Bukan Seniman, Lukisan Abstrak Bayi Dua Tahun Ini Laku Terjual Rp 179 juta

Si bayi melukis hanya sesuai mood.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 20 Jun 2024, 18:45 WIB
Lukisan Abstrak Bayi Dua Tahun Ini Laku Terjual Rp 179 juta (Sumber: Unilad)

Liputan6.com, Jakarta Sekalipun keterampilan artistik kita mungkin masih sederhana, banyak dari kita pernah mengalami masa-masa menyenangkan saat mencoret-coret kertas di usia muda. Biasanya, karya-karya tersebut hanya berakhir di tembok rumah atau dibuang begitu saja. 

Namun, ini tidak berlaku bagi seorang bocah laki-laki berusia dua tahun bernama Laurent Schwarz. Di balik kecintaannya pada melukis, tersemat kisah yang luar biasa. Laurent, yang memulai petualangan artistiknya saat mengunjungi Hotel Feuerstein di South Tyrol, Italia pada November tahun lalu, kini menjadi sensasi dunia seni.

Hotel itu menyediakan ruang melukis khusus untuk anak-anak. Ketika Laurent memasuki ruangan itu, ibunya, Lisa Schwarz, 32 tahun, kesulitan mengajak putranya keluar. Laurent terus melukis bahkan setelah mereka kembali ke rumah di Neubeuern, Jerman. Melihat antusiasme putranya, Lisa membuat akun Instagram untuk membagikan karya seni impresionis Laurent.

Yang tidak disangka-sangka, video dan foto lukisan Laurent dengan cepat menjadi viral. Dalam sekejap, anak berusia dua tahun ini menerima banyak permintaan dari seluruh dunia yang ingin membeli karyanya. Dalam enam bulan terakhir, Laurent berhasil menjual 19 lukisannya, dengan harga tertinggi mencapai hampir $11.000 atau setara Rp 179 juta.


Tak Hanya Satu Lukisan

Lukisan Abstrak Bayi Dua Tahun Ini Laku Terjual Rp 179 juta (Sumber: Unilad)

Lisa mengaku tidak menyangka bahwa video-video Laurent yang diunggah di Instagram, beberapa di antaranya telah ditonton 5 juta kali, akan menjadi begitu populer. Ia juga menyatakan bahwa rata-rata mereka mendapat antara €6.000 (Rp 125 juta) dan €7.000 (Rp 146 juta) untuk setiap lukisan Laurent. 

"Ada begitu banyak permintaan untuk lukisan Laurent dari seluruh dunia. Semua orang ingin membeli fotonya dan beberapa orang menawar dengan harga yang tak terbayangkan,” jelas Lisa dikutip Liputan6.com dari Unilad, Kamis (20/6/2024).

Lisa menekankan bahwa mereka menjaga harga tetap stabil meskipun permintaan sangat tinggi karena mereka ingin lukisan Laurent bisa digantung di rumah-rumah di seluruh dunia.


Melukis Sesuai Mood

Lukisan Abstrak Bayi Dua Tahun Ini Laku Terjual Rp 179 juta (Sumber: Unilad)

Meskipun banyak peminat, Laurent masih memiliki dua lukisan yang belum terjual. Lisa dengan tegas menyatakan bahwa Laurent hanya melukis jika ia mau. Kadang-kadang Laurent melukis dua kali sehari, namun kadang-kadang ia tidak melukis sama sekali selama dua minggu. 

Menurut Lisa, Laurent harus mau melakukannya dan itu bervariasi dari hari ke hari. Bagaimanapun, Laurent baru berusia dua tahun. Jika suatu saat Laurent tidak ingin menggambar lagi, Lisa akan langsung menghapus saluran Instagram tersebut.

Semua uang yang diperoleh dari penjualan lukisan Laurent akan dimasukkan ke dalam dana yang dapat diakses Laurent saat ia berusia 18 tahun. Dengan begitu, bakat luar biasa dari balita ini tidak hanya memberikan kebanggaan bagi keluarga, tetapi juga masa depan yang cerah bagi Laurent sendiri.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya