datang belakangan pada pukul 17.52 WIB. Sejak siang tadi Prabowo berada di Kementerian Pertahanan untuk menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles MP.

Sebelumnya, cawapres Gibran Rakabuming Raka mengaku bakal bertemu capres Prabowo Subianto untuk membahas satu jabatan menteri yang bakal mengurusi masalah makan siang dan susu gratis.

Pernyataan Gibran dikemukakan setelah sejumlah awak media menanyakan ihwal pos kementerian baru tersebut.

Wali Kota Solo itu mengaku sebelumnya sudah membicarakan permasalahan tersebut dengan Prabowo Subianto. Sehingga, dirinya akan bertemu Prabowo untuk mematangkan rencana itu.

"Sudah, nanti malam saya ketemu," ujar Gibran, Kamis (22/2/2024).


Deretan Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat kepada Prabowo

Calon presiden (caprea) nomor urut 02 Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar (Dubes China) untuk Indonesia, Lu Kang di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (18/2/2024). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Sejumlah tokoh dunia sudah memberikan ucapan selamat kepada capres Prabowo Subianto yang unggul telak dari dua kompetitornya berdasarkan quick count berbagai lembaga survei maupun real count Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ucapan tersebut diutarakan dalam akun X resmi milik beberapa kepala negara hingga media massa. Salah satu ucapan datang dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Ucapan selamat itu disampaikan melalui keterangan yang dimuat laman web Kremlin.

"Yang terhormat Tuan Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat yang tulus atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden," bunyi pesan selamat Putin, Kamis, 22 Februari 2024.

Selain itu, Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak juga telah mengucapkan selamat kepada Prabowo sebagaimana yang diunggah di akun X @prabowo.

Ucapan tersebut dikirim Sunak melalui sebuah surat resmi dari Downing Street. Selain bertuliskan ucapan selamat, isi surat juga berisi peringatan diplomasi Indonesia-Inggris yang memasuki usia 75 tahun.

Sunak juga mengatakan bakal meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Inggris, salah satu kerja sama yang direncanakan oleh Sunak adalah pembahasan soal krisis iklim melalui upaya peralihan ke energi alternatif.

Tidak hanya itu, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. atau Bongbong Marcos lewat akun X juga mengucapkan selamat kepada Prabowo.

"Saya berharap dapat memperdalam hubungan bilateral PH dengan Indonesia, tetangga dekat dan mitra di ASEAN, terutama saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini," kata Marcos.

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese adalah salah satu yang pertama mengucapkan selamat kepada Indonesia dan Prabowo. Melalui akun X, ia mengucapkan selamat kepada Prabowo karena menjadi calon presiden terpilih Indonesia versi hitung cepat.

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang hari ini berbicara dengan Prabowo yang memiliki keunggulan jelas dalam hal resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia," tulis Albanese.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024."


Ganjar Dorong Hak Angket Usut Kecurangan Pilpres 2024

Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo. (Delvira Hutabarat/Liputan6.com).

Sementara itu, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mendorong partai pengusungnya menggulirkan hak angket dugaan kecurangan pemilu 2024.

Menurut Ganjar, hak angket yang merupakan hak penyelidikan DPR RI, menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawaas Pemilu (Bawaslu) terkait dengan penyelenggaraan pilpres 2024 yang sarat dengan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif.

Ganjar menegaskan dugaan kecurangan pemilu 2024 mesti disikapi, dan parpol pengusung dapat menggulirkan atau mengusulkan hak angket di DPR.

"Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada pilpres 2024," kata Ganjar Pranowo, dalam keterangannya, Senin (19/2/2024).

Mantan gubernur Jawa Tengah ini menjelaskan, usulan untuk menggulirkan hak angket di DPR oleh partai pengusung Ganjar-Mahfud, dalam hal ini PDI Perjuangan (PDIP) dan PPP, telah disampaikannya dalam rapat koordinasi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud pada 15 Februari 2024.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga membeberkan ribuan pesan yang masuk dari relawan dan masyarakat berupa foto, dokumen, atau video atas berbagai dugaan kecurangan pemilu 2024.

Terkait dengan itu, Ganjar meminta PDIP dan PPP untuk mendorong hak angket di DPR yang merupakan hak anggota DPR untuk melakukan penyelidikan atas dugaan kecurangan pemilu yang melibatkan banyak lembaga negara.

Menurut dia, ketelanjangan dugaan kecurangan pada pilpres 2024 tidak boleh didiamkan begitu saja oleh DPR, terlepas apa pun kepentingan politik dan dukungan pada paslon tertentu.

Ganjar juga mendorong anggota dewan di Parlemen untuk menggelar sidang atau memanggil para penyelenggara pemilu untuk diminta pertanggungjawaban. Hal itu, menjadi fungsi kontrol dari DPR.

"Kalau ketelanjangan dugaan kecurangan didiamkan, maka fungsi kontrol enggak ada. Yang begini ini mesti diselidiki, dibikin pansus, minimum DPR sidang, panggil, uji petik lapangan," ungkap Ganjar.


Anies Dukung Wacana Hak Angket Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Posko Tim Hukum AMIN membeberkan dugaan kecurangan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyambut baik wacana hak angket di DPR RI  yang diusulkan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo sebagai sikap atas adanya dugaan kecurangan pemilu 2024.

"Ketika kita mendengar akan melakukan (hak angket), kami melihat itu ada inisiatif yang baik," kata Anies di Posko Tim Hukum AMIN, Mampang Square, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Anies juga optimistis dengan kekuatan PDIP sebagai partai politik terbesar di parlemen. Oleh sebab itu, dia meyakini parpol yang tergabung dalam Koalisi Perubahan yakni Partai NasDem, PKB, dan PKS juga siap mengambil bagian.

"Dan ketika Pak Ganjar menyampaikan keinginan untuk melakukan angket itu, Faksi PDI Perjuangan adalah fraksi yang besar. Kami yakin bahwa Koalisi Perubahan, Partai NasDem, Partai PKB, Partai PKS akan siap untuk bersama-sama," ucap Anies Baswedan.

Hak angket, lanjut dia, bakal membuka peluang dugaan kecurangan pemilu 2024 dapat berproses lebih lanjut hingga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Anies berujar, Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) siap terlibat bersama untuk memberikan data-data penunjang.

"Jadi saya memandang dengan adanya inisiatif angket proses di DPR bisa berjalan. Kami siap dengan data-datanya," ujar Anies.

"Dan, di bawah kepemimpinan fraksi terbesar, maka proses DPR bisa berjalan. Saya yakin partai Koalisi Perubahan siap untuk menjadi bagian dari itu," kata Anies Baswedan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis 6 Quick Count Lembaga Survei dan Real Count KPU di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya