Hino Luncurkan Fasilitas Uji KIR Swasta Pertama di Giicomvec 2024

Hino meluncurkan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (uji KIR) Swasta miliknya yang menggandeng pemerintah Kota Tangerang di Giicomvec.

oleh Khizbulloh Huda diperbarui 07 Mar 2024, 20:12 WIB
Hino Luncurkan Fasilitas Uji KIR Swasta Pertama di GIICOMVEC 2024. (Liputan6.com/Khizbulloh Huda)

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda di booth PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) pada hari pertama pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo atau Giicomvec 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/3/2024). Panggungnya diramaikan jajaran pejabat, lantaran dalam acara ini Hino meluncurkan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (uji KIR) Swasta miliknya yang menggandeng pemerintah Kota Tangerang.

Merupakan suatu hal baru bagi ranah uji kelayakan di Indonesia untuk diurus swasta. Kali ini, inisiasi tersebut berhasil dipenuhi oleh Hino.

Dihadiri Pj Wali Kota Tangerang Nurdin, peresmian ini diwarnai penandatanganan kerjasama antara pemerintah dan swasta di atas panggung Hino. Ia memberikan apresiasi pada Hino dan Kementerian Perhubungan yang telah memungkinkan kerjasama ini terjalin. Menurutnya, keikutsertaan dunia usaha di dalam memberikan layanan uji KIR jugalah penting.

"Pada kesempatan ini, kami menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Perhubungan yang telah memperbaiki, yang sudah menyempurnakan regulasi dan memberi ruang kepada dunia usaha untuk ikut serta di dalam uji kelayakan ini," ujar Nurdin.

"Kami juga memberikan terima kasih, apresiasi kepada Hino yang telah memilih Tangerang sebagai tempat untuk servisnya, pelatihan SDM, dan hal-hal yang terkait dengan itu. Selama ini kami merasakan kehadiran Hino di Tangerang sangat bermanfaat dan sangat mendukung program kerja kami, Pemerintah Kota, untuk terus meningkatkan layanan kepada Masyarakat terutama layanan transportasi," tandasnya.

 


Terintegerasi dengan Bengkel Resmi Hino

Hino Luncurkan Fasilitas Uji KIR Swasta Pertama di GIICOMVEC 2024. (Liputan6.com/Khizbulloh Huda)

Sadar sebagai produsen kendaraan niaga yang wajib melakukan uji kelayakan jalan, HMSI memperlebar sektor layanannya sebagai penyedia fasilitas uji KIR sebagai perwujudan komitmennya mendukung kemajuan industri transportasi Indonesia

Nantinya, fasilitas pengujian berkala tersebut akan langsung terintegerasi dengan layanan perawatan dan perbaikan bengkel resmi Hino.

Walau diinisiasi Hino, layanan ini tak sebatas dapat dinikmati oleh kendaraan niaga produksi miliknya seorang. Uji kir yang ditawarkan mencakup seluruh merek baik Hino maupun non Hino untuk melakukan perpanjangan masa berlaku 6 bulanan.

Hino juga sadar akan pembangunan sumber daya manusia sebagai tulang punggung keselamatan dan keamanan. After Sales & Technical Director HMSI, Irwan Supriyono mengungkapkan unit pengujian Hino dijanjikan dihuni penguji berintegritas tersertifikasi kompetensi resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

"Layanan uji berkala kendaraan bermotor milik HMSI, memiliki SDM Penguji berintegritas yang memiliki sertifikat kompetensi resmi dari Dirjen Perhubungan Darat, dan metode pengujian yang mengikuti regulasi Pemerintah ditambah dengan inspeksi standar APM Hino, sehingga menghasilkan kualitas hasil uji yang dapat dipertanggung jawabkan, serta rekomendasi perbaikan tepat, langsung di bengkel resmi Hino," ungkap Irwan Supriyono, After Sales & Technical Director HMSI.

 


Hino Pamerkan 4 Kendaraan Niaga di Giicomvec

Hino Motors Sales Indonesia dapat apresiasi dari Ditjen Hubdar (Hino)

Dalam helatan pameran ini, Hino tak lupa memamerkan 4 produk kendaraan niaga andalannya di booth miliknya yang terletak di Hall B Jakarta Convention Center, dan di area outdoor.

Dirjen Perhubungan Darat, Hendro juga turut hadir dan sempat menjajal interior dari Hino 500 – FM 280 JD Mining, salah satu lini dump truck spesialis pertambangan Hino yang ditampilkan di Giicomvec 2024, ditemani COO Director HMSI, Santiko Wardoyo.

Selain itu, terdapat juga truk ringan multipurpose Hino 300 – 136 HD, truk berat spesialis off-road dan area pertambangan Hino 700 – ZY 5041 8x4, dan bus mesin Euro4 berpelengkap air suspension Hino Bus RM 280 ABS.

Sementara di area outdoor ditempatkan unit truk roda empat berpenggerak all-wheel drive yang andal melibas areal Perkebunan, Hino 300 - 136 HDL 4x4.

"Booth Hino menghadirkan one stop business solution untuk semua kebutuhan kendaraan bisnis dari para pengunjung, mulai dari deretan unit yang sesuai dengan beragam kebutuhan bisnis, layanan purna jual yang membuat bisnis lebih mudah, teknologi, hingga perusahaan pembiayaan tersedia di sini," ungkap Takashi Muto, Presiden Direktur HMSI.


Infografis Mobil Kepresidenan

Mobil Kepresidenan di Indonesia

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya