Kornet Lidah Sapi Jadi Comfort Food Chef Renatta, Ingatkan Kenangan Bersama Nenek

Kornet lidah sapi adalah comfort food Chef Renatta yang mengingatkannya pada masakan sang nenek.

oleh Rusmia Nely diperbarui 23 Jun 2024, 07:45 WIB
Menu Kornet Lidah Sapi ala Chef Renatta dari kolaborasi bersama dengan Mangkokku dan dailybox. (dok. Liputan6.com/Rusmia Nely)

Liputan6.com, Jakarta - Konsep comfort food yang menenangkan dan mengingatkan pada keluarga sedang booming-boomingnya belakangan ini. Berbanding terbalik dengan masakan mewah artsy ala restoran mahal yang menjual pengalaman, comfort food berpegang pada kehangatan yang lahir dari kesederhanaan dan memori masa kecil. 

Bagi Chef Renatta, masakan kornet lidah sapi adalah comfort foodnya. Bagi perempuan 17 Maret 1994 tersebut, masakan sederhana yang dimasakkan neneknya adalah sesuatu yang akan mengingatkannya akan kehangatan rumah dan keluarga.

"Kornet lidah sapi adalah comfort food keluarga saya," sebut Chef Renatta dalam rilis pers yang diterima oleh Tim Lifestyle Liputan6.com yang diterima pada 28 Mei 2024.

Bukan kornet lidah sapi biasa, neneknya biasa memasakan hidangan tersebut dengan teknik khusus yang membuatnya jadi super empuk dan lezat. Sebab caranya yang masih tradisional, teknik ini juga membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini yang membuat pengalaman memakannya penuh dengan rasa kangen.

"Nenek saya selalu menyajikan kornet lidah saat hari spesial dengan teknik corning ala western yang terkenal di kalangan keluarga Sunda, yaitu lidah sapi direndam menggunakan garam berhari-hari," sebut Chef Renatta.

Sebab itu, Chef Renatta, berkolaborasi dengan Mangkokku dan dailybox, bersama dengan Chef Juna dan Chef Arnold, memasak kembali resep comfort food mereka dari masa kecil dengan judul "CollabforNation: Selamat Makan Indonesia". Setelah sebelumnya Chef Juna yang memutuskan untuk memberikan kreasi Ayam Paniki, kini Chef Renattta menghadirkan menunya yang bisa dipesan lewat outlet Mangkokku dan dailybox mulai 17 Juni--11 Juli 2024.


Menjajal Kornet Lidah Sapi Buatan Chef Renatta

Menu Kornet Lidah Sapi ala Chef Renatta yang punya ikatan kuat terhadap neneknya. Makanan ini jadi comfort food bagi Chef Renatta. (dok. Liputan6.com/Rusmia Nely)

Satu boks menu Kornet Lidah Sapi ala Chef Renatta berisikan seporsi nasi, telur mata sapi dengan kuning telur setengah matang, dan lima hingga enam irisan kornet lidah sapi yang empuk. Kornet lidah tersebut dioseng bersama dengan potongan bawang putih, bawang merah, irisan cabai super tipis, dan potongan daun bawang.

Kesan pertama yang didapat dari paket menu ini adalah wanginya yang sedap. Bawang putih yang dikaramelisasi mampu menembus indera penciuman, memberikan sensasi bau khas yang membuat rasa lapar meningkat.

Pada suapan pertama, rasa kornet lidah yang super lembut beradu dengan bumbu dan nasi, memenuhi rongga mulut. Rasa manis dan bawang-bawangan serta sedikit rasa menyengat dari irisan tipis cabai merah membuat rasa penasaran mulut terpenuhi.

Dengan harga mulai dari Rp55 ribu untuk satu boks, Kornet Lidah Sapi ala Chef Renatta ini sangat layak untuk dinikmati ketika mulut ingin menu ringan nan gurih dan mengenyangkan. Tak ada salahnya untuk menambahkan sambal pedas bagi kamu yang senang dengan gelegar di dalam mulut.


Kreasi Comfort Food ala Chef Juna, Renatta, dan Arnold Berdasarkan Kenangan Personal

Chef Juna, Chef Renatta dan Chef Arnold. (Foto: Dok. Instagram @renattamoeloek)

Tiga juri MasterChef Indonesia, yakni Chef Juna, Chef Arnold Poernomo, dan Chef Renatta, kembali berkolaborasi. Bukan tampil di ajang kompetisi memasak untuk mengevaluasi hasil masakan para kontestan, melainkan menciptakan menu comfort food yang bisa menarik banyak pembeli.

Inspirasinya datang dari kesukaan masyarakat Indonesia akan nasi. Sumber karbohidrat itu dimakan 98 persen keluarga Indonesia setiap harinya, menurut data BPS pada 2023.

Hasil kreasi mereka terwujud dalam bentuk rice box yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Dalam kolaborasi berjudul "CollabforNation: Selamat Makan Indonesia", ketiga koki itu mengeluarkan tiga menu comfort food yang dekat dengan hati mereka.

Sebelumnya, Chef Juna sebagai putra berdarah Manado mengadaptasi masakan Manado ekstrem, Paniki yang awalnya terbuat dari kelelawar menjadi ayam. Bumbu paniki yang gurih dan creamy beradu dengan potongan ayam goreng tanpa tulang, di makan bersama nasi, telur, dan irisan timun. Menu dari resep Chef Juna ini sudah selesai dipasarkan pada 4 Mei--16 Jui 2024.

 


Chef Arnold akan Hadir dengan Menu Nasi Omelette Udang

Keluarga chef Arnold (Instagram/tiffanysoesanto)

Setelah sebelumnya ada Chef Juna dan kini bergantian dengan Chef Renatta, menu comfort food untuk kolaborasi tiga chef kesayangan Indonesia ini juga akan menghadirkan resep dari Chef Arnold Poernomo.

Chef Arnold juga memilih masakan yang dekat dengan keluarganya. Kali ini ia memilih untuk menyajikan menu sederhana yang mungkin juga jadi masakan harian sejuta penduduk Indonesia, yaitu omelet alias dadar telur.

Arnold mengatakan bahwa menu ini terinspirasi dari sang ibu yang sering menyajikannya omelet sejak kecil. Menu sederhana ini hadir bersama dengan udang kristal lembut dan kailan goreng yang ditumis dengan berbagai rempah sehingga rasanya sangat nikmat dan nyaman.

"Telur adalah comfort food sejak kecil yang sering dibuatkan oleh ibu saya. Untuk kolaborasi spesial ini, saya menghadirkan Nasi Omelete Udang yang berisi olahan telur lembut dan fluffy,” kata Chef Arnold. 

Menu Nasi Omelette Udang akan menyusul pada 12 Juli--4 Agustus 2024. Kamu bisa terus nantikan dan lihat lewat akun Instagram Mangkokku atau dailybox.

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya