Kiprah Harashta Haifa Zahra di Miss Supranational 2024, Raih Predikat Finalis Berbakat Berkat Permainan Musik Kecapi

Selama ajang Miss Supranational 2024 berlangsung, Harashta Haifa Zahra telah mengharumkan Indonesia karena dinobatkan menjadi finalis paling berbakat dengan gelar "Supratalent 2024". Ia meraih gelar itu setelah memainkan alat musik tradisional kecapi dan menari tarian khas Jawa dan Bali.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 06 Jul 2024, 14:41 WIB
Harashta Haifa Zahra wakil Indonesia di Miss Supranational 2024. (Dok: IG https://www.instagram.com/p/C9CZGT5pjKL/?igsh=enp0NWE1dnA3bHZ3)

Liputan6.com, Jakarta - Harashta Haifa Zahra, Puteri Indonesia 2024 kini sedang mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational 2024. Puncak acara perebutan mahkota gelar Miss Supranational 2024 akan dihelat di Polandia pada Sabtu malam (6/7/2024) atau pada Minggu dini hari waktu Indonesia.

Malam final Miss Supranational yang merupakan kontes kecantikan edisi ke-15 itu diikuti oleh 71 negara dan karantina telah digelar sejak 17 Juni 2024. Di lomba Pra-Eliminer, Harashta berlenggak-lenggok di hadapan para juri dengan mengenakan gaun merah menyala yang menggambarkan semangat. 

"Pola kawung yang yang dijahit dengan hati-hati membentuk hatinya yang bersih. Selama perjalanannya di kompetisi internasional, ia selalu menunjukkan semangatnya yang besar untuk negaranya dan membuat bangsa bangga atas pencapaiannya," keterangan dari Instagram resmi Putri Indonesia @officialputriindonesia yang diunggah pada 2 Juli 2024. 

Wanita yang akrab disapa Tata ini juga memukau selama kompetisi "Supra Model of The Year". Sebagai wakil Indonesia, ia membawakan gaun yang polanya merupakan motif batik "Sido Luhur", salah satu motif yang terkenal berasal dari Solo. Motif ini menjadi pengharapan agar pemakainya bisa jadi teladan dan mendapat penghormatan dalam kehidupan.

Selama ajang berlangsung, Harashta telah mengharumkan Indonesia karena dinobatkan menjadi finalis paling berbakat. Ia mendapat gelar "Supratalent 2024" yang diberikan pada 30 Juni 2024 selama mengikuti berbagai kompetisi di ajang tersebut. Wakil Indonesia asal Bandung Jawa Barat itu memukau musik tradisional kecapi.

Wanita kelahiran 5 September 2003 itu juga membawakan lagu "Bubuy Bulan" yang merupakan tembang lawas. Ia juga mendapat pujian karena penampilannya saat membawakan tarian khas dari Indonesia.


Masa Karantina di Polandia

Harashta Haifa Zahra telah mengharumkan Indonesia karena dinobatkan menjadi finalis paling berbakat dengan gelar "Supratalent 2024". (Dok: IG @officialputeriindonesia https://www.instagram.com/p/C9CZGT5pjKL/?igsh=enp0NWE1dnA3bHZ3)

Harastha juga kerap mengunggah potretnya di sela-sela kegiatan karantina sebelum malam final. Salah satunya ketika ia bertemu dengan Walikota Nowy Sacz, yaitu sebuah kota di Polandia.

"Indahnya langit Polandia tidak pernah berakhir. Saya merasa segar sekali saat mendapat kesempatan bertemu dengan Walikota Nowy Sacz. Beliau sangat menyambut kami dengan informasi tempat wisatanya yang bisa kami jelajahi di @misssupranational @plhandzel," tulisnya di keterangan foto pada 21 Juni 2024.

Harashta juga merepresentasikan kecantikan wanita Indonesia saat memakai kostum nasional terinspirasi Srikandi, pahlawan wanita yang terkenal di masanya. Tampak dari video yang diunggah akun resmi Puteri Indonesia dan Miss Supranational, Harashta tampil di panggung membawakan kostum nasional yang dirancang oleh Intan Avantie.

Busana berupa satu set kebaya dengan kain itu disebut menggambarkan keanggunan dan keberanian Srikandi, wanita pahlawan dari tanah air Indonesia pada masanya. "Terbuat dari kain tradisional yang menggambarkan keindahan seni dan budaya Nusantara, setiap helainya memancarkan pesona sejarah yang sarat akan budaya," keterangan unggahan pada Kamis, 5 Juli 2024. 

 


Profil Harashta Haifa Zahra

Harashta Haifa Zahra, Puteri Indonesia 2024 yang menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Supranational memakai kostum nasional terinspirasi srikandi manah. (Dok: IG @officialputeriindonesia) 

Masih banyak kegiatan seru yang telah dilewati Harashta. Lalu, akankah ia berhasil meraih mahkota Miss Supranational 2024? 

Diketahui Tata merupakan sosok yang memiliki inisiatif advokasi bernama Mother of Nature. Inspirasinya datang dari masalah sampah di Kota Bandung, yang 44,2 persen dari sampah tersebut adalah sampah makanan. Tata percaya bahwa masalah ini berasal dari kebiasaan sehari-hari masyarakat yang dianggap sepele.

Melalui Mother of Nature, Tata bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengatasi masalah sampah organik, terutama sampah makanan. "Upaya ini meliputi pemilahan sampah, pendidikan mengenai pentingnya menghabiskan makanan, dan meningkatkan kesadaran untuk mengambil sesuai kebutuhan," kata Tata.

Kemenangan Tata di ajang ini juga berarti Jawa Barat yang berhasil meraih gelar Puteri Indonesia dua tahun berturut-turut. Sebelumnya, Farhana Nariswari dari Jawa Barat juga berhasil meraih gelar Puteri Indonesia 2023, mencetak sejarah sebagai perwakilan pertama dari Jawa Barat yang meraih gelar tersebut sepanjang sejarah Pemilihan Puteri Indonesia.   


Terpilih Sebagai Puteri Indonesia 2024

Sebelumnya, Harashta Haifa Zahra dikenal sebagai sosok perempuan yang punya komitmen untuk mengurangi limbah organik. (BAY ISMOYO/AFP)

Tata berhasil mencuri hati para juri dengan menjelaskan betapa pentingnya peran perempuan dalam mempercepat pembangunan bangsa. Ia berbagi bahwa perempuan dan laki-laki harus bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.

Tata berhasil masuk ke babak empat besar bersama Sophie Kirana dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang berhasil meraih posisi runner up pertama dan gelar Puteri Indonesia Lingkungan. Sedangkan posisi runner up kedua ditempati wakil provinsi Bali, Ketut Permata Juliastrid, yang meraih gelar Puteri Indonesia Pariwisata.

Pada tahun ini, juga terpilih Melati Tedja dari Jawa Timur sebagai pemenang gelar Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan, yang merupakan penghargaan pertama kali untuk kategori tersebut. Para pemenang Puteri Indonesia 2024 akan menjadi duta Indonesia di berbagai kompetisi kecantikan internasional, termasuk Miss International 2024, Miss Supranational 2024, dan Miss Charm 2024. Serta yang terbaru adalah Miss Cosmo 2024, akan diadakan pertama kali di Vietnam pada September 2024.

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya