Usung Perubahan di Pilkada 2024, PKB Tetap Buka Komunikasi dengan Parpol Lain

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), bakal mengusung misi perubahan di pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 04 Mar 2024, 18:26 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024) (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), bakal mengusung misi perubahan di pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak 2024. Opsi untuk melanjutkan koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan NasDem di Pilkada serentak pun terbuka lebar.

"Semangat kami adalah semangat perubahan. Kebetulan kami sudah punya kemistri yang cukup baik selama Pilpres ini," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

"Di dalam agenda Pilkada 2024 koalisi yang terbangun dari PKB PKS dan NasDem akan menjadi bagian salah satu opsi dalam rangka mengusung beberapa calon di daerah-daerah di seluruh Indonesia," lanjut dia.

Meski begitu, Huda mengaku partainya tak menutup untuk tetap berkomunikasi dengan partai politik (parpol) lainnya. Namun, kata Huda dengan tidak mengabaikan semangat perubahan.

"Tentu semangatnya kita letakkan pada semangat perubahan yang berbasis kepada daerah-daerah, baik provinsi kabupaten maupun kota di seluruh Indonesia," kata dia.


Kursi Bertambah

Lebih lanjut, Huda menyampaikan, saat ini merujuk hasil sementara Pemilu 2024 kursi PKB baik di level DPRD kabupaten maupun DPRD provinsi naik secara signifikan.

Dia menyebut, kenaikan suara PKB itu terjadi wilayah-wilayah di luar basis tradisional seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB, dan NTT.

"Hal ini menjadi modal kuat bagi PKB untuk mengusung calon-calon terbaik di masing-masing daerah untuk menduduki posisi sebagai gubernur, bupati,maupun wali kota," ucap Huda.


Public Meetup PKB

Kendati membuka ruang koalisi bersama parpol lain, PKB mengutamakan bekerja bersama partai politik dalam Koalisi Perubahan yang mengusung capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Kami juga mengundang calon-calon kepala daerah terbaik untuk maju bersama PKB," kata dia.

Lebih lanjut, Huda menyatakan pihaknya akan menyiapkan mekanisme 'Public Meetup PKB' atau temu publik PKB untuk memastikan peran publik menentukan kepala daerah yang akan diusung PKB di Pilkada serentak 2024.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya