Herb Euphoria Fest, Kolaborasi BUMN Pamerkan Produk UMK Herbal

Sejumlah BUMN berkolaborasi menggelar pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK) bertema herbal berjudul Herb Euphoria Fest.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Jun 2024, 14:30 WIB
Sejumlah BUMN berkolaborasi menggelar pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK) bertema herbal berjudul Herb Euphoria Fest (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah BUMN berkolaborasi menggelar pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK) bertema herbal berjudul Herb Euphoria Fest. Mereka adalah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama Bank Mandiri, Adhi Karya, Permodalan Nasional Madani, dan Perum Perhutani mengadakan Bazar Herb Euphoria Fest.

Direktur Sumberdaya Manusia dan Umum PT Pelindo, Ihsanuddin Usman mengatakan, Bazar Herb Euphoria Fest adalah upaya mendukung UMK. Melalui kolaborasi antara BUMN dan berbagai pihak maka menjadi komitmen mendorong gaya hidup sehat serta memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia.

“Sebanyak 115 UMK binaan dari kelima BUMN berpartisipasi di acara ini. Mereka menampilkan produk-produk unggulan dengan konsep herbal dan alami,” ujar Ihsanuddin dalam siaran pers diterima, Senin (24/6/2024).

Ihsanuddin merinci, produk dipamerkan seperti makanan & minuman, fashion & kerajinan tangan ramah lingkungan, perawatan kesehatan & kecantikan, serta bumbu & rempah-rempah.

"Pelindo sendiri memfasilitasi 43 UMK binaan. Kami berharap, dengan berpartisipasi di Bazar Herb Euphoria Fest, mereka dapat memperluas akses pasar," tambah Ihsanuddin.

Ihsanuddin mencatat, dalam 3 hari pameran, volume transaksi mencapai Rp. 145 juta, dengan jumlah pemesanan (PO) sebanyak 1.218 PO. Tercatat, volume tertinggi diraih UMK Batik Kebon Indah.

"Bazar ini menegaskan peran konkret BUMN dalam upaya mendorong UMK naik kelas dan mempromosikan gaya hidup sehat. Melalui acara ini, UMK semakin dikenal masyarakat luas dan mampu bersaing di pasar yang lebih besar,” kata Ihsanuddin.

“Sementara itu, frekuensi transaksi terbanyak ditoreh Kelompok Tani Jeruk Lemon Gumelar Sejahtera. Kedua UMK tersebut merupakan binaan Adhi Karya. KemudianUMK Kuntoem binaan Pelindo didapuk sebagai UMK Favorit,” imbuh Ihsanuddin.


Penguatan UMK

Senada dengan itu, Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny dalam sesi Penutupan Bazaar Minggu, 23 Juni 2024 menjelaskan, upaya peningkatan ekonomi melalui penguatan UMK menjadi fokus utama manajemen Pelindo, yang diimplementasikan melalui program TJSL.

"UMK merupakan salah satu pilar utama dalam memperkuat fondasi ekonomi. Oleh karena itu, Pelindo dan berbagai pihak terkait bekerja sama memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan dalam pembinaan, pemasaran, dan pengembangan UMK baik melalui pelatihan, pameran maupun display pemasaran di Local Pride Spot," dia menandasi.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya