Catat, 6 Rekomendasi Tempat Kue Pancong Enak di Jakarta

Kue Pancong merupakan cemilan tradisional khas Betawi yang memiliki rasa nikmat. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat makan kue pancong enak di Jakarta.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 20 Apr 2024, 16:00 WIB
Kue Pancong Bulak/copyright Gojek

Liputan6.com, Bandung - Kue Pancong adalah makanan tradisional khas Indonesia yang mempunyai cita rasa unik menggugah selera. Makanan ini memiliki rasa yang berpadu dari gula merah, gurihnya kelapa parut, hingga aroma wangi santan.

Saat ini, kue pancong bahkan hadir dengan sejumlah rasa yang bervariasi untuk bisa dipilih para penikmatnya. Diketahui kue pancong merupakan makanan ringan atau cemilan nikmat yang menjadi favorit banyak orang.

Kue ini berasal dari Betawi, Jakarta yang diolah dengan cara dipanggang dalam cetakan khusus yang disebut “Pancong”. Cetakan tersebut memiliki bentuk yang unik karena terdapat lubang-lubang kecil di bagian bawahnya dan membuat kuenya berbentuk seperti kue pukis.

Rasa kue pancong identik dengan perpaduan rasa manis dan gurih dari kelapa parut. Kemudian pada bagian dalam kuenya ada yang memiliki tekstur lembut hingga lumer yang menyebarkan aroma harum nikmat.

Para pecinta kuliner wajib untuk mencicipi kue pancong ke daerah asalnya yaitu Jakarta. Selain mencicipi rasa original dari kue pancong pengunjung juga wajib mencicipi variasi rasa lainnya yang populer seperti cokelat, keju, dan lain-lain.

Sebagai camilan manis yang nikmat kue pancong cocok dinikmati pada waktu untuk menikmati camilan. Kemudian makanan ini bisa ditemukan di beberapa tempat mulai dari street food hingga acara festival budaya makanan.

Melansir dari beberapa sumber berikut ini rangkuman tempat makan kue pancong yang dikenal enak di Jakarta.


6 Kue Pancong Enak di Jakarta

Kue pancong Betawi hadir di Kafe Betawi Citos. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

1. Pancong Bulungan

Pancong Bulungan menjadi salah satu tempat makan kue pancong nikmat di kawasan Blok M. Tempat ini bahkan disebut legendaris karena sudah ada sejak tahun 80an dan memiliki adonan kue pancong yang lumer.

Salah satu menu populer di Pancong Bulungan adalah menu rasa cokelat dan rasa durian yang disukai para pecinta durian. Harga satu porsi kue pancong Bulungan juga cukup terjangkau mulai dari Rp 10 ribu.

Bagi pengunjung yang ingin mencicipi pancong bulungan bisa langsung datang ke kawasan Blok M.

2. Toko Kue Pancong Lumer Burjo

Pancong Lumer Burjo dikenal dengan menu pancong lumernya yang ada di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Tempat ini memiliki berbagai variasi menu kue pancong dan yang paling terkenal adalah topping cokelat keju.

Diketahui pancong lumer burjo juga memiliki menu pancong original yang dijual dengan harga mulai dari Rp 10 ribu. Tempat ini juga menyajikan menu minuman dan makanan seperti mi rebus dan lain-lain.

Melansir dari ulasan Google Pancong Lumer Burjo memiliki rating 4.5 dari total 129 ulasan pengguna. Lokasinya ada di Jl. Raya Duri Kosambi No.71 6, RT.10/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.


Rekomendasi Berikutnya

Pancong Setengaj Matang Keju, salah satu menu andala di Warung Pancong Rawa Belong. (Liputan6.com/Henry)

3. Toko Kue Pancong Rawa Belong

Tempat ini dikenal sebagai tempat nongkrong beberapa anak muda di Jakarta dan memiliki menu pancong nikmat. Sama seperti toko kue pancong lainnya tempat ini juga menyediakan menu kue pancong original dan beberapa variasi menarik lainnya.

Menu yang paling populer adalah kue pancong coklat, keju, dan nutella yang dibanderol dengan harga ramah di kantong. Melansir dari ulasan di Google Kue Pancong Rawa Belong mempunyai rating 4.3 dari total 3.975 pengguna.

Lokasinya ada di Jl. Sulaiman No.10, RT.10/RW.3, Sukabumi Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

4. Pancong Rest Coffee

Pancong Rest Coffee merupakan kedai ngopi di Jakarta yang menyediakan menu kue tradisional khas Betawi yaitu kue pancong. Tempat ini juga menjual menu makanannya dengan harga yang terjangkau dan ramai dikunjungi oleh anak muda.

Pengunjung bisa menikmati hidangan kue pancong nikmat bersama sajian teh atau kopi hangat. Berdasarkan ulasan di Google tempat ini meraih rating 4.5 dari total 7.823 pengguna yang pernah mengunjungi tempat tersebut.

Pancong Rest Coffee berlokasi di Jl. I Gusti Ngurah Rai No.2, Klender, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.


Selanjutnya

Kue buroncong atau pancong, penganan khas Bugis-Makassar diserbu warga yang memadati area Car Free Day (CFD) di Pantai Losari, Makassar. (Liputan6.com/Ahmad Yusran)

5. Warpan (Warung Pancong)

Warpan (Warung Pancong) merupakan destinasi kelima yang harus dikunjungi untuk menikmati sajian pancong nikmat. Tempat ini sering jadi tempat nongkrong anak muda sambil menikmati pancong dengan berbagai varian rasa.

Melansir dari media sosial Instagramnya Warpan memiliki menu pancong mulai dari rasa original, chocomaltine, hingga regal. Melalui ulasan Google tempatnya meraih rating 4.8 dari total 768 pengguna.

Warpan berlokasi di Jl. Monumen Pancasila Sakti No.28B, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 01.00.

6. Pancong Loilo

Pancong Loilo merupakan cafe kekinian yang memiliki menu kue pancong dengan berbagai macam rasa. Tempatnya tidak hanya nyaman untuk bersantai lama sambil menikmati pancong tetapi juga menyajikan menu makanan dan minuman lainnya.

Diketahui menu pancong di tempat ini dijual mulai dari Rp 10 ribu untuk rasa original dan memiliki menu unik pancong pelangi. Mengutip dari Google tempatnya mempunyai rating 3.1 dari total 43 ulasan.

Lokasi Pancong Loilo ada di Jl. Gunung Pangrango No.15, RT.13/RW.10, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya