Cuaca Hari Ini Jumat 8 Maret 2024: Hujan Guyur Jabodetabek Siang Nanti

Pagi hari di Jakarta jelang akhir pekan, Jumat (8/3/2024) keseluruhan langitnya diprakirakan berawan. Begitulah prediksi cuaca hari ini.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 08 Mar 2024, 23:11 WIB
Pagi hari di Jakarta jelang akhir pekan, Jumat (8/3/2024) keseluruhan langitnya diprakirakan berawan. Begitulah prediksi cuaca hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pagi hari di Jakarta jelang akhir pekan, Jumat (8/3/2024), keseluruhan langitnya diprakirakan berawan. Begitulah prediksi cuaca hari ini.

Berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca hujan ringan diprakirakan mengguyur wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu, siang nanti.

Hujan berintensitas sedang diprediksi turun siang nanti di Jakarta Barat serta waspada hujan petir di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Sedangkan malam hari nanti cuaca Jakarta diprakirakan sebagian langitnya berawan dan berawan tebal.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat cuaca pagi hari diprediksi cerah berawan, siang hujan berintensitas sedang, dan malam nanti berawan. Sedangkan wilayah Depok, Jawa Barat diprakirakan langit pagi dan malam nanti berawan, siang hari hujan sedang.

Kemudian di Kota Bogor, Jawa Barat langit paginya diprediksi BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id bakal berawan, siang waspada hujan petir, dan malam nanti hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada rentang waktu antara menjelang siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," kata BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Sementara itu di Kota Tangerang, Banten diprakirakan cerah berawan di pagi hari, siang hujan berintensitas sedang, dan malam nanti berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Sedang  Berawan Tebal
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Hujan Petir  Berawan Tebal
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara   Berawan  Hujan Petir  Berawan Tebal
 Kepulauan Seribu   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Depok   Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Kota Bogor   Berawan  Hujan Petir  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Berawan

BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat dan Angin Kencang di 27 Wilayah Indonesia

Warga menggunakan payung untuk menghidari paparan sinar matahari saat jalan di kawasan Bundara Hi, Jakarta, Jumat (14/4/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian besar daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan 27 daerah di antaranya ditetapkan berstatus waspada.

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Minggu, ke-27 daerah berstatus waspada itu meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten.  

Selanjutnya Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar untuk wilayah Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur.   

Kemudian, BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanibar pada sore hari. Sementara itu, Jambi, Banjarmasin, Palembang, Palangka Raya diprakirakan hujan sedang pada pagi hari.


Wilayah DKI Jakarta

Warga menggunakan payung melintas di kawasan Bundaran Hi, Jakarta, Sabtu (13/11/2021). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir peringatan terbaru yang berlaku 7-9 November 2021 soal peringatan cuaca ekstrem imbas dari La Nina. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemudian kota lainnya, seperti Denpasar, Ambon, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Serang, Palangka Raya, Samarinda, diprediksi hujan ringan pada siang hari.  

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar hujan ringan pada pagi, dan pada siang hari hujan disertai petir dengan kelembaban 80-90 persen, mayoritas berawan pada malam hari dengan suhu 24-30 derajat Celcius. 

Dilansir dari Antara, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan bahwa upaya kesiapsiagaan cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidro-meteorologi mesti ditingkatkan di sebagian besar wilayah Indonesia.  

Menurut dia, berdasarkan hasil analisa cuaca yang dilakukan tim diketahui setidaknya hingga 8 Maret 2024 curah hujan tinggi rata-rata berkisar 150 mm – 300 mm dan bahkan berpotensi lebih dari itu.


Waspada Gelombang Tinggi

Gelombang tinggi di laut Gunung Kidul Yogyakarta. (Liputan6.com/Sunariyah)

Selain itu pula, BMKG juga memprediksi pada Minggu 3 Maret 2024 hingga Senin 4 Maret 2024, sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi.

Hal tersebut didapatkan berdasarkan laporan peringatan dini gelombang tinggi yang diekspos pada laman media sosial Instagram @infobmkg.

Dalam laporannya, gelombang angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angina berkisar 6-25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 4-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai, Perairan Kepulauan Sangihe, Laut Sulawesi bagian timur.

Fenomena percepatan angin dan belokannya itu meningkatkan potensi gelombang laut tinggi pada diameter 1,25 - 2,5 meter, bahkan dapat mencapai 2,5 – 4 meter di sebagian besar perairan Indonesia bagian barat, tengah dan timur hingga besok pagi sekitar pukul 07.00 Senin, 4 Maret 2024.

Infografis Penjelasan Cuaca Panas Melanda Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya