Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia, Indonesia Masuk Daftar?

Indonesia menjadi salah satu negara di dunia dengan harga BBM rata-rata yang lumayan mahal. Bagaimana negara lain?

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 26 Jun 2024, 12:00 WIB
Mesin pengisian ulang bahan bakar minyak di salah satu SPBU, Jakarta, Selasa (15/3). Pertamina menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) umum Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Pertalite Rp 200 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak dunia terus mengalami kenaikan. Hal ini lantaran pengaruh geopolitik mulai dari perang Timur Tengah hingga pasokan bensin di dunia mulai turun. Lantas, apakah harga BBM di Indonesia bakal naik?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan dampak pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bagi perekonomian Indonesia.

Diakuinya, pelemahan nilai tukar Rupiah berpotensi akan membuat subsidi energi akan membengkak.

"Ada efek rembesan itu dari Rupiah yang bergerak ke dalam jumlah subsidi, belanja subsidi BBM, listrik, LPG itu," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Senin (24/6/2024).

Sri Mulyani mengatakan, pembengkakan subsidi BBM hingga listrik terjadi karena mayoritas barang berasal dari impor. Melansir data Bloomberg, nilai tukar Rupiah telah menembus level Rp16.397 per dolar AS.

Harga BBM di Indonesia

Perlu diketahui, PT Pertamina (Persero) memilih untuk tidak mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 1 Juni 2024.

Untuk Pertamax masih di harga Rp 12.950 per liter dan Pertamax Green 95 Rp 13.900 per liter. 

BBM dengan ringkat RON yang lebih tinggi yaitu Pertamax Turbo juga masih tetap di kisaran Rp 14.400 per liter. 

Sedangkan untuk jenis solar Dexlite di harga Rp 14.550 per liter dan Pertamina Dex Rp 15.100 per liter. Angka ini juga tidak berubah.

Daftar Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia

Jika melihat harga BBM Nonsubsidi pada Juni 2024, menempatkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan Harga BBM sedikit lebih mahal dibanding beberapa negara di dunia.

Menurut data Global Petrol Price yang dilansir dari Goodstats.id, Indonesia menduduki peringkat ke-29 di dunia sebagai negara dengan harga BBM termurah.

Dalam data itu, negara dengan harga BBM termurah adalah Iran yaitu dengan harga rata-rata per litaer BBM nya hanya Rp 465.

Indonesia juga kalah jauh dari negara tetangga Malaysia yang berada di peringkat ke-9 dengan harga BBM rata-rata Rp 7.100 per liternya.

Berikut daftar lengkap negara dengan harga BBM termurah di dunia jika dihitung berdasarkan rata-rata per liternya yang sudah dikonversi ke rupiah:

  1. Iran : Rp 465
  2. Libya : Rp 505
  3. Venezuela : Rp 570
  4. Mesir : Rp 4.634
  5. Algeria : Rp 5.570
  6. Kuwait : Rp 5.583
  7. Angola : Rp 5.717
  8. Turkmenistan : Rp 6.969
  9. Malaysia : Rp 7.100
  10. Nigeria : Rp 7.725

dan Indonesia berada di peringkat ke-29 dengan harga BBM rata-rata per liternya Rp 14.580.


Berapa Harga Pertalite 2024?

Papan petunjuk BBM yang berada di SPBU, Jakarta, Kamis (5/1). Penetapan harga BBM Umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan Pertalite merupakan kebijakan korporasi Pertamina. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

BBM Subsidi

Adapun harga BBM penugasan atau sering disebut dengan BBM subsidi juga tidak berubah per Juni 2024. Harga BBM jenis Pertalite dan BioSolar tetap.

Simak rinciannya, Pertalite stabil di harga Rp 10.000 per liter dan BioSolar di harga Rp 6.800 per liter.


1 liter Pertamax Turbo Berapa?

Petugas SPBU melayani pengendara mobil di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Battery Swapping Station SPBU Pertamina, MT. Haryono, Jakarta, Senin (7/11/2022). Sejak pemerintah resmi menaikkan harga BBM mulai dari pertalite, solar dan pertamax, kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) sebagai alternatif kendaraan kembali ramai dibicarakan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Harga BBM Pertamax Turbo (RON 98)

  • Rp 13.500 per liter (FTZ Batam)Rp - per liter (FTZ Sabang)
  • Rp 14.400 per liter (Aceh, Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur)
  • Rp 14.750 per liter (Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua, Papua Barat)
  • Rp 15.100 per liter (Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya