6 Oleh-Oleh Jakarta Tahan Lama, Cocok untuk Dibawa Mudik

Ada berbagai camilan bercita rasa manis legit dan tahan selama perjalanan mudik.

oleh Tifani diperbarui 10 Apr 2024, 16:00 WIB
Pemprov Jakarta melepas total 12.170 peserta mudik gratis 2024 di Monas, Kamis (4/4/2024). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam makanan khas Jakarta yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh mudik. Tidak hanya makanan tradisional, ada banyak makanan kekinian yang juga cocok di bawa pulang kampung.

Ada berbagai camilan bercita rasa manis legit dan tahan selama perjalanan mudik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi oleh-oleh Jakarta.

1. ChocBan

Viral sejak beberapa tahun yang lalu nama Chocban Jakarta sudah cukup familiar, di kalangan penggemar makanan manis dan dessert. ChocBan adalah perpaduan cokelat berlapis lapisan pastry renyah dengan lelehan cokelat belgia yang premium.

Ada varian isi lainnya seperit cokelat pisang, cokelat keju, dan durian. Harga ChocBan Coklat sebesar Rp 75.000 dan ChocBan Cokelat Keju sebesar Rp 85.000.

Selain ChocBan, ada Donat Sourdough dengan berbagai isian rasa seeprti cokelat, vanilla, keju krim, dan moka. Chocban memiliki beberapa gerai yang bisa dikunjungi, salah satu tokonya di Jalan Waru Nomor 29 Pulogadung Rawamangun.

Jika tak sempat, toko kudapan ini juga membuka pesanan via online.

 


Pisang Goreng Madu Bu Nanik

2. Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Madu Bu Nanik menjadi rekomendasi oleh-oleh khas jakarta selanjutnya. Lokasi Pisang Goreng Madu Bu Nanik berada di Jalan Tanjung Duren Raya No. 67, Grogol, Petamburan, Jakarta Barat.

Jam operasional gerai ini adalah pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Untuk pisang goreng madu, satu buah pisang ukuran besar dibanderol Rp 7.500.

Paket lima pisang goreng madu Rp 37.500, 10 pisang goreng madu Rp 75.000, dan 25 pisang goreng madu Rp 187.500. Ada juga gorengan lainnya seperti, nanas, ubi, cempedak, dan nangka, dibanderol Rp 7.500 hingga Rp 9.000 per buah.

3. Roti Henis

Roti Henis merupakan toko roti yang sudah ada sejak 20 tahun yang lalu. Toko roti Jakarta ini menawarkan roti rasa baso ayam yang menjadi andalannya.

Satu buah roti rasa bakso dibanderol cukup terjangkau, yakni Rp 13.000. Roti denga isian daging ayam cincang manis yang tebal dan padat sehingga mengenyangkan.

Toko roti ini juga menyediakan paket kotak berisikan 10 roti baso ayam klasik. Toko Roti Henis berada di Jalan Raya Mangga Besar Nomor 27 9, Mangga Besar, Taman Sari, Kota Jakarta Barat. dan buka dari pukul 07.00 hingga 20.30 WIB.

4. Tape Uli Betawi

Tape uli adalah makanan tradisional khas Betawi yang terbuat dari tape ketan hitam dan uli. Uli sendiri adalah beras ketan kukus yang dibuat dari beras ketan, pandan, dan santan.

Tape uli memiliki rasa manis dan asam. Tape uli melambangkan keeratan ikatan persaudaraan atau kekeluargaan.

Di budaya Betawi, tape uli biasa disajikan pada saat Lebaran.

5. Jakarta Cheese Factory

Jakarta Cheese Factory (JCF) merupakan oleh-oleh khas Jakarta yang menyediakan berbagai menu seperti chiffon cheese, brownies, hingga bolen keju. Menu-menu JCF dapat tahan 3-4 hari di suhu ruang, sehingga dapat untuk dibawa mudik lebaran dengan perjalanan yang tidak begitu jauh.

6. Roti Buaya

Roti Buaya merupakan makanan khas dari Jakarta. Makanan ini biasanya ada dalam acara pernikahan adat Betawi.

Selain disajikan saat pernikahan, roti buaya juga bisa menjadi oleh-oleh Lebaran dari Jakarta. Roti dengan bentuk seperti hewan buaya ini memiliki tekstur yang sangat lembut.

Saat ini, Roti Buaya memiliki beragam isian, mulai dari keju, cokelat, hingga strawberry. Oleh-oleh Jakarta ini dibanderol mulai harga Rp 15.000 dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko kue.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya