Hoaks Terkini Seputar Capres-Cawapres AMIN, Simak Kumpulannya

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam hoaks terkait Capres-Cawapres AMIN

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 12 Mar 2024, 19:00 WIB
Cek Fakta foto amplop berisi uang dengan logo AMIN

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks terkait pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau AMIN masih beredar pasca Pilpres 2024, informasi bohong yang disebar pun dengan beragam konteks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks terkait Capres-Cawapres AMIN, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar Capres-Cawapres AMIN.

Video Anies-Cak Imin Ucapkan Selamat untuk Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Anies Baswedan-Cak Imin ucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wapres Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 Maret 2024.

Unggahan klaim video Anies Baswedan-Cak Imin ucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia menampilkan Anies dan Cak Imin sedang diwawancarai awak media.

Dalam wawancara tersebut Anies berbicara dengan transkrip sebagai berikut.

"Selamat buat Pak Prabowo mudah-mudahan akan bisa menjaga kehormatan, karena ini adalah kehormatan dari angkatan bersenjata."

Cak Imin pun mengeluarkan pernyataan, dengan transkrip sebagai berikut.

"Selamat semoga menjadi pengabdian"

Dalam video tersebut terdapat tulisan.

"Anies & Imin Ucapkan selamat sukses Prabowo Gibran

Anies & Imin ucapkan selamat sukses Prabowo Gibran presiden wakil presiden Indonesia 2024-2029"

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Anies & Imin

Ucapkanselamat sukses

Prabowo Gibran presiden wakil presidenIndonesia

2024 - 2029"

Benarkah klaim video Anies Baswedan-Cak Imin ucapkan selamat Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wapres Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 


Raja Arab Saudi akan Berikan Hak Pakai Tanah Jika Paslon AMIN Menang Pilpres

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Februari 2024.

Klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres berupa video Anies Baswedan sedang berbicara, berikut transkripnya.

"Terakhir kami melihat ke depan dalam jangka panjang Mari kita lihat haji umroh Indonesia itu sebagai sebuah Project yang tidak ada batas usianya.

Jangan pandang ini sebagai sebuah Project yang ada batas usianya, selama sebelum kiamat Insya Allah Kita Masih Terus mengirimkan Haji berangkat dari Indonesia.

Jadi kita harus berfikir menjangkau yang amat panjang. Artinya apa selama ini kita melihat datang haji temporer aja, numpang di tempat si si b, itu apa sih hotel ini Hotel itu hotel ini, itu numpang bukan?.

Padahal kita ada jamaah haji seumur-umur ada Indonesia seumur-umur ada umat manusia kita akan terus haji. Jadi sudah saatnya kita membangun kampung Haji Indonesia, sebagai sebuah investasi jangka panjang, kenapa? karena jelas akan ada yang datang. Setiap tahun ada yang haji setiap tahun ada yang umroh kenapa Kita selalu numpang sama yang lain? kenapa Kita tidak membuat sendiri Dan kita punya sumber dayanya di sana.

Kalau kita punya kampung haji maka harapannya ini menjadi tempat di mana peredaran dana pun akan berada di lingkar-lingkar usaha milik bangsa Indonesia, sekarang kita di sana ngeplos saja bawa uang ga muter ke kita.

Jadi kita memperkirakan kampung Haji ini bisa menampung sampai 40.000 jamaah haji, bisa umroh haji makanan Indonesia dan semua pelayanan yang membuat kita secara tujuan ibadah terjalankan kegiatan perekonomian bergerak dengan baik, lalu secara perwakilan budaya seluruh jamaah haji dunia akan bisa mampir ke kampung Indonesia dan merasakan Indonesia di tanah suci."

Vidieo tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"*JANJI RAJA ARAB SAUDI BILA PASLON AMIN NO 1 MENANG*

```Bila Anies menang dan jadi Presiden RI, Raja Arab Saudi akan memberikan Hak Pakai Tanah untuk didirikan "Kampung Haji Indonesia" ( baca Kawasan Pemukiman berupa Hotel ) untuk kegiatan Ibadah Haji dan Umroh. Beberapa negara Arab ( Kuwait, Qatar, Emirates dll. ) sudah siap menyumbang beberapa bangunan hotel berlantai 22 - seperti standard hotel yg ada di Kota Mekah.

Semoga Alloh SWT meredoi dan mengabulkan doa umat untuk kemenangan Anies - Muhaimin. ``` *AAMIIN YAA ROBBAL'ALAMIIN*

_*So, Jangan heran kalau Amin menang ONH jadi Rp 10 juta*_ _"ilustrasi KampunG Haji OranG Indonesia Di Saudi Arabia"_"

Benarkah klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....


Foto Amplop Berisi Uang dengan Logo AMIN

Beredar di media sosial postingan foto amplop berisikan uang dengan logo pasangan nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Postingan itu diunggah pada 12 Februari 2024.

Pada postingannya terdapat foto amplop dengan dua uang nominal Rp 50 ribu di dalamnya. Selain itu terdapat logo pasangan nomor urut satu Anies dan Muhaimin.

Postingan itu disertai narasi "Hasil korupsi jhoni plate BTS dan Dana Pertanian yasin limpo NASDEM buat kampanya Anies. Akibatnya internet susah, Beras mahal"

Lalu benarkah postingan foto amplop berisikan uang dengan logo pasangan nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar? Simak hasil penelusurannya di sini....


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya