Diguyur Hujan setiap Hari, Petani Kangkung Darat di Gorontalo Rugi Besar

Beberapa petani sayur kangkung di Desa Bulotalangi Timur, kerap kali mengeluhkan hasil panen mereka yang tidak sesuai.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 07 Jul 2024, 09:52 WIB
Petani sayur kangkung di Desa Bulotalangi Timur, kerap kali mengeluhkan hasil panen mereka yang tidak sesuai (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Musim hujan yang melanda wilayah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo dan sekitarnya membawa dampak serius bagi petani. Salah satu yang paling terdampak adalah petani kangkung.

Beberapa petani sayur kangkung di Desa Bulotalangi Timur, kerap kali mengeluhkan hasil panen mereka yang tak sesuai target. Sebagian besar kangkung yang seharusnya sudah jual, malah mengalami pembusukan akibat banyak terendam air.

Menurut Suban Djou (25), kondisi kangkung saat ini dalam fase yang tidak baik-baik saja. Sebab, banyak kangkung mereka kini terkena hama akibat curah hujan yang tinggi dan berkepanjangan.

"Kangkung darat itu kalau banyak kena air batang, daun hingga akar pasti rusak," kata Suban, Sabtu (06/07/2024).

Dirinya menyebutkan, kondisi kangkung tidak bisa dijual membuat petani sayur harus mengalami kerugian. Besarnya biaya modal yang dikeluarkan untuk menanam dan merawat, membuat mereka merugi karena hasil panen tidak sesuai harapan.

"Biasanya 2 bedengan itu bisa sampai 16 bal sayur. Sekarang malah tinggal 10 bal," ujarnya.

Bahkan kata Suban, situasi seperti ini membuat para pembeli harus beralih ke tempat lain. Dengan begitu, penghasilan mereka juga ikut menurun dikarenakan kangkung mereka tak lagi laku.

"Jika cuaca normal kadang pendapatan sampai 1 juta per panen, Namun jika cuaca hujan begini, paling hanya dapat 500 ribu bahkan di bawah dari itu," tuturnya.

Para petani kangkung hanya bisa berharap, kondisi kondisi hujan seperti ini bisa segera berlalu. Agar, mereka dapat kembali menanam dan mendapatkan hasil panen yang maksimal.

"Ada obat khusus untuk sayur saat kondisi hujan begini, tapi harganya mahal. Mana kami harus beli pupuk dan obat-obatan lainnya," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:


Khasiat Kangkung Darat

Kangkung darat, juga dikenal sebagai kangkung air atau Ipomoea reptans, adalah sayuran yang populer di berbagai masakan Asia. Kangkung darat memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

Menjaga Kesehatan Mata, Kangkung darat mengandung vitamin A yang tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Kandungan vitamin C dalam kangkung darat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Menurunkan Kolesterol, Konsumsi kangkung darat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengontrol Gula Darah, Serat dalam kangkung darat dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menjadikannya pilihan baik untuk penderita diabetes.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya