Hasil Euro 2024: Lolos Lubang Jarum, Inggris Singkirkan Swiss 5-3 Lewat Adu Penalti

Timnas Inggris berhasil lolos ke semifinal Euro 2024 usai menang 5-3 lewat adu penalti lawan Swiss. The Three Lions lolos lubang jarum dan tunggu lawan di semifinal.

oleh Defri Saefullah diperbarui 07 Jul 2024, 01:44 WIB
Gelandang Inggris Declan Rice berebut bola dengan Breel Embolo dari Swiss pada laga perempat final Euro 2024 yang berlangsung di Dusseldorf Arena (AP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris berhasil menyusul Spanyol dan Prancis ke semifinal Euro 2024 usai menang 5-3 lewat adu penalti lawan Swiss di perempat final yang berlangsung di Dusseldorf Arena, Sabtu (6/7/2024). Inggris sukses eksekusi seluruh penalti, sedangkan Swiss gagal lewat Manuel Akanji.

Inggris bakal jumpa Belanda atau Turki di laga semifinal. Euro 2024 menjadi tambah menarik karena menyisakan empat tim lagi.

Jalannya Pertandingan Inggris vs Swiss

Inggris mencoba buka peluang di menit ke-4 lewat Bukayo Saka. Mencoba lepas umpan silang ke kotak penalti, tendangannya terlalu deras sehingga tak bisa disambut pemain manapun.

Inggris kembali membuka peluang lewat Declan Rice. Manfaatkan bola muntah, gelandang Arsenal ini melepas tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa diblok.

Menit ke-16, giliran Kobbie Mainoo mendapatkan peluang lewat tendangan kaki kanan. Tembakannya hasil umpan Harry Kane masih bisa diblok.

Swiss punya peluang emas di menit ke-25 lewat Breel Embolo. Mendapatkan umpan Fabian Rieder, Embolo langsung melepas tendangan dengan kaki kirinya yang masih bisa diblok. Skor 0-0 masih bertahan.

Duel Inggris vs Swiss sangat berimbang. Keunggulan Inggris juga sangat tipis sehingga masih sulit menyebut bisa menang di pertandingan ini. Ketatnya pertandingan juga bisa dilihat dari tidak adanya tembakan ke arah gawang sampai menit ke-32.

Inggris mendapatkan peluang emas lewat Kobbie Mainoo. Mendapatkan umpan dari Saka, Mainoo berancang lepas tembakan tapi diblok Xhaka.

Hinggga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Inggris lawan Swiss masih bertahan. Siapa yang bisa mencetak gol di babak kedua laga perempat final Piala Eropa 2024?

 


Babak Dua Inggris vs Swiss di Euro 2024

Bukayo Saka dari Inggris dijaga ketat oleh kapten Swiss Granit Xhaka pada laga perempat final Euro 2024 (AP)

Swiss mendapatkan peluang emas di menit ke-51 lewat Breel Embolo. Bergerak memutar saat dijaga Konsa, tembakan Embolo masih terlalu lemah untuk Jordan Pickford.

Embolo lagi-lagi aktif di serangan Swiss di menit ke-57. Dapatkan umpan silang dari Rodriguez, sundulan Embolo bisa diblok Konsa. Lagi-lagi dua pemain ini bersaing ketat.

Dan Ndoye terlalu lama mendribel bola di menit ke-68. Sudah dikotak penalti, dia kesulitan menembak karena sudah dikepung pemain Inggris. Swiss vs Inggris masih 0-0.

Kerja keras Swiss akhirnya berbuah manis. Breel Embolo membuat skor 1-0 untuk Swiss usai mencetak gol di menit ke-75 manfaatkan umpan Dan Ndoye.

Inggris belum menyerah dan melakukan pergantian tiga pemain di menit ke-78. Eberechi Eze, Cole Palmer dan Luke Shaw masuk untuk gantikan Kieran Trippier, Kobbie Mainoo dan Ezri Konsa.

Pergantian ini memberi pengaruh saat Bukayo Saka mencetak gol indah di menit ke-80 hasil umpan Declan Rice. Inggris berhasil samakan skor 1-1 lawan Swiss.

Fabian Schar melepas umpan silang yang menarik di menit ke-90+3. Tak ada pemain Swiss yang mampu menjangkaunya, Zuber mendapatkan bola rebound tapi tembakannya melambung jauh.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-1 antara Inggris melawan Swiss tetap bertahan. Pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.


Babak Perpanjangan Waktu

Bukayo Saka (kanan) mencetak gol penyeimbang untuk Inggris lawan Swiss pada perempat final Euro 2024 (AP)

Fabian Schar membuang peluang di menit ke-92. Bermaksud beri umpan, dia menendang bola keluar lapangan sehingga goal kick untuk Inggris.

Declan Rice bisa disebut pemain terbaik untuk Inggris saat ini. Menit ke-95, dia nyaris mencetak gol kalau tembakannya tidak ditepis Yann Sommer.

Jude Bellingham mencoba peruntungan di menit ke-102. Berusaha cari ruang tembak, dua kali tembakannya diblok pertahanan Swiss.

Hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir, skor 1-1 antara Inggris melawan Swiss masih bertahan.

Babak Dua Perpanjangan Waktu

Babak dua perpanjangan waktu berjalan alot. Sampai menit ke-112, kedua tim bergantian dalam menyerang.

Swiss mencoba tembakan spekulasi dari kanan pada menit ke-113. Namun tembakannya lagi-lagi melambung jauh dari target.

Sekadar informasi, Inggris hanya unggul tipis 10 tembakan dibanding 8 dari Swiss sampai menit ke-115. Kedua tim di sisi lain sama-sama hanya melepas 2 tembakan ke arah gawang.

Zuber nyaris memberi assist untuk Steve Widmer yang sudah lepas dari jebakan offside. Namun pemain Inggris sudah mengerubunginya saat akan melepas tembakan di menit ke-116. Apakah pertandingan dilanjutkan adu penalti?

Sampai babak dua perpanjangan waktu berakhir, skor 1-1 masih bertahan. Inggris dan Swiss mengadu nasib lewat adu penalti.


Adu Tendangan Penalti

Gelandang Inggris Jude Bellingham tak diberi ruang untuk menembak di pertahanan Swiss pada laga perempat final Euro 2024 (AP)

Cole Palmer menjadi algojo pertama Inggris. Dia berhasil mengubah skor jadi 1-0 usai mengecoh Yan Sommer dengan tendangan ke arah kiri.

Manuel Akanji gagal mengeksekusi penalti untuk Swiss sehingga masih tertinggal 1-0. Di sisi lain, Jude Bellingham mengubah skor jadi 2-0 lewat tembakan mengecoh ke kanan.

Fabian Schar dengan tenang memperkecil ketinggalan Swiss jadi 2-1 lewat gol penaltinya. Bukayo Saka membuat skor jadi 3-1, dan Inggris selangkah lagi lolos semifinal.

Xherdan Shaqiri membuat skor jadi 3-2 lewat gol penaltinya, memperpanjang penantian Inggris. Ivan Toney mengubah skor 4-2. Zeki Amdouni mengubah skor 4-3. Dan, Trent Alexander Arnold mengubah skor jadi 5-3 usai sukses eksekusi penalti dan membawa Inggris lolos semifinal.

 


Susunan Pemain Inggris vs Swiss

Striker timnas Inggris Harry Kane harus ditarik keluar karena terjatuh di area bangku cadangan Three Lions (AP)

Inggris (3-4-2-1): Pickford; Walker, Stones, Konsa; Trippier, Mainoo, Rice, Saka; Bellingham, Foden; Kane

Swiss (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Ndoye, Freuler, Xhaka, Aebischer; Rieder, Vargas; Embolo

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya