Permintaan Meningkat, Pertamina Jamin Stok LPG 3 Kg di Probolinggo Aman hingga Lebaran

Kepala Bagian Komunikasi dan Hubungan Pertamina Patra Niaga Taufiq Kurniawan mengatakan, stok LPG 3 Kg untuk wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 26 Mar 2024, 15:02 WIB
Petugas Pertamina Patraniaga lakukan pengecekan ketersedian gas LPG 3 Kg di tingkat agen (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Probolinggo Konsumsi gas LPG 3 kilogram di Kota dan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, meningkat 7 persen selama bulan Ramadan.

Kepala Bagian Komunikasi dan Hubungan Pertamina Patra Niaga Taufiq Kurniawan mengatakan, stok LPG 3 Kg untuk wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan.

“Meskipun konsumsi LPG 3 Kg ada kenaikan sebesar 7 persen selama bulan Ramadan, namun stok yang tersedia masih mencukupi kebutuhan harian masyarakat,” ujar Taufiq, Selasa (26/3/2024).

Kata Taufiq, konsumsi LPG 3 Kg diperkirkan akan meningkat secara signifikan di pertengan bulan ramadan dan pada H+14 Idul Fitri.

“Peningkatan konsumsi ini disebabkan oleh peningkatan aktivitas memasak di rumah tangga selama bulan ramadan,”tambahnya

Untuk diketahui, konsumsi harian LPG 3 Kg masyarakat Kabupaten Probolinggo sebesar 33.040 tabung per hari, sedangkan Kota Probolinggo sebesar 12.880 tabung per hari.

Sementara stok LPG 3 KG di Jawa Timur saat ini terdapat 116.934 tabung atau 2,5 kali lipat dari konsumsi harian.

Namun, Pertamina Patra Niaga telah melakukan langkah antisipasi dengan menambah stok LPG 3 KG sebesar 5 hingga 15 persen untuk menghadapi  peningkatan

Diketahui konsumsi harian LPG 3 kg masyarakat Kabupaten Probolinggo sebesar 33.040 tabung per hari, sedangkan Kota Probolinggo sebesar 12.880 tabung per hari.

Sedangkan stok LPG 3 Kg di Jatim saat ini terdapat 116.934 tabung atau 2,5 kali lipat dari konsumsi harian.


Pertamina Tambah Stok LPG 3 Kg

Pasokan gas LPG 3 Kilogram di SPBE Klatak Banyuwangi Normal (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Namun, Pertamina Patra Niaga telah melakukan langkah antisipasi dengan menambah stok LPG 3 Kg sebesar 5 hingga 15 persen untuk menghadapi peningakatan konsumsi selama bulan ramadan termasuk menghadapi lebaran Idul Fitri.

“Dengan penambahan stok ini, diharapkan kebutuhan masyarakat akan LPG 3 kilogram di Kota dan Kabupaten Probolinggo dapat terpenuhi  dengan baik dan aman,”jelas Taufiq.

Selama itu, Taufiq juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan LPG 3 KG secara efisien.

“Dalam menghadapi peningkatakan konsumsi selama bulan ramadan, kami juga mengajak masyarakat untuk menggunakan LPG 3 Kg secara bijaksana dan efisien agar stok tetap mencukupi dan tidak terjadi kelangkaan,”ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap konsumsi LPG 3 Kg di Kota dan Kabupaten Probolinggo guna memastikan ketersedian stok selama bulan ramadan dan Idul Fitri.

“Kami selalu berusaha untuk memastikan ketersediaan dan distribusi LPG 3 Kg di Kota dan Kabupaten Probolinggo berjalan lancar dan aman selama bulan ramadan. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik,”pungkas Taufiq

Infografis Ahok Mundur dari Pertamina Jelang Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya