Hasil Copa America 2024 Kolombia vs Panama: Gulung Los Canaleros 5-0, Luis Diaz Cs Kunci Tiket Semifinal

Timnas Kolombia sukses mengunci tiket ke babak semifinal Copa America 2024 setelah menggulung Timnas Panama dengan 5-0 dalam laga 8 besar yang dihelat di State Farm Stadium, Glendale, Arizona pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 07 Jul 2024, 07:04 WIB
Penyerang Kolombia Luis Diaz merayakan gol ketiga timnya yang dia cetak dalam pertandingan perempat final Copa America 2024 melawan Panama di State Farm Stadium, Glendale, Arizona, pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB. Berkat kontribusi sang bintang Liverpool, Kolombia menang 5-0 atas Panama dan melaju ke semifinal. (Chris CODUTO / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Kolombia sukses mengunci tiket ke babak semifinal Copa America 2024. Kepastian ini didapat setelah mereka menggulung Timnas Panama dengan 5-0 dalam laga 8 besar yang dihelat di State Farm Stadium, Glendale, Arizona pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB.

Jhon Cordoba, James Rodriguez, Luis Diaz, Richard Rios, serta Miguel Borja gantian mencetak angka ke gawang Los Canaleros, dengan dua di antaranya tercipta melalui tendangan penalti. Hasil ini mengantar Kolombia menantang pemenang duel Uruguay vs Brasil di 4 besar sekaligus menjaga asa merebut gelar juara edisi ini.

Kolombia tak menyia-nyiakan kesempatan untuk langsung menggempur pertahanan Panama di awal babak pertama. Baru 8 menit laga berjalan, Los Cafeteros sudah berhasil membuka keunggulan lewat aksi Jhon Cordoba yang memanfaatkan umpan dari James Rodriguez.

Panama coba mengejar ketertinggalan setelahnya. Namun mereka justru tertimpa nestapa pada menit 15 usai wasit memberikan hadiah tendangan penalti pada Kolombia. Rodriguez ditugaskan menjadi eksekutor. Ia berhasil menjalankan misinya dengan baik untuk membawa Los Cafeteros unggul cepat 2-0.

Kolombia belum bosan-bosan melancarkan serangan demi serangan, meski sudah memimpin nyaman atas Panama. Di menit 28, giliran Jhon Arias yang melepas tembakan kaki kiri untuk membahayakan jaring lawan, tetapi bola masih melambung di atas mistar.

Los Canaleros cuma sesekali membalas ancaman Kolombia lewat penyerangnya Jose Fajardo. Namun, hingga 10 menit akhir waktu normal babak pertama, belum ada gol yang mampu diciptakan Panama.

Justru Kolombia yang berhasil menambah torehan golnya pada menit 41. Berawal dari umpan kiriman James Rodriguez, bintang Liverpool Luis Diaz meneruskannya tendangan chip dari tepi kotak penalti yang tak diduga-duga.

Kiper Panama Orlando Mosquera sudah berada sedikit di depan gawang kala itu, dan cuma bisa terpaku menyaksikan bola yang menusuk ke jaringnya. Skor sementara berubah menjadi 3-0.

Tak ada gol baru tercipta di masa injury time babak pertama. Kolombia unggul nyaman dengan tiga gol tanpa balas atas Panama hingga turun minum.


Susunan Pemain Kolombia vs Panama

Para pemain Kolombia berkumpul saat pertandingan perempat final Copa America 2024 melawan Panama di State Farm Stadium, Glendale, Arizona pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB. (Omar Vega/Getty Images/AFP)

Panama coba membuat berapa perubahan di awal babak kedua. Carlos Harvey dan Eduardo Guerrero dimasukkan sebagai pengganti Roderick Miller serta Cesar Blackman. Kesempatan pun langsung didapat Guerrero pada menit 53.

Pesepak bola berusia 24 tahun itu mendapat celah untuk membahayakan lini pertahanan Kolombia setelah dirinya berhasil mengejar bola panjang di kotak penalti. Tembakan menyilang dilepaskan sang penggawa, tetapi tak ada yang menyambut. Alhasil, peluang itu gagal berbuah gol dan cuma menghasilkan tendangan gawang.

Laga berjalan lebih dari 60 menit tanpa satu pun gol tambahan tercipta. Kolombia yang sudah ada di posisi nyaman 3-0 akhirnya menginisiasi perubahan dengan menarik keluar Luis Diaz dan Jhon Arias pada menit 65.

Kolombia sudah makin tak terkejar di pertengahan babak kedua. Pada menit 70, Richard Rios gantian menjebol jaring Mosquera setelah tanpa diduga muncul menyambar bola dari Daniel Munoz.

Dengan margin empat gol atas Panama, Kolombia akhirnya mengistirahatkan pemain penting mereka di laga ini. Munoz dan James Rodriguez ditarik keluar secara bersamaan untuk digantikan oleh Santiago Arias serta Juan Fernando Quintero.

Panama sudah tak mampu berbuat banyak di 15 menit akhir pertandingan. Alih-alih mendapat gol hiburan, mereka justru kembali kebobolan lewat tendangan penalti usai pemainnya melakukan pelanggaran terhadap lawan di kotak terlarang saat injury time babak kedua.

Miguel Borja jadi eksekutor yang sukses menambah angka Kolombia di detik-detik akhir. Aksinya dari titik putih mengantar Los Cafeteros menang 5-0 atas Panama sekaligus melenggang ke semifinal.


Susunan Pemain Kolombia vs Panama

Gelandang Kolombia James Rodriguez (kanan) merayakan gol kedua timnya yang tercipta dari titik penalti dalam pertandingan perempat final Copa America 2024 antara Kolombia vs Panama di State Farm Stadium, Glendale, Arizona, pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB. (Chris CODUTO / AFP)

Timnas Kolombia: Camilo Vargas; Daniel Munoz, Davinson Sanchez, Carlos Cuesta, Johan Mojica; Richard Rios, Mateus Uribe, Jhon Arias; James Rodriguez, Jhon Cordoba, Luis Diaz

Timnas Panama: Orlando Mosquera; Eric Davis, Roderick Miller, Jose Cordoba, Edgardo Farina, Michael Amir Murillo; Edgar Barcenas, Jovani Welch, Cristian Martinez, Cesar Blackman; Jose Fajardo

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya