Sinergi Kaum Muda Kembangkan Ekonomi Kreatif Nasional, GEKRAFS Kampus Akan Dideklarasikan di Jakarta

Kaum muda dalam sejarah pergerakan nasional berperan mendorong percepatan pembentukan bangsa Indonesia merdeka.

oleh Tim News diperbarui 26 Mar 2024, 14:11 WIB
Pelajar dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan berkumpul di Jakarta pada Rabu (27/3) untuk mendeklarasikan sebuah gerakan baru bernama GEKRAFS Kampus di bawah naungan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kaum muda dalam sejarah pergerakan nasional berperan mendorong percepatan pembentukan bangsa Indonesia merdeka. Guna mendukung percepatan pengembangan ekonomi kreatif nasional, pelajar dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan berkumpul di Jakarta pada Rabu (27/3) untuk mendeklarasikan sebuah gerakan baru bernama GEKRAFS Kampus di bawah naungan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS).

GEKRAFS Kampus adalah lembaga semi otonom dari GEKRAFS yang bertujuan untuk mengembangkan semangat kolaborasi para pelajar dan mahasiswa di bidang ekonomi kreatif. GEKRAFS sendiri merupakan gerakan yang diinisiasi oleh masyarakat dan pelaku ekonomi kreatif sejak tahun 2018 yang menjadi wadah komunikasi, konsultasi, fasilitator, dan kemitraan bagi para pegiat ekonomi kreatif yang terintegrasi dan komprehensif.

GEKRAFS Kampus akan dipimpin secara kolektif oleh 5 (lima) orang presidium dari berbagai latar belakang, di antaranya adalah Nabilah Ayu (ex. JKT48), Salshadilla Juwita, Thadea Amirah Isaura, Hanif Alfatah, dan Ahmad (Senz) Syahndy (CEO Revival TV). Di bawahnya, ada Nuraz Anami sebagai sekretaris, Hijaz Mahesa sebagai bendahara, dan pengurus 8 Bidang GEKRAFS Kampus yang mencakup 17 sub-sektor ekonomi kreatif.

Sebagai sebuah inkubator, GEKRAFS Kampus juga akan dimentori oleh sederet nama yang memiliki reputasi cemerlang dalam industri ekonomi kreatif nasional dan internasional, sebut saja Co-founder Warna Warni Entertainment Effendy Gunawan, aktor dan produser musik Ferry Ardiansyah, Agency & Praktisi Social Media Arifin Ihsan, fotografer senior Darwis Triadi, Manajer JKT48 Melody Laksani, serta pelaku-pelaku ekonomi kreatif lainnya.


Bakal Diresmikan Menparekraf Sandiaga Uno

GEKRAFS Kampus akan memiliki program-program untuk mendukung terwujudnya wadah komunikasi, konsultasi, fasilitator, inkubasi, dan kemitraan bagi pelajar dan mahasiswa pegiat gerakan kreatif nasional yang terintegratif dan komprehensif.

Di antara program-program tersebut ialah Mentorship by GEKRAFS Kampus dan MAGANG by GEKRAFS Kampus. Melalui program tersebut, GEKRAFS Kampus bercita-cita mencetak pengusaha dan pekerja kreatif yang akan menjadi agen kemajuan bagi ekonomi kreatif nasional masa depan.

Deklarasi GEKRAFS Kampus akan dilakukan di Hotel Sultan, Jakarta pada tanggal 27 Maret 2024 dalam rangkaian kegiatan Rakornas ke-5 GEKRAFS sekaligus Silaturahmi Nasional Pelaku Ekraf.

GEKRAFS Kampus direncanakan akan diresmikan langsung oleh Ketua Dewan Pembina GEKRAFS sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno. 

Infografis Destinasi wisata berkelanjutan di Indonesia dan dunia (Liputan6.com/Triyasni)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya