Tantang Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong: Sudah Waktunya Timnas Indonesia Menang

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap anak-anak asuhnya mampu membidik kemenangan saat menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 05 Jun 2024, 22:06 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap anak-anak asuhnya mampu memetik kemenangan saat menjamu Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia bakal menjamu Irak dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda diagendakan bersua dengan Singa Mesopotamia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis (6/6/2024).

Pertandingan kali ini bakal menjadi momen krusial buat pasukan Merah Putih demi mengamankan tempat di putaran selanjutnya. Jordi Amat dan kawan-kawan hanya perlu memetik setidaknya satu kemenangan lagi agar bisa melenggang ke ronde tiga sekaligus memastikan slot tampil di Piala Asia 2027

Hanya saja berkaca dari pertemuan terdahulu, performa Timnas Indonesia boleh dikata masih berada di bawah Irak. Pasukan Shin Tae-yong tercatat sudah 3 kali ditaklukkan lawan yang sama sejak akhir 2023, dengan dua kekalahan tersaji di level senior, sedangkan satu sisanya di sektor U-23.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun tak ingin rekor buruk itu berlanjut di kandang sendiri. Juru taktik asal Korea Selatan menyebut pertandingan di SUGBK jadi momen buat Timnas Indonesia mengakhiri tren kekalahan di tangan Irak.

"Irak merupakan tim yang bagus dan pastinya lebih kuat dibanding Indonesia. Akan tetapi, sekarang sudah waktunya kita bisa coba untuk meraih kemenangan," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan melawan Irak pada Rabu (5/6/2024).

"Yang penting para pemain bisa bermain dengan percaya diri Mungkin saja itu bisa membawa hasil yang baik," tambah pelatih berusia 53 tahun.


Ogah Pusingkan Ranking

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan Timnas Tanzania di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (1/5/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga mengeklaim pihaknya ogah memusingkan perbedaan ranking antara Timnas Indonesia yang cuma menduduki urutan 134 FIFA dengan Irak di peringkat 58.

Menurutnya, ranking hanyalah sebatas angka, sehingga skuad Garuda diharapkan mampu tampil lepas kala menjamu Singa Mesopotamia dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Jelas kita semakin baik secara performa. Memang kita tidak ada yang tahu hasil pertandingan besok akan seperti apa. Namun, saya pikir ini ajang buat kita bisa membawa hasil yang baik," ucap Shin Tae-yong.

"Mulai sekarang, para pemain harus enjoy dan menikmati saja pertandingan besok melawan Irak ketimbang merasa takut. Kita pasti bisa menunjukkan bahwa peringkat di FIFA ranking itu hanya sebatas angka," tandas dia.


Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil fantastis ditorehkan Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23 2024. Berstatus tim debutan, Garuda Muda sukses melaju ke perempatfinal setelah pada laga pamungkas Grup A di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) menghancurkan Yordania U-23 dengan kemenangan 4-1. Empat gol kemenangan anak asuh Shin Tae-yong dicetak oleh Marselino Ferdinan (23' dan 70'), Witan Sulaeman (40) dan Komang Teguh (86'). Satu-satunya gol Yordania U-23 tercipta akibat gol bunuh diri Justin Hubner (79'). (AFP/Karim Jaafar)

Kamis, 6 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Irak

Lokasi:  Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

 

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi:  Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya