Rayakan Ulang Tahun Jokowi, Relawan Tim 7 Potong Tumpeng di Tugu Kujang Bogor

Sejumlah relawan merayakan ulang tahun ke-63 Presiden Jokowi. Perayaan ulang tahun ini dilakukan tepat pada malam pergantian hari, Jumat (21/6/2024) di Tugu Kujang, Kota Bogor.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 21 Jun 2024, 06:56 WIB
Relawan Tim 7 se-Bogor Raya merayakan ulang tahun ke-63 Presiden Jokowi. Momen ulang tahun Jokowi ini dirayakan para relawan di kawasan Tugu Kujang, Kota Bogor pada Jumat (21/6/2024) dini hari. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo berulang tahun yang ke-63 pada hari ini, Jumat (21/6/2022). Hari lahir pria yang akrab disapa Jokowi ini dirayakan oleh relawan Tim 7 se-Bogor Raya.

Momen ulang tahun Jokowi dirayakan puluhan relawan tepat pada pergantian hari di kawasan Tugu Kujang, Kota Bogor, Jawa Barat.

Perayaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan diakhiri pembacaan doa.

"Hari ini kami relawan Jokowi yang masih tegak lurus bersama Pak Jokowi, merayakan ulang tahun Pak Jokowi ke-63," ujar Arif Budiman, Koordinator Relawan Jokowi Bogor Raya.

Relawan Tim 7 se-Bogor Raya merayakan ulang tahun ke-63 Presiden Jokowi. Momen ulang tahun Jokowi ini dirayakan para relawan di kawasan Tugu Kujang, Kota Bogor pada Jumat (21/6/2024) dini hari. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Arif menyampaikan, perayaan ulang tahun Presiden ke-7 RI ini tidak hanya digelar di Bogor saja, tetapi juga dilaksanakan serentak di kota-kota lain di Jawa Barat.

"Ada kawan kawan dari tim 7 lain, dari DKI, di Banten, Garut, Bandung, dan lain lain, itu sama merayakan hari ulang tahun Pak Jokowi, di jam yang sama," ujarnya.

Ia mengatakan para relawan akan terus mendukung pemerintah Presiden Jokowi dan akan selalu setia walaupun sudah tidak menjabat sebagai kepala negara.

"Karena bagi kami Pak Jokowi itu sosok yang paling inspiratif. Karenanya, menjabat atau tidak, ke depan kami tetap akan merayakan ulang tahun bersama," pungkasnya.


Jokowi Tak Pernah Rayakan Ulang Tahunnya

Presiden Jokowi mengunggah momen kebersamaan dengan cucunya di akun medsosnya. Dalam postingan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengucapkan dan mendoakan yang baik untuk dirinya di hari ulang tahunnya ke-61. (Foto: Instagram @jokowi / Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berulang tahun ke-63 pada hari ini, Jumat (21/6/2024). Jokowi merupakan putra Noto Miharjo dan Sudjiatmi yang lahir di Surakarta, 21 Juni 1961.

Jokowi tak pernah secara khusus merayakan hari bertambah usianya. Jokowi mengaku hanya orang desa, sehingga sejak lahir hingga menjadi presiden tak pernah berulang tahun.

"Saya enggak pernah ulang tahun. Saya orang desa enggak pernah ulang tahun. Sejak lahir sampai sekarang," kata Jokowi kepada wartawan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa 20 Juni 2023 lalu.

Selama menjadi presiden, Jokowi tidak pernah terlihat merayakan hari ulang tahunnya dengan pesta yang meriah. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu beberapa kali menghabiskan hari ulang tahunnya dengan bekerja seperti biasa.

Pada tahun 2023, Jokowi menghabiskan hari ulang tahunnya dengan blusukan ke dua pasar yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saat itu, Jokowi mengecek harga-harga kebutuhan pokok dan membagikan bantuan langsung tunai (BLT) ke pedagang pasar.

Selain itu, Jokowi juga pernah menghabiskan momen ulang tahunnya dengan blusukan dan meninjau proyek pembangunan landasan pacu atau runway 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten. Kala itu, Jokowi berulang tahun ke-58.

 


Tetap Bekerja di Hari Ulang Tahunnya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengundang para mantan presiden untuk hadir dalam upacara Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Tim Merdeka).

"Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun. Jadi jangan ada yang mengulangtahuni," ucap Presiden Jokowi saat ulang tahunnya ke-58, pada 21 Juni 2019 silam.

Usai peninjauan, dia mendapat kejutan berupa kue ulang tahun dari para awak media yang biasa bertugas di Istana Kepresidenan. Jokowi yang tak suka ulang tahunnya dirayakan, awalnya enggan menerima kue tersebut.

Menurut dia, hari ulang tahun sebaiknya dijadikan momentum untuk bersyukur kepada Allah.

"Selama ini saya tak pernah merayakan hari ulang tahun. Tak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur kehadirat Allah SWT, dan negeri yang menanti kerja bersama kita semua. Sekali lagi terima kasih," tutur Jokowi, Kamis 21 Juni 2019.

Di hari ulang tahunnya ke 57 atau 2018, mantan Wali Kota Solo itu juga meninjau pembangunan landas pacu 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sementara pada ulang tahun ke 56 atau 2017 lalu, Jokowi memilih untuk blusukan ke Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia membagikan 3.000 paket bahan pangan untuk warga.

Infografis PDIP Sebut Jokowi dan Gibran Bukan Kader Lagi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya