Drama Musikal Gita Cinta Dibuat Lebih Modern

Meski ceritanya seringkali dimainkan, namun untuk perhelatan tahun ini memiliki perbedaan tersendiri. Dari zaman ke zaman, kisahnya selalu diterjemahkan melalui ide yang berbeda meski tidak menghilangkan sisi romantis.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Apr 2013, 19:50 WIB
Perhelatan drama musikal Galih dan Ratna siap digelar pada tanggal 18-21 April mendatang. Meski ceritanya seringkali dimainkan, namun untuk perhelatan tahun ini memiliki perbedaan tersendiri. Dari zaman ke zaman, kisahnya selalu diterjemahkan melalui ide yang berbeda meski tidak menghilangkan sisi romantis.

Sukses dengan film dan drama musikal pada 2010, kini Galih dan Ratna kembali menjelma dalam sosok dua anak muda modern. Artswara menghadirkan lagi kisah itu dalam balutan drama musikal Gita Cinta.

"Drama musikal 2010 lebih ke seni pertunjukan yang cerita dan up beat, sekarang lebih ke realita, kisah cintanya seperti apa. Cinta Galih dan Ratna yang punya dua sisi, dan menggali lebih dalam lagi soal keluarga Ratna," kata sang sutradara Adjeng MJ, saat ditemui di sela-sela latihan Gita Cinta di gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Kamis (12/4/2013).

Jika dalam drama musikal sebelumnya banyak pemain tambahan, kini Adjeng hanya menggunakan 26 pemain yang betul-betul ada sangkut pautnya dengan dialog. Sebagai konsekuensi dari kisah yang lebih dramatis itu, Dian HP selaku pengarah musik pun menyesuaikan. Sedikit musik up beat, dan lebih banyak musik romantis dan manis, yang menggambarkan gejolak cinta Galih dan Ratna.

"Sepertinya memang lebih serius karena lebih ke drama. Sekarang begini adanya, pacarannya anak SMA ya begini. Tapi, drama kehidupan itu kalau dijalani dengan benar tidak akan menurunkan kesegaran," ujar Adjeng.

Penyesuaian cerita dilakukan Adjeng sesuai dengan kondisi kehidupan anak muda saat ini. "Dari 2010 hingga 2013 ini kami sesuaikan, gimana sih anak sekolah yang nyebelin. Cewek-cewek yang menguasai sekolah," katanya. Meski begitu, seluruh dialognya tetap mengacu pada bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Perbedaan penting lainnya antara pementasan kali ini dengan sebelumnya, adalah soal pemain. Adjeng tak lagi menggunakan artis-artis ternama sebagai pemeran utama. Andrea Miranda (Ratna) dan Gabriel Harvianto (Galih) justru merupakan pemain drama musikal yang berpengalaman. Pemain-pemain lainnya pun lebih banyak penyanyi ketimbang artis.

Pementasan drama musikal Gita Cinta itu akan diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, 18-21 April 2013. Hari pertama dan kedua, pertunjukan akan berlangsung pukul 20.00 WIB, sedangkan hari ketiga dan keempat, pementasan dilakukan dua kali, pukul 15.00 WIB dan 20.00 WIB.Tiketnya terbagi menjadi lima kelas. Balkon 1 Rp250 ribu, Balkon 2 Rp150 ribu, Silver Rp350 ribu, Gold Rp550 ribu, dan Platinum Rp750 ribu.(Adt)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya